Perusahaan Kelapa Sawit Harus Berinovasi Dalam Industri Pengolahan Kelapa Sawit

Oleh : Hariyanto | Kamis, 18 Januari 2018 - 14:15 WIB

Direktur Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Kementerian Pertanian Dedy Junaidi (gatra)
Direktur Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Kementerian Pertanian Dedy Junaidi (gatra)

INDUSTRY.co.id

Yogyakarta - Pada Seminar "Sustainable Palm Oil Insight" yang dilaksanakan di Auditorium Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Yogyakarta Direktur Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Kementerian Pertanian Dedy Junaidi mengatakan, perusahaan kelapa sawit harus berinovasi dalam pengelolaan industri kelapa sawit.

"Inovasi perlu dilakukan di sektor hulu, pengembangan industri hilir, dan diversifikasi produk kelapa sawit dari limbah komoditas itu," kata Dedy di Yogyakarta, Rabu (17/1/2018)

Dedy mengatakan, guna mendukung upaya tersebut pemerintah telah mengimplementasikan dua kebijakan strategis yakni pengamanan bahan baku berupa tarif bea keluar dan dana perkebunan yang proindustri serta pemberian insentif fiskal dan nonfiskal untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif.

Menurutnya, beberapa perusahaan kelapa sawit merespons peluang itu dengan mulai berinvestasi pada teknologi terintegrasi dan terbarukan untuk menghasilkan inovasi pengembangan teknologi di sektor hulu yang berkelanjutan. Selain itu, inovasi pengembangan produk hilir kelapa sawit dan pemanfaatan limbah yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Ia mengatakan, industri kelapa sawit merupakan salah satu sektor strategis bagi perekonomian Indonesia. Saat ini Indonesia merupakan produsen terbesar CPO dunia dengan total kontribusi sebesar 48 persen dari produksi CPO dunia sekaligus menguasai 52 persen pasar ekspor minyak kelapa sawit.

"Areal lahan kelapa sawit di Indonesia saat ini mencapai sekitar 10 juta hektare dengan produksi 180 juta ton per tahun," kata Dedy.

Sementara itu, Ketua Panitia Seminar "Sustainable Palm Oil Insight" Muhammad Mustangin mengatakan, seminar itu bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai rantai pasok industri sawit sehingga terjaga keberlanjutannya.

"Hal itu melingkupi sektor hulu, pengembangan industri hilir, dan pemanfaatn 'by product' sebagai produk yang mempunyai nilai ekonomi kepada seluruh pemangku kepentingan dan praktisi sawit," katanya.

Menurut dia, seminar yang berlangsung hingga 18 Januari 2018 itu terselenggara atas kerja sama LPP Yogyakarta, Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit, dan PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Holding.

"Seminar dihadiri sekitar 200 peserta yang terdiri atas pejabat pemerintah, akademisi, peneliti, investor, perusahaan, petani, pelaku usaha, praktisi, pemerhati, dan seluruh pemangku kepentingan dalam industri kelapa sawit," kata Mustangin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…