Perekaman Data E-Commerce Ditargetkan Selesai Akhir Februari

Oleh : Herry Barus | Selasa, 16 Januari 2018 - 07:22 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Badan Pusat Statistik (BPS) menargetkan perekaman data awal perdagangan secara elektronik atau e-commerce akan selesai pada akhir Februari 2018.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, saat ini pihaknya baru mulai melakukan perekaman data terhadap anggota Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) melalui kuisioner yang disampaikan via surat elektronik atau e-mail.

"Kami sedang ajak teman-teman idEA untuk mengumpulkan. Kami kasih kesadaran betapa pentingnya data e-commerce. Kami tunggu sampai pertengahan Februari. Kami harapkan akhir Februari sudah selesai," ujar pria yang akrab dipanggi Kecuk itu usai rapat koordinasi soal e-commerce di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Senin (15/1/2018)

Kecuk menuturkan, perekaman data e-commerce sendiri terkait dengan perdagangan secara elektronik termasuk transaksi, nilai dan volume, merchant atau seller, unique buyer, investasi, metode pembayaran, tenaga kerja dan teknologi.

Pencatatan dipisahkan berdasarkan tujuh model bisnis antara lain marketplace dan e-retail, travel dan transportasi, classified horizontal, classified vertical, specialty store, daily deals. Sementara itu, untuk model bisnis logistic dan payment sendiri masih ditunda.

"Mungkin ada dua yang kami sisihkan dulu, payment dan logistic. Kami akan coba konsentrasi ke tujuh platform dulu," ujar Kecuk seperti dilansir Antara.

Adapun referensi waktu data yang dikumpulkan adalah triwulanan untuk periode 2015-2016 dan bulanan untuk periode 2017.

Mekanisme perekaman data bisa dilakukan secara online, yaitu melalui template kuisioner yang disampaikan kepada masing-masing pelaku e-commerce melalui surat elektronik. Pelaku e-commerce juga bisa menyerahkan data ke BPS dengan hardcopy yang sudah distempel perusahaan atau softcopy isian kuisioner sesuai template untuk ikut terlibat dalam perekaman data ini.

Pengumpulan data e-commerce sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. BPS juga menjamin data yang disampaikan oleh responden dijamin kerahasiaannya dengan data yang dipublikasikan nantinya berupa data agregat.

Alasan pelaksanaan pengumpulan data berlangsung pada Januari 2018 adalah agar nilai transaksi Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada Desember 2017 dapat ikut terdata.

Data tersebut akan dikumpulkan, diolah, dan dianalisa langsung oleh BPS dengan publikasi data ditargetkan selesai pada akhir Februari 2018.

Kegiatan sosialisasi pengumpulan data e-commerce merupakan hasil kerja sama Kemenko Bidang Perekonomian bersama BPS yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perdagangan, serta idEA selaku asosiasi e-Commerce Indonesia.

Melalui sosialisasi tersebut, pemerintah mengharapkan terdapat kesepahaman, komitmen, dan kerja sama dengan pelaku bisnis e-commerce mengenai urgensi dan manfaat dari pengumpulan data perdagangan secara elektronik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Founder sekaligus Ketua Yayasan Syariah Hardjuno Wiwoho (SHW) Center, Hardjuno Wiwoho

Kamis, 18 April 2024 - 08:23 WIB

DPR Didorong Sahkan RUU Perampasan Aset Jadi UU

Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan publik seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu mengundangkan RUU Perampasan…

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Kamis, 18 April 2024 - 07:17 WIB

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam menjembatani kebutuhan aksesibilitas udara dalam mendukung mobilitas berbagai organisasi untuk mengoptimalkan…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Kamis, 18 April 2024 - 06:27 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP., CRMP., menerima kunjungan kerja Kepala Pusat Perhubungan Angkatan Darat (Kapushubad)…

Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha

Kamis, 18 April 2024 - 06:18 WIB

Panglima TNI : Hati-Hati dan Teliti Dalam Bertindak, Serta Selalu Menjaga Kewaspadaan Dimanapun Berada

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar upacara bendera 17 April 2024, dengan Inspektur upacara Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Kamis, 18 April 2024 - 06:11 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., bersama para Pejabat utama Mabes TNI, dan segenap Prajurit serta PNS Mabes TNI, melaksanakan Apel Khusus dalam rangka Halal Bihalal 1445…