Kebijakan HET Beras Eliminasi Usaha Penggilingan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 19 Januari 2018 - 12:44 WIB

Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)
Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pengamat pertanian Khudori menilai kebijakan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras telah mengeliminasi usaha penggilingan di tengah gejolak harga beras yang tinggi.

"Dengan HET, yang paling terpukul adalah industri penggilingan selain petani," katanya dalam diskusi Pusat Kajian Pertanian Pangan & Advokasi (Pataka) bertajuk "Mudah Mainkan Data Pangan" di Jakarta, Kamis (18/1/2018)

Khudori yang juga Anggota Pokja Ahli Dewan Ketahanan Pangan itu menuturkan para pelaku usaha penggilingan harus menghitung ulang untung rugi akibat kebijakan yang diterapkan 18 September 2017 itu.

Pasalnya, pelaku usaha penggilingan harus berpikir ulang untuk menggiling beras medium di tengah tingginya harga gabah.

"Dengan HET, mereka harus menghitung ulang potensi merugi. Harga gabah yang tinggi tidak bagus untuk beras medium," katanya.

Kebijakan tersebut, lanjut Khudori, kemungkinan besar akan dimanfaatkan pelaku usaha penggilingan untuk memproduksi beras apa adanya dan dijual seharga beras premium sehingga memperparah gejolak harga beras.

"Mungkin itu juga kenapa fenomena beras tinggi terjadi. Imbasnya, HET ini pelan-pelan bisa mengeliminasi penggilingan-penggilingan tadi hilang dari peredaran," katanya.

Gejolak harga beras, menurut dia, juga akan dipengaruhi oleh transisi pemberian raskin dan rastra menjadi bantuan langsung tunai kepada 15,5 juta rumah tangga tidak mampu.

"Sekarang mereka menerimanya dalam bentuk uang, ini bisa jadi akan menambah eskalasi harga dan sangat mungkin jadi penyebab harga pangan jadi tinggi," tuturnya.

Khudori mengatakan fenomena gejolak harga beras bukan hal baru di Indonesia karena terus berulang. Ia menyebut meski secara makro gejolak beras belum signifikan berpengaruh terhadap inflasi, stabilisasi harga mutlak perlu dilakukan.

"Stabilisasi akan berhasil kalau ada integrasi hulu ke hilir," katanya mengingatkan.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…