PT Inka Sebut LRT Jabodebek Paling Modern

Oleh : Ridwan | Jumat, 19 Januari 2018 - 06:15 WIB

PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) (Madiunpos)
PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) (Madiunpos)

INDUSTRY.co.id - Madiun, PT Industri Kereta Api (Inka) (Persero) telah menandatangani kontrak kerja proyek pengadaan Light Rail Transit (LRT) sebesar Rp3,9 triliun.

Adapun kontrak tersebut untuk 31 rangkaian kereta (train set) LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek).

"Untuk pengadaan LRT Jebodebek 31 train set. Mungkin 4 train set akan jalan pada Maret 2019, itu yang pertama. Dan akan terus sampai 31 train set," ujar Direktur Utama PT Inka Budi Noviantoro saat acara MoU Kontrak Pengadaan Sarana LRT Jabodebek di Kantor Inka, Madiun, Kamis (18/1/2018).

Ia menambahkan, untuk desain semua kami (PT Inka) yang kerjakan. "Semua kami yang desain, untuk kecepatan bisa sampai 100 km per jam, tapi jarak stasiun kan pendek2, jadi paling 70 km per jam lah. Kalau mau lari jarak jauh 120 bisa, " terangnya.

Lebih lanjut, Budi mengungkapkan, Tingkat komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk LRT saat ini masih 45%. "Kedepan kami targetkan TKDN-nya mencapai 60%. Namun, semua itu mesti bertahap," kata Budi.

Menurut Budi, LRT Jabodebek memakai sistem terbaru dan modern. Karena nantinya akan memakai moving block, sehingga automatic semuanya.

Nantinya, lanjit Budi, LRT Jabodebek tidak akan memakai masinis, karena Head Way-nya hanya 1,5 menit. Jadi tidak boleh ada human eror.

"Karena kalau Head way-nya lebih kecil, kapasitasnya lebih besar. Ini paling modern untuk kelas LRT, Indonesia mungkin menggunakan kelas yang terbaru," tutup Budi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jalan Lintas Tengah Aceh

Senin, 24 Februari 2020 - 12:27 WIB

Kementerian PUPR Mulai Pebangunan Dua Ruas Jalan Lintas Tengah Aceh

Dua ruas jalan tersebut merupakan bagian jalan yang belum tersambung di Jalur Lintas Tengah Aceh sepanjang 444,38 km dan memiliki peranan penting agar jalur lintas tengah Aceh dapat tersambung…

Direktur Consumer Service Telkom Indonesia, Siti Choiriana saat paparan Indihome

Senin, 24 Februari 2020 - 12:19 WIB

2020, Telkom Bidik 8,3 Juta Pelanggan Indihome

PT - Telekomunikasi Indonesia Tbk tengah membidik penjualan Indihome, dengan target 8,3 juta pelanggan. Target akan tercapai dengan siapnya infrastruktur dan produk terbaru yaitu Indihome Late.

Pembangunan Bendungan Rukoh

Senin, 24 Februari 2020 - 12:14 WIB

Dukung Pengembangan Pertanian di Aceh, Kementerian PUPR Bangun Bendungan Rukoh

Sebelumnya pada 2016 di Kabupaten Pidie juga telah diselesaikan pembangunan Bendungan Rajui berkapasitas 2,67 juta meter kubik (m3) untuk mengairi areal persawahan seluas 1.000 hektare (ha).

Danau Toba (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 24 Februari 2020 - 12:00 WIB

11 Agenda Evant Promosikan Keindahan Danau Toba

Sebagai sentral di kawasan Destinasi Super Priotas Danau Toba, Kabupaten Samosir menjadi tuan rumah bagi event spektakuler bertajuk Samosir Music International (SMI) untuk mempromosikan Danau…

Pembangkit Listrik

Senin, 24 Februari 2020 - 11:45 WIB

Erick Thohir Minta Sektor Industri Tidak Bangun Pembangkit Listrik Sendiri

Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meminta agar sektor industri tidak membangun pembangkit listrik sendiri dan harus disinkronisasikan dengan rencana penyediaan listrik…