PT Inka Tandatangani Kontrak Kerja LRT Jabodebek

Oleh : Ridwan | Kamis, 18 Januari 2018 - 10:44 WIB

Kontrak Kereta LRT Jabodebek Ditandatangani (Foto Ridwan)
Kontrak Kereta LRT Jabodebek Ditandatangani (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Madiun, Sebagai tindak lanjut proyek pemerintah untuk pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek, pada hari kamis, 18 Januari 2018 dilakukan kunjungan kerja oIeh beberapa menteri ke PT INKA (Persero) untuk melihat langsung kemampuan dan kesiapan produksi kereta api.

Para menteri dan pimpinan lembaga tinggi negara yang turut hadir antara lain, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, WakiI Menteri Keuangan Mardiasmo, serta perwakilan dari Kepaia BPPT.

Selain meninjau kemampuan dan kesiapan produksi kereta api yang dimiliki PT INKA (Persero) Madiun, juga diIaksanakan 7 agenda penandatanganan antara PT 'NKA (Persero) dan mitra kerja, antara lain:

1. Penandatanganan kontrak pengadaan LRT Jabodebek antara PT KAI (Persero) dengan PT INKA (Persero). ,

2. Penandatanganan kerjasama pengadaan material dan komponen kereta api antara PT INKA (Persero) dengan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, PT Barata Indonesia (Persero), PT Pindad (Persero) dan PT INTI (Persero).

3. Penandatangan kerja sama PT INKA (Persero) dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Perhubungan.

4. Penandatanganan kerja sama komitmen peningkatan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) antara PT INKA (Persero) dengan UMKM penerima program NIA (National Interest Account).

5. Penandatanganan program pengembangan vokasi pendidikan antara PT INKA (Persero) dengan SMK di wiIayah Jawa Timur.

6. Penandatanganan kerja sama Konsultasi dan Riset bersama antara PT INKA (Persero) dengan Kemenristekdikti, BPPT dan Perguruan tinggi negeri (ITB, ITS, UNS dan UGM).

7. Penandatangan kerja sama konsultasi dan pendampingan pembangunan Workshop PT INKA (Persero) di Banyuwangi antara PT INKA (Persero) dan BPKP perwakiian Iawa Timur.

Pembangunan LRT Jabodebek merupakan salah satu proyek strategis pemerintah daIam rangka untuk memberikan kemudahan dan kecepatan transportasi kepada masyarakat.

Untuk pengerjaan LRT yang menghubungan Jakarta Bogor Depok Bekasi ini, PT INKA (Persero) sudah mendapat dukungan keuangan sebesar Rp 4,050 Triliun dari 3 sindikasi perbankan yakni dari PT BNI (Persero) Tbk, PT SMI (Persero) dan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia.

PT INKA (Persero) merupakansatu-satunya industri manufaktur sarana perkeretaapian yang ada di Indonesia dan Asia Tenggara.

Proyek LRT ini merupakan kali kedua, seteIah sebelumnya PT INKA (Persero) juga dipercaya untuk menjadi penyedia sarana LRT di Palembang, Sumetera Selatan sebagai moda transportasi pendukung Asian Games 2018.

Saat ini PT INKA (Persero) juga sedang menyelesaikan pengerjaan DMU untuk kereta Bandara Minangkabau, Padang, dan Bandara Adi Soemarmo, Solo, pembuatan 438 unit kereta penumpang K3 dan K1 pesanan PT KAI (Persero) serta 250 unit kereta Penumpang pesanan Bangladesh railways.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Asosiasi Wartawan Korea (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 22:37 WIB

Wartawan Negeri K-Pop Kunjungi Pulau Bali

Presiden Asosiasi Wartawan Korea Jung Kyu Sung disertai sembilan orang wartawan Korea Selatan saat ini tengah berada di Pulau Dewata. Selama tujuh hari, 24-31 Mei, para wartawan negeri K-Pop…

Garis Polisi (Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:53 WIB

Terlalu, Curi Jengkol Dua Pemuda Aceh Dihakimi Massa

Dua pemuda babak belur dihakimi massa, karena ketangkap tangan mencuri buah jengkol di kebun milik warga di Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (25/5/2018) malam.

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:47 WIB

BUMN Diminta Bersinergi Benahi Perumahan Karyawan

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diminta untuk bersinergi untuk membenahi rumah-rumah dinas maupun milik karyawan yang sudah tidak layak huni.

Pilkada 2018 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:42 WIB

Tokoh-Tokoh Bali Inginkan Gubernur yang Berani

Sejumlah tokoh di Pulau Dewata menginginkan agar gubernur yang terpilih dalam Pilkada 2018 berani dan tidak hanya diam dalam zona nyaman di tengah berbagai tantangan pembangunan.

Cagub Jabar Kang Hasan (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:37 WIB

Survey Hasanah Unggul, Guru Besar Unpad: Bisa Terus Meroket

Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Padjadjaran (Unpad) Obstar Sinaga mengomentari rilis hasil survei pilkada Jabar 2018 oleh Ilma Research dan Consulting yang menyebut elektebilitas…