Larangan Impor Uni Eropa Berpotensi Tekan Harga CPO Hari Ini

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 19 Januari 2018 - 12:35 WIB

Ilustrasi perkebunan sawit. (Foto: IST)
Ilustrasi perkebunan sawit. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) diperkirakan bergerak pada kisaran RM2.400-2.530 per ton dengan kecenderungan turun pada perdagangan Jumat (19/01/2018) ini.

“Penurunan harga tersebut tampaknya disebabkan oleh kecemasan pasar terhadap pelarangan impor CPO yang diberlakukan Uni Eropa di tengah penurunan permintaan dan menguatnya kurs ringgit Malaysia,” papar Faisyal, analis pasar derivatif PT Monex Investindo Futures, di Jakarta, Jumat (19/01/2018).

Para pelaku pasar saat ini sangat mengkhawatirkan kebijakan parlemen Eropa yang bakal menyetujui pelarangan konsumsi CPO bagi bahan bakar kendaraan bermotor. Pelarangan tersebut akan mulai diberlakukan pada 2021 mendatang.

Seperti diketahui, sebagian besar CPO yang diimpor oleh Uni Eropa digunakan untuk memproduksi bio-fuel, sehingga industri minyak sawit akan mencemaskan penurunan permintaan jika kebijakan tersebut benar-benar dilaksanakan.

Menurut Intertek Testing Services, ekspor CPO Malaysia pada 1-15 Januari 2018 turun 7,4% dibandingkan periode yang sama pada Desember 2017. Untuk periode yang sama, Societe Generale de Surveillance melaporkan penurunan ekspor CPO 2,8%.

Malaysian Palm Oil Board (MPOB) melaporkan, ekspor CPO ke Uni Eropa diperkirakan bakal turun secara bertahap, kendati usulan larangan penggunaan minyak sawit baru akan diterapkan pada 2021.

Ahmad Kushairi Din, Direktur jenderal MPOB, menegaskan, ekspor CPO ke Uni Eropa telah turun 3,3% menjadi 2 juta ton pada tahun 2017 dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Sementara itu, kurs Ringgit Malaysia pada pukul 11:18 WIB menguat 0,4% menjadi 3.9375 per dolar AS. Penguatan Ringgit akan membuat harga minyak sawit menjadi lebih mahal untuk pemilik mata uang lainnya. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Jaringan 5G

Senin, 21 Januari 2019 - 20:50 WIB

China Unicom dan ZTE Selesaikan Panggilan Telepon 5G Pertama di Dunia dengan Smartphone Prototipe 5G ZTE

ZTE Corporation, penyedia solusi telekomunikasi, perusahaan, dan teknologi terkemuka untuk internet seluler, mengumumkan bahwa China Unicom cabang Guangdong dan ZTE telah melakukan panggilan…

ACE Hardware

Senin, 21 Januari 2019 - 20:25 WIB

Tawarkan Solusi Kebutuhan Produk Harian, ACE Hadirkan Program Your Everyday Solutions

Terus manjakan konsumen dengan berbagai pilihan produk inovatif dan berkualitas, ACE tawarkan promo menarik untuk berbagai produk yang memudahkan kegiatan keseharian melalui program Your Everyday…

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat AMMdes di GIIAS 2018 (Foto: Dok. Liputan6)

Senin, 21 Januari 2019 - 20:10 WIB

Menperin Pastikan Produksi Massal AMMDes Akan Dimulai pada 2019

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto terus memacu peningkatan produktivitas dan daya saing alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) agar mampu kompetitif di pasar domestik hingga ekspor.…

Kemenperin serahkan AMMDes Pengolahan Air Jernih ke Sulteng (Foto: Kemenperin)

Senin, 21 Januari 2019 - 19:45 WIB

Kemenperin Salurkan Lima Unit AMMDes Pengolah Air Jernih ke Sulteng

Kementerian Perindustrian akan menyalurkan lima unit alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) yang berfungsi sebagai pengolah air jernih untuk tiga wilayah yang terkena dampak gempa di Provinsi…

Ilustrasi buku bacaan

Senin, 21 Januari 2019 - 18:08 WIB

Dua Belas Penulis Indonesia Hadir di London Fair 2019

Jakarta - British Council dan Komite Nasional menyeleksi penulis yang akan ditampilkan di London Book Fair 2019 dalam sejumlah acara yang bertujuan memperkenalkan kekayaan literasi Indonesia.