PT Inka Sebut LRT Jabodebek Paling Modern

Oleh : Ridwan | Jumat, 19 Januari 2018 - 06:15 WIB

PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) (Madiunpos)
PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) (Madiunpos)

INDUSTRY.co.id - Madiun, PT Industri Kereta Api (Inka) (Persero) telah menandatangani kontrak kerja proyek pengadaan Light Rail Transit (LRT) sebesar Rp3,9 triliun.

Adapun kontrak tersebut untuk 31 rangkaian kereta (train set) LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek).

"Untuk pengadaan LRT Jebodebek 31 train set. Mungkin 4 train set akan jalan pada Maret 2019, itu yang pertama. Dan akan terus sampai 31 train set," ujar Direktur Utama PT Inka Budi Noviantoro saat acara MoU Kontrak Pengadaan Sarana LRT Jabodebek di Kantor Inka, Madiun, Kamis (18/1/2018).

Ia menambahkan, untuk desain semua kami (PT Inka) yang kerjakan. "Semua kami yang desain, untuk kecepatan bisa sampai 100 km per jam, tapi jarak stasiun kan pendek2, jadi paling 70 km per jam lah. Kalau mau lari jarak jauh 120 bisa, " terangnya.

Lebih lanjut, Budi mengungkapkan, Tingkat komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk LRT saat ini masih 45%. "Kedepan kami targetkan TKDN-nya mencapai 60%. Namun, semua itu mesti bertahap," kata Budi.

Menurut Budi, LRT Jabodebek memakai sistem terbaru dan modern. Karena nantinya akan memakai moving block, sehingga automatic semuanya.

Nantinya, lanjit Budi, LRT Jabodebek tidak akan memakai masinis, karena Head Way-nya hanya 1,5 menit. Jadi tidak boleh ada human eror.

"Karena kalau Head way-nya lebih kecil, kapasitasnya lebih besar. Ini paling modern untuk kelas LRT, Indonesia mungkin menggunakan kelas yang terbaru," tutup Budi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 20 November 2018 - 21:00 WIB

Pelindo 1 Terus Tingkatkan Sarana Sejumlah Pelabuhan

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana di sejumlah pelabuhan yang dikelola perusahaan tersebut dalam upaya meningkatkan layanan kepada konsumen.

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar

Selasa, 20 November 2018 - 20:40 WIB

Arcandra: Investasi Satu Sumur Bisa Capai Rp1,5 Triliun

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menyebutkan nilai invetasi satu sumur minyak di perairan dalam (deep water) bisa mencapai Rp1,5 triliun

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Selasa, 20 November 2018 - 20:20 WIB

Indonesia Promosikan Industri Sawit Berkelanjutan kepada Eropa

Indonesia mempromosikan industri kelapa sawit berkelanjutan lewat program Regular Oil Palm Course 2018 yang diikuti 15 peserta dari 10 negara.

Perawatan Kesehatan Rs Siloam (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 20 November 2018 - 19:30 WIB

Setiap Bulan RS Siloam Silampari Adakan Layanan Kesehatan Gratis di Sejumlah Daerah Lubuklinggau

Peningkatan mutu kesehatan, khususnya di daerah menjadi hal prioritas yang senantiasa dilakukan Siloam Hospitals Group. Karenanya melalui Rumah Sakit Siloam Silampari bersama GMSS (Gerakan Musi…

Ilustrasi Beasiswa

Selasa, 20 November 2018 - 18:16 WIB

50 Mahasiswa Raih Beasiswa Penuh dari Sea Group, Induk Garena, Shopee dan AirPay

Sebanyak 50 mahasiswa berprestasi terpilih untuk menerima beasiswa penuh dari Sea, induk perusahaan dari Garena (platform online gaming), Shopee (e-commerce) dan AirPay (layanan keuangan).