PT Inka Tandatangani Kontrak Kerja LRT Jabodebek

Oleh : Ridwan | Kamis, 18 Januari 2018 - 10:44 WIB

Kontrak Kereta LRT Jabodebek Ditandatangani (Foto Ridwan)
Kontrak Kereta LRT Jabodebek Ditandatangani (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Madiun, Sebagai tindak lanjut proyek pemerintah untuk pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek, pada hari kamis, 18 Januari 2018 dilakukan kunjungan kerja oIeh beberapa menteri ke PT INKA (Persero) untuk melihat langsung kemampuan dan kesiapan produksi kereta api.

Para menteri dan pimpinan lembaga tinggi negara yang turut hadir antara lain, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, WakiI Menteri Keuangan Mardiasmo, serta perwakilan dari Kepaia BPPT.

Selain meninjau kemampuan dan kesiapan produksi kereta api yang dimiliki PT INKA (Persero) Madiun, juga diIaksanakan 7 agenda penandatanganan antara PT 'NKA (Persero) dan mitra kerja, antara lain:

1. Penandatanganan kontrak pengadaan LRT Jabodebek antara PT KAI (Persero) dengan PT INKA (Persero). ,

2. Penandatanganan kerjasama pengadaan material dan komponen kereta api antara PT INKA (Persero) dengan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, PT Barata Indonesia (Persero), PT Pindad (Persero) dan PT INTI (Persero).

3. Penandatangan kerja sama PT INKA (Persero) dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Perhubungan.

4. Penandatanganan kerja sama komitmen peningkatan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) antara PT INKA (Persero) dengan UMKM penerima program NIA (National Interest Account).

5. Penandatanganan program pengembangan vokasi pendidikan antara PT INKA (Persero) dengan SMK di wiIayah Jawa Timur.

6. Penandatanganan kerja sama Konsultasi dan Riset bersama antara PT INKA (Persero) dengan Kemenristekdikti, BPPT dan Perguruan tinggi negeri (ITB, ITS, UNS dan UGM).

7. Penandatangan kerja sama konsultasi dan pendampingan pembangunan Workshop PT INKA (Persero) di Banyuwangi antara PT INKA (Persero) dan BPKP perwakiian Iawa Timur.

Pembangunan LRT Jabodebek merupakan salah satu proyek strategis pemerintah daIam rangka untuk memberikan kemudahan dan kecepatan transportasi kepada masyarakat.

Untuk pengerjaan LRT yang menghubungan Jakarta Bogor Depok Bekasi ini, PT INKA (Persero) sudah mendapat dukungan keuangan sebesar Rp 4,050 Triliun dari 3 sindikasi perbankan yakni dari PT BNI (Persero) Tbk, PT SMI (Persero) dan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia.

PT INKA (Persero) merupakansatu-satunya industri manufaktur sarana perkeretaapian yang ada di Indonesia dan Asia Tenggara.

Proyek LRT ini merupakan kali kedua, seteIah sebelumnya PT INKA (Persero) juga dipercaya untuk menjadi penyedia sarana LRT di Palembang, Sumetera Selatan sebagai moda transportasi pendukung Asian Games 2018.

Saat ini PT INKA (Persero) juga sedang menyelesaikan pengerjaan DMU untuk kereta Bandara Minangkabau, Padang, dan Bandara Adi Soemarmo, Solo, pembuatan 438 unit kereta penumpang K3 dan K1 pesanan PT KAI (Persero) serta 250 unit kereta Penumpang pesanan Bangladesh railways.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran Generali Protection (G-PRO) (Foto: Ridwan/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 Februari 2018 - 18:20 WIB

Generali Gandeng Bank BTN Berikan Perlindungan Penyakit Kritis Bagi Nasabah KPR

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia)bersama PT Bank Tabungan Negara (Persero)kembali meluncurkan Generali Protection (G-PRO).

Ilustrasi Pekerja Pabrik Sarung Tangan Karet (Ist)

Rabu, 21 Februari 2018 - 17:50 WIB

Industri Sarung Tangan Karet, Dari 40 Pabrik Tersisa 5 Pabrik, Mengerikan!

Isu penutupan pabrik hingga saat ini masih menjadi perbincangan hangat di kalangan para pelaku industri. Harga gas yang tak kunjung turun menjadi pemicu tutupnya beberapa pabrik di Indonesia.

Achmad Widjaja, Wakil Ketua Komite Tetap Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Bidang Industri Hulu dan Petrokimia

Rabu, 21 Februari 2018 - 17:03 WIB

Kisruh Harga Gas Buat Investor Wait and See, Industri Petrokimia Makin Tak Matang

Investasi sektor petrokimia hingga saat ini masih belum ada perencanaan yang matang. Pasalnya, investor masih menunggu ketegasan pemerintah terkait penurunan harga gas untuk industri.

CEO blanja.com Aulia E Marinto

Rabu, 21 Februari 2018 - 17:00 WIB

Industri UMKM Harus Punya Kreativitas E-Commerce

Ketua Umum Indonesia E-Commerce Association (Idea) Aulia E Marinto mengatakan industri usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) harus memiliki kreativitas dalam memberdayakan "e-commerce" (perdagangan…

LUNA V Lite

Rabu, 21 Februari 2018 - 16:41 WIB

Fokus ke Produk, LUNA Smartphone Optimis Kuasai Pasar Dalam 3 Tahun

Luna V Lite dengan layar Fullscreen rasio 18:9 mampu menghadirkan kualitas yang sama dengan harga yang cukup fantastis yaitu 1,7 jutaan.