BAZNAS Kirim Tenaga Medis dan Logistik ke Asmat Papua

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 19 Januari 2018 - 10:48 WIB

BAZNAS Sumbang Ambulans Untuk Pelayanan Umat
BAZNAS Sumbang Ambulans Untuk Pelayanan Umat

INDUSTRY.co.id - Jalarta- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengirimkan tenaga medis dan bantuan logistik untuk mengatasi Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit campak dan gizi buruk di Kampung Nakai, Distrik Pulau Tiga dan Kota Agats, Provinsi Papua.

Langkah ini merupakan upaya lanjutan dalam merespon cepat adanya krisis kesehatan di wilayah Timur Indonesia tersebut.

Sebelumnya BAZNAS telah mendirikan Crisis Center untuk merespon berbagai keluhan yang terjadi pada masyarakat dan telah merancang program yang simultan dalam merespon bencana di Asmat.

Hadir dalam acara tersebut Deputi BAZNAS, Arifin Purwakananta, Ir Nana Mintarti dan Mohammad Nasir Tajang serta Kepala Rumah Sehat BAZNAS Indonesia, Dr. Meizi Fachrizal Achmad, M.Si.

Pimpinan Crisis Center BAZNAS, Dr. Meizi Fachrizal Achmad, M.Si mengatakan, tim nya malam ini akan berangkat ke Asmat untuk segera bergerak membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan.

BAZNAS malam ini akan mengirimkan tim perintis yang rencananya berada di Asmat selama dua pekan. Tim ini terdiri dari dua orang tenaga kesehatan dan dua personil tim kemanusiaan. Setelah itu BAZNAS akan mengirim tim lanjutan yang nantinya menetap selama 6 bulan," kata Fachry yang juga menjabat sebagai Kepala Rumah Sehat BAZNAS Indonesia.

Ia mengatakan, tim-tim yang akan diberangkatkan ini diharapkan dapat melakukan kegiatan yang optimal di wilayah tersebut.

Anggota BAZNAS, Ir. Nana Mintarti mengatakan bahwa BAZNAS akan merilis program-program yang mempunyai sifat emergency relief atau respon dan recovery atau jangka waktu panjang dan juga mengedukasi terkait tentang kesehatan kepada masyarakat Asmat.

Untuk penanganan Kejadian Gizi Buruk dan penyakit Campak di kabupaten Asmat ini. Baznas akan merilis program-program yang memiliki sifat emergency relief dan recovery. Sifat emergency relief atau respon ini, BAZNAS akan memberangkatkan tim medis untuk berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait setempat untuk bersama-sama mengatasi atau menangani kejadian luar biasa yang terjadi saat ini di Asmat.

Sifat recovery atau jangka panjang akan memiliki sifat yang community health jadi kesehatan yang berbasis komunitas. Karena sebetulnya faktor-faktor ini adalah masalah kebiasaan, edukasi, masalah wawasan ataupun pengetahuan masyarakat tentang kesehatan.

"Ini lah yang akan di edukasi oleh BAZNAS sambil kita juga akan memberikan makanan-makanan bergizi terutama pada batita dan balita sehingga diharapkan tingkat gizi dari balita tersebut juga akan membaik," katanya kepada awak media.

Tim perintis bertugas melakukan deteksi dini dari campak dan gizi buruk yang diderita oleh anak-anak di Asmat.

Selanjutnya akan dilakukan penyuluhan pencegahan penularan serta tindakan awal penyakit akut. Jika memang nantinya ada kondisi yang mengharuskan untuk mendapat rujukan, maka tim akan melakukan rujukan lebih lanjut untuk penanganan yang lebih serius.

Untuk tim lanjutan, nantinya akan dibagi menjadi empat bagian. Tim ini akan mengurus program-program BAZNAS yang sudah dirancang menjadi program yang simultan dalam merespon bencana di Asmat. Program-program tesebut terdiri dari bagian medis, program kader sehat Papua, program bantuan pangan dan lumbung pangan dan program bantuan pendukung lainnya.

Mohammad Nasir Tajang mengatakan bahwa BAZNAS terjun langsung untuk menangani masalah tersebut karna duka saudara-saudara kita di Asmat ini harus menjadi duka untuk seluruh wilayah Indonesia.

“BAZNAS terjun untuk menangani masalah tersebut karena BAZNAS melihat bahwa ini adalah duka Indonesia juga. Jadi, BAZNAS berusaha untuk hadir disana dan akan betul-betul hadir dan membantu di Asmat sampai permasalahan ini selesai.

"Untuk tahap pertama kita mengagendakan selama 6 bulan untuk tim berada disana. Tahap awal kita akan melakukan asessmen kemudian kita juga akan mendidik warga disana betapa pentingnya kesehatan. Ditambah kita berencana akan membangun lumbung pangan disana. Sehingga permasalahan disana, BAZNAS berharap tidak terulang kembali," kata Nasir selaku Direktur Koordinasi Pendistribusian, Pendayagunaan, Renbang Diklat Nasional BAZNAS.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…