Gubernur Lampung Optimis Kunjungan Wisatawan Meningkat di Tahun 2018

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 17 Januari 2018 - 20:00 WIB

Ilustrasi Periwisata di Lampung
Ilustrasi Periwisata di Lampung

INDUSTRY.co.id, Lampung - Pariwisata di Provinsi Lampung mulai banyak dikunjungi oleh para wisatawan domestik ataupun wisatawan mancangera. Oleh karena itu, di tahun 2018 ini Gubernur Provinsi Lampung Muhammad Ridho Ficardo mengatakan optimis jumlah kunjungan wisatawan ke Provinsi Lampung akan terus meningkat.

Hal tersebut berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata, yang menunjukan bahwa jumlah kunjungan wisatawan nusantara yang berkunjung ke Provinsi Lampung terus meningkat dari waktu ke waktu.

Pada 2016, kunjungan wisatawan mancanegara di Lampung mencapai 155.053 pengunjung. Capaian tersebut meningkat sekitar 40 ribu dari tahun 2015, yakni 114.907 wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Lampung Budiharto, mengatakan, pada oktober 2017 lalu, kunjungan wisatawan ke Lampung mencapai delapan juta kunjungan. Namun data terakhir yang diterima dari Kementerian Pariwisata per Desember 2017 memperlihatkan angka yang lebih mengejutkan.

Kunjungan wisatawan nusantara ke Provinsi Lampung pada bulan Desember 2017 berjumlah 11.734.804 kunjungan. Hal itu menempatkan Provinsi Lampung berada di posisi peringkat 10 Nasional, atau mengalahkan Bali yang berada di posisi 11 Nasional (10 juta). Angka tersebut juga jauh melebih target yang ditetapkan, yakni tujuh juta wisatawan.

Sebelumnya, Provinsi Lampung menempati posisi ke sembilan untuk kunjungan wisatawan nusantara pada Oktober 2017. Posisi tersebut juga mengalahkan Bali yang berada di posisi sebelas. Data tersebut dihitung menggunakan teknik lalu lintas pergerakan wisatawan melalui telepon seluler oleh Kementerian Pariwisata dan PT Telkom.

Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo menyatakan, capaian tersebut tidak terlepas dari semakin mudahnya akses ke Lampung, baik melalui darat maupun melalui Bandara Radin Intan II.

selain itu beberapa event berskala nasional dan internasional yang di gelar oleh Provinsi Lampung turut mendongkrak jumlah kunjungan Wisatawan ke Provinsi Lampung. Di antaranya Hari Keluarga Nasional, Hari Kopi Internasional, dan sejumlah acara nasional lainnya yang mulai gencar memilih Lampung sebagai tuan rumah.

"Peningkatan kunjungan ini juga merupakan prestasi bagi seluruh pelaku pariwisata, mulai pengelola hotel, restoran, pengelola tempat wisata, dan transportasi. Sektor-sektor ini yang punya efek ganda bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Ridho.

Pertumbuhan hotel di Lampung sendiri juga naik. Beberapa di antaranya bahkan ditopang dengan lokasi yang tidak jauh dari destinasi wisata. "Beberapa dekat dengan Pulau Pahawang dan pulau-pulau di sekitar Teluk Lampung, sehingga bisa dikemas menjadi one day tour." kata Gubernur Ridho menambakan. (Ant)
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen mengembangkan industri kesehatan dengan memberikan layanan spesialisasi…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

Menperin Agus Antisipasi Dampak Gejolak Geopolitik Dunia Bagi Sektor Industri

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memantau situasi geopolitik dunia yang tengah bergejolak. Saat ini situasi Timur Tengah semakin memanas dengan adanya konflik Iran dan Israel baru-baru…

Turut Serta Dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Bank Sampoerna Bukukan Kinerja yang Baik

Kamis, 18 April 2024 - 09:46 WIB

Turut Serta Dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Bank Sampoerna Bukukan Kinerja yang Baik

Penyaluran kredit yang dilakukan perbankan, termasuk PT Bank Sahabat Sampoerna (“Bank Sampoerna”) terus mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional. Pada akhir tahun…

KIIP Food Thinwall Packaging Raih Penghargaan Top Brand 2024 untuk Ketiga Kalinya

Kamis, 18 April 2024 - 09:38 WIB

KIIP Food Thinwall Packaging Raih Penghargaan Top Brand 2024 untuk Ketiga Kalinya

Dalam industri produk makanan, berbagai merek terus berlomba-lomba untuk menciptakan identitas unik dan menarik bagi konsumen melalui kemasan mereka. Oleh karena itu, produsen kemasan makanan…

POLYTRON Hadirkan Fast Charging Station untuk Mendukung Kendaraan Listrik

Kamis, 18 April 2024 - 09:31 WIB

POLYTRON Hadirkan Fast Charging Station untuk Mendukung Kendaraan Listrik

Dalam menghadapi transisi menuju transportasi berkelanjutan, pemerintah telah meluncurkan program baru untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik di seluruh negeri, misalnya dengan program…