Baznas Kembangkan 600 Z-Mart di Jabodetabek

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 18 Januari 2018 - 15:19 WIB

Deputi BAZNAS, Arifin Purwakananta (Foto Nina)
Deputi BAZNAS, Arifin Purwakananta (Foto Nina)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengembangkan 600 unit Z-Mart di kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek) selama 2018.

"Sebanyak 17 dari 600 unit Z-Mart tersebut berada di Bojong Gede, Kabupaten Bogor dan diresmikan hari ini," kata Deputi Baznas Arifin Purwakananta sebagaimana siaran persnya yang diterima di Jakarta, Rabu (17/1/2018)

Dia mengatakan Baznas ingin terus mengembangkan usaha mikro dengan modal dari dana zakat. Dengan demikian, dana zakat bermanfaat untuk membangkitkan kondisi perekonomian para mustahik.

"Sebelum mendirikan Z-Mart ini, para penerima zakat atau mustahik yang akan mengelolanya mendapatkan modal usaha dan pelatihan serta pedampingan," kata dia.

Z-Mart merupakan salah satu program pemberdayaan ekonomi dengan sistem jaringan pengembangan usaha ritel mikro untuk mengangkat skala usaha mustahik binaan Baznas.

Minimarket tersebut merupakan unit usaha yang dimiliki oleh satu kepala keluarga. Z-Mart Point dikembangkan dalam tiga jenis skala usaha. Selain Z-Mart Point, terdapat jenis Z-Mart Store dan Z-Mart Distribusi Center yang memiliki skala usaha dan penerima manfaat lebih besar.

Dua jenis Z-Mart tersebut, kata dia, melayani pembelian baik grosir maupun eceran dan menyuplai dagangan warung-warung kelontong.

Menurut Arifin, pengembangan Z-Mart merupakan wujud dari tekad yang kuat dalam upaya Baznas meningkatkan derajat para mustahik dengan berbagai cara, salah satunya melalui penguatan di bidang ekonomi.

Sejak tahun 2016, dana zakat yang ditunaikan oleh para muzaki diwujudkan untuk mendirikan Z-Mart yang sudah tersebar di berbagai kota yang ada di Indonesia.

Z-Mart pertama kali dibangun di Desa Selotong dan Desa Secanggang, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, pada April 2017 dan terus berkembang.

Toko tersebut menawarkan harga yang lebih murah dari toko kelontong atau minimarket lain karena dipasok dari retail besar. Z-Mart juga didirikan dekat dengan perkampungan agar mudah terjangkau masyarakat.

Z-Mart menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat seperti minyak, gula, sabun, perlengkapan rumah tangga dan hasil kerajinan tangan.

Anggota Baznas Nana Mintarti mengatakan Z-Mart diharapkan bisa memajukan usaha para mustahik.

"BAZNAS berharap mudah-mudahan para mustahik yang sudah diberikan bantuan melalui Z-mart ini bisa lebih meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraannya serta usahanya lebih maju dan lebih berkembang dengan keberadaan Z-mart ini," kata dia.

Peresmian Z-Mart di Bogor itu merupakan rangkaian perayaan Milad Baznas ke-17. Selain itu, BAZNAS juga melakukan pengembangan kewirausahaan di 17 pondok pesantren, pengembangan 17 teknologi tepat guna untuk pemberdayaan mustahik, Gerakan Sosial Nasional Kesehatan di 17 titik dan Pengurangan Risiko Bencana.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…