PT Inka Sebut LRT Jabodebek Paling Modern

Oleh : Ridwan | Jumat, 19 Januari 2018 - 06:15 WIB

PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) (Madiunpos)
PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) (Madiunpos)

INDUSTRY.co.id - Madiun, PT Industri Kereta Api (Inka) (Persero) telah menandatangani kontrak kerja proyek pengadaan Light Rail Transit (LRT) sebesar Rp3,9 triliun.

Adapun kontrak tersebut untuk 31 rangkaian kereta (train set) LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek).

"Untuk pengadaan LRT Jebodebek 31 train set. Mungkin 4 train set akan jalan pada Maret 2019, itu yang pertama. Dan akan terus sampai 31 train set," ujar Direktur Utama PT Inka Budi Noviantoro saat acara MoU Kontrak Pengadaan Sarana LRT Jabodebek di Kantor Inka, Madiun, Kamis (18/1/2018).

Ia menambahkan, untuk desain semua kami (PT Inka) yang kerjakan. "Semua kami yang desain, untuk kecepatan bisa sampai 100 km per jam, tapi jarak stasiun kan pendek2, jadi paling 70 km per jam lah. Kalau mau lari jarak jauh 120 bisa, " terangnya.

Lebih lanjut, Budi mengungkapkan, Tingkat komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk LRT saat ini masih 45%. "Kedepan kami targetkan TKDN-nya mencapai 60%. Namun, semua itu mesti bertahap," kata Budi.

Menurut Budi, LRT Jabodebek memakai sistem terbaru dan modern. Karena nantinya akan memakai moving block, sehingga automatic semuanya.

Nantinya, lanjit Budi, LRT Jabodebek tidak akan memakai masinis, karena Head Way-nya hanya 1,5 menit. Jadi tidak boleh ada human eror.

"Karena kalau Head way-nya lebih kecil, kapasitasnya lebih besar. Ini paling modern untuk kelas LRT, Indonesia mungkin menggunakan kelas yang terbaru," tutup Budi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sungkup Tertutup Penangkap Gas Rumah Kaca (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 16 Juli 2018 - 09:50 WIB

Sungkup Tertutup Penangkap Gas Rumah Kaca

Sektor pertanian merupakan sumber sekaligus rosot penting gas rumah kaca (GRK), yang secara nasional menyumbang kontribusi efek rumah kaca sebesar 6-13%. Emisi GRK dari sektor pertanian bersumber…

Proyek pembangunan dermaga Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara ( Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 16 Juli 2018 - 09:39 WIB

Pelabuhan Kuala Tanjung Sumut Segera Dioperasikan

PT Pelabuhan Indonesia 1 segera mengoperasikan Pelabuhan Kuala Tanjung yang hampir selesai dibangun di Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara.

Ilustrasi Susu Kental Manis : Foto Istimewa

Senin, 16 Juli 2018 - 09:30 WIB

SKM Miliki Kadar Protein Relatif Lebih Tinggi Dibanding Jenis Lainnya

Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Ahmad Syafiq memberikan pandangannya mengenai susu kental manis. Syafiq menyebutkan susu kental manis…

Pelari Kenya David Kibet Raih Juara MILO Jakarta International 10K 2018 (Foto: dok Industry.co.id)

Senin, 16 Juli 2018 - 09:20 WIB

Pelari Asal Kenya Raih Juara MILO Jakarta International 10K 2018

Pelari asal Kenya meraih gelar juara kategori putra dan putri lari maraton MILO Jakarta International 10K 2018 yang berlangsung di Jakarta, Minggu, 15 Juli 2018. David Kibet berhasil menjuarai…

Kepala BPOM Penny K. Lukito (Foto Ist)

Senin, 16 Juli 2018 - 09:14 WIB

BPOM: Susu Kental Manis Aman Dikonsumsi

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan Susu Kental Manis (SKM) merupakan susu dan aman untuk dikonsumsi, meskipun berbeda dengan krimer kental manis. Hal ini menyusul informasi yang…