Antam Targetkan Penjualan Sebesar Rp 12 Triliiun Pada Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Jumat, 19 Januari 2018 - 09:35 WIB

Ilustrasi Emas (Dok-Antam)
Ilustrasi Emas (Dok-Antam)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Aneka Tambang Tbk atau Antam menargetkan perolehan penjualan sepanjang tahun ini sebesar Rp12 triliun. 

"Emas masih menjadi kontribusi terbesar terhadap penjualan Antam di mana pada tahun ini sebanyak 24 ton emas akan dijual dengan perkiraan produksi dari tambang Pongkor dan Cibaliung 2 ton," kata Direktur Utama Arie Prabowo Arieotedjo usai peluncuran Emas Batangan Spesial Edisi Tahun Baru Imlek 2569 di Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Ia optimistis penjualan emas tersebut dapat terealisasi dengan baik sepanjang tahun ini, tanpa adanya pasar ekspor baru. Saat ini, ekspor emas Antam dilakukan ke negara-negara seperti Jepang, Singapura, dan Thailand.

Untuk menggenjot penjualan emas, perseroan berencana bekerja sama dengan para pelaku bisnis dengan konsep reseller. Sebelum memulai kerja sama, manajemen bakal melakukan uji kemampuan seberapa banyak emas yang dijual oleh calon mitra.

Pada 2017, Antam memproyeksi capaian penjualan di atas Rp10 triliun atau lebih besar dari realisasi tahun sebelumnya Rp9,1 triliun. Al hasil, laba bersih pun diperkirakan bertumbuh sepanjang tahun lalu. 

"Pada tahun lalu, kita berhasil menjual sebanyak 11,7 ton emas atau setara dengan Rp7 triliun," sambungnya.

Ia melanjutkan, penjualan emas selama 2017 lebih banyak dilakukan di pasar domestik. Sementara produksi emas di tambang Pongkor dan Cibaliung pada tahun tersebut sebanyak 1,9 ton. 

Pada kesempatan serupa, Direktur Pemasaran Tatang Hendra menambahkan, Antam akan meluncurkan emas batangan batik seri dua pada tahun ini.

"Hal ini mengingat kesuksesan penjualan emas batangan batik beberapa tahun silam. Nantinya, emas batangan batik ini akan memiliki kualitas dan produksi lebih baik lagi," ujar Tatang. (imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ridwan Kamil

Senin, 24 September 2018 - 21:30 WIB

Kang Emil akan Berikan Santunan kepada Korban Pengeroyokan Oknum Bobotoh

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) , akan memberikan santunan kepada keluarga korban pengeroyokan yang dilakukan oleh oknum Bobotoh, jelang pertandingan Persib Bandung vs Persija Jakarta,…

Tersangka Tindak Pidana (Foto Ist)

Senin, 24 September 2018 - 21:00 WIB

Polisi Bandung Tangkap Tujuh Pelaku Pengeroyokan Anggota Jakmania

Polisi telah menangkap tujuh tersangka pelaku dugaan pengeroyokan terhadap seorang pendukung Persija bernama Haringga Sirla (23) yang berujung tewasnya pemuda tersebut.

Teluk Bintuni

Senin, 24 September 2018 - 20:38 WIB

Butuh Dana Rp 1,7 Triliun Kembangkan Industri Teluk Bintuni

Kementerian Perindustrian mendorong percepatan pembangunan kawasan industri Teluk Bintuni, Papua Barat. Langkah yang akan dilakukan melalui skema kerja sama Permerintah dan Badan Usaha (KPBU)…

Pertamina (Foto: Ist)

Senin, 24 September 2018 - 20:00 WIB

Kejagung: Investasi di Australia Rugikan Pertamina Rp568 Miliar

Kejaksaan Agung menegaskan kerugian keuangan negara akibat dugaan korupsi investasi PT Pertamina di Blok Basker Manta Gummy (BMG) Australia pada tahun 2009 mencapai Rp568 miliar.

BRI Sediakan Pembiayaan Tagihan Faskes Mitra BPJS Kesehatan (Foto Meirino)

Senin, 24 September 2018 - 19:45 WIB

BRI Sediakan Pembiayaan Tagihan Faskes Mitra BPJS Kesehatan

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk menyediakan skema pembayaran tagihan fasilitas kesehatan mitra Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Hal ini ditandai dengan adanya penandatangan…