Kemenperin Targetkan Industri Pengolahan Ikan Tumbuh 10 Persen pada 2018

Oleh : Ridwan | Jumat, 19 Januari 2018 - 18:45 WIB

Dirjen Industri Agro, Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto
Dirjen Industri Agro, Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Panggah Susanto mengatakan, potensi perikanan di Indonesia masih berpotensi untuk ditingkatkan.

"Industri perikanan di Indonesia memang sempat surut sejak tahun 2014 lalu. Namun, mulai kembali membaik di tahun 2017," ujar Panggah Susanto dalam seminar Forum Merdeka Barat (FMB) di Gedung Kominfo, Jumat (19/1/2018).

Menurut Panggah, cadangan ikan yang dimiliki laut Indonesia saat ini seperti jenis ikan laut, salmon, cakalang dan tuna memiliki potensi untuk dikembangkan dalam bentuk beku (frozen). Begitu juga dengan udang, bila jenis jenis ini dikembangkan bisa meningkatkan geliat industri perikanan.

"Kami mentargetkan pertumbuhan industri pengolahan ikan kita kedepan akan lebih tinggi daripada Malaysia, Thailand dan Vietnam," kata Panggah.

Lebih lanjut, Panggah mengatakan dengan potensi yang ada, pemerintah memprediksi pertumbuhan industri perikanan bisa meningkat sampai 10 persen pada 2019 mendatang.

Merujuk data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), ekspor ikan pada tahun 2017 mencapai US$ 4,3 miliar. Tren ekspor menunjukkan peningkatan dari US$ 3,94 miliar pada tahun 2015 menjadi US$ 4,17 miliar pada 2016, dan kembali meningkat menjadi US$ 4,30 miliar pada 2017.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno (Dok Industry.co.id)

Jumat, 17 Agustus 2018 - 18:46 WIB

Ke Ternate, Menteri BUMN Tinjau Kondisi Korban KMP Bandeng

Pasca insiden karamnya Kapal Motor Penumpang (KMP) Bandeng milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) di perairan Loloda, Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara pada Rabu (15/8) lalu, Menteri Badan…

Presiden Jokowi dan Ibu negara Iriana Jokowi (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 17 Agustus 2018 - 18:39 WIB

Gubernur Olly Akui Presiden Jokowi Perhtikan Kesejahteraan Veteran

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang memperhatikan kesejahteraan seluruh veteran di Indonesia dengan menaikkan tunjangan kehormatan sebesar…

Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek pengerjaan Tol Bocimi

Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:15 WIB

Pembangunan Infrastruktur Menumbuhkan Sentra Ekonomi Baru

Pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah di berbagai daerah dapat menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru, kata Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Profesor…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto Ist)

Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:00 WIB

Menteri Basuki Pastikan Tak Ada Proyek Baru Kecuali Bendungan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tidak ada proyek infrastruktur baru yang dikerjakan Pemerintah pada 2019 kecuali pembangunan bendungan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Jumat, 17 Agustus 2018 - 16:45 WIB

Menteri PUPR Basuki akan Prioritaskan Belanja Modal

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tambahan alokasi anggaran akan diprioritaskan untuk belanja modal yang dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.…