PT Inka Tandatangani Kontrak Kerja LRT Jabodebek

Oleh : Ridwan | Kamis, 18 Januari 2018 - 10:44 WIB

Kontrak Kereta LRT Jabodebek Ditandatangani (Foto Ridwan)
Kontrak Kereta LRT Jabodebek Ditandatangani (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Madiun, Sebagai tindak lanjut proyek pemerintah untuk pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek, pada hari kamis, 18 Januari 2018 dilakukan kunjungan kerja oIeh beberapa menteri ke PT INKA (Persero) untuk melihat langsung kemampuan dan kesiapan produksi kereta api.

Para menteri dan pimpinan lembaga tinggi negara yang turut hadir antara lain, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, WakiI Menteri Keuangan Mardiasmo, serta perwakilan dari Kepaia BPPT.

Selain meninjau kemampuan dan kesiapan produksi kereta api yang dimiliki PT INKA (Persero) Madiun, juga diIaksanakan 7 agenda penandatanganan antara PT 'NKA (Persero) dan mitra kerja, antara lain:

1. Penandatanganan kontrak pengadaan LRT Jabodebek antara PT KAI (Persero) dengan PT INKA (Persero). ,

2. Penandatanganan kerjasama pengadaan material dan komponen kereta api antara PT INKA (Persero) dengan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, PT Barata Indonesia (Persero), PT Pindad (Persero) dan PT INTI (Persero).

3. Penandatangan kerja sama PT INKA (Persero) dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Perhubungan.

4. Penandatanganan kerja sama komitmen peningkatan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) antara PT INKA (Persero) dengan UMKM penerima program NIA (National Interest Account).

5. Penandatanganan program pengembangan vokasi pendidikan antara PT INKA (Persero) dengan SMK di wiIayah Jawa Timur.

6. Penandatanganan kerja sama Konsultasi dan Riset bersama antara PT INKA (Persero) dengan Kemenristekdikti, BPPT dan Perguruan tinggi negeri (ITB, ITS, UNS dan UGM).

7. Penandatangan kerja sama konsultasi dan pendampingan pembangunan Workshop PT INKA (Persero) di Banyuwangi antara PT INKA (Persero) dan BPKP perwakiian Iawa Timur.

Pembangunan LRT Jabodebek merupakan salah satu proyek strategis pemerintah daIam rangka untuk memberikan kemudahan dan kecepatan transportasi kepada masyarakat.

Untuk pengerjaan LRT yang menghubungan Jakarta Bogor Depok Bekasi ini, PT INKA (Persero) sudah mendapat dukungan keuangan sebesar Rp 4,050 Triliun dari 3 sindikasi perbankan yakni dari PT BNI (Persero) Tbk, PT SMI (Persero) dan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia.

PT INKA (Persero) merupakansatu-satunya industri manufaktur sarana perkeretaapian yang ada di Indonesia dan Asia Tenggara.

Proyek LRT ini merupakan kali kedua, seteIah sebelumnya PT INKA (Persero) juga dipercaya untuk menjadi penyedia sarana LRT di Palembang, Sumetera Selatan sebagai moda transportasi pendukung Asian Games 2018.

Saat ini PT INKA (Persero) juga sedang menyelesaikan pengerjaan DMU untuk kereta Bandara Minangkabau, Padang, dan Bandara Adi Soemarmo, Solo, pembuatan 438 unit kereta penumpang K3 dan K1 pesanan PT KAI (Persero) serta 250 unit kereta Penumpang pesanan Bangladesh railways.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala BPPI Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara

Jumat, 19 Oktober 2018 - 19:10 WIB

Pangkas Impor 20 Persen, Kemenperin Tingkatkan Suplai Bahan Baku Industri Komponen Elektronik

Salah satu unit pelayanan teknis (UPT) Kementerian Perindustrian, Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) Bandung, berkomitmen melakukan penguatan terhadap industri komponen elektronika di…

Kementerian Kesehatan peringati Hari Osteoporosis

Jumat, 19 Oktober 2018 - 19:05 WIB

Cegah Osteoporosis Sejak Dini, Kementerian Kesehatan Ajak Masyarakat Indonesia Hidup Aktif Mulai dari Diri Sendiri

Sebagai rangkaian dari Hari Osteoporosis 2018. Kementerian Kesehatan RI mengadakan senam rekreasi bersama di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Borobudur Menteng, Jakarta Pusat.

Mola tv

Jumat, 19 Oktober 2018 - 19:00 WIB

Mola TV Memenangkan Hak Eksklusif Siarkan Premier League di Indonesia dan Timor Leste

Mola TV, perusahaan media AS-Indonesia yang baru saja dibentuk, telah memenangkan hak eksklusif untuk menyiarkan Premier League di Indonesia dan Timor Leste dan akan menyiarkan Premier League…

Ground breaking Taruma City (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 18:03 WIB

Digadang-gadang Jadi The Last Piece in Karawang, APL Resmi Memulai Pembangunan Taruma City

Agung Podomoro Land terus berkomitmen memberikan investasi yang terbaik kepada calon customer dengan meluncurkan proyek terbarunya yaitu Taruma City Superblock pertama dan satu-satunya di Karawang.…

Kiri-Kanan (Direktur Pembiayaan Syariah LPDB KUMKM Jaenal Aripin, dan Dirut LPDB KUMKM Braman Setyo (INDUSTRY.co.id)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 16:22 WIB

Per Oktober, Dana Bergulir BLU KUMKM Tersalurkan Rp 38,5 Milyar

Lembaga Penyalur Dana Bergulir (LPDB) Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 38, 5 milyar atau sebesar 3,21 persen dari target penyaluran Rp…