Bursa Efek Indonesia Kini Sedang Kaji Penyusunan Indeks Global

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 19 Januari 2018 - 08:32 WIB

Dirut BEI Tito Sulistio (Foto Dok Industry.co.id)
Dirut BEI Tito Sulistio (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Bursa Efek Indonesia (BEI) saat ini sedang mengkaji penyusunan indeks global, yang berisik sejumlah saham yang tercatat di berbagai bursa efek dunia. Kehadiran indeks ini untuk melengkapi keberadaan Indeks LQ45, IDX30 dan Jakarta Islamic Index (JII) di BEI.

“Dengan adanya indeks global tersebut, maka investor nantinya bakal memiliki acuan untuk melakukan jual-beli saham dalam lingkup global maupun regional,” ujar Tito Sulistio, Direktur Utama BEI, di Gedung BEI, Jakarta Selatan, Kamis (18/01/2018) petang.

Tito mengemukakan, rencana penyusunan indeks global ini sudah digagas sejak 2017 lalu. Bahkan, pada pertengahan 2017, BEI sudah mencatat penyusunan indeks yang memiliki cakupan kajian yang lebih luas hingga ke pasar regional dan pasar global.

“Hingga kini, kami juga masih melakukan studi dan kajian yang lebih intensif untuk meluncurkan indeks global tersebut pada tahun ini. Kami memang berencana untuk meluncurkan indeks global terebut tahun ini,” papar Tito.

Saat ini, demikian Tito, studi dan kajian mengenai kriteria saham-saham regional dan global yang dijajaki bakal masuk ke dalam indeks global tersebut sudah mulai memasuki tahap pengelompokan.

“Kendati demikian, itu baru tahap awal. Karena itu, kami belum dapat mendefinisikan indeks global tersebut secara spesifik,” jelas Tito.

Meski demikian, menurut Tito, rencana peluncurkan indeks global tersebut bertujuan untuk memperkaya acuan investor terhadap saham-saham yang paling menguntungkan di pasar lokal, regional maupun global.

“Nantinya, untuk peluncuran indeks global ini, BEI akan melakukan kerja sama dengan sebuah perusahaan yang mengelola indeks global,” pungkas Tito. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.