Bantuan Jasa Raharja Untuk UMKM Banten Mencapai Rp1,15 Miliar di 2017

Oleh : Hariyanto | Senin, 15 Januari 2018 - 13:06 WIB

Jasa Raharja (ist)
Jasa Raharja (ist)

INDUSTRY co.idSerang - PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Provinsi Banten selama tahun 2017 telah membantu sebanyak 53 unit usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan total bantuan mencapai Rp1,15 miliar.

"Bantuan permodalan untuk UMKM tersebut disisihkan dari laba perusahaan dan diperuntukkan bagi usaha berbagai sektor baik perdagangan seperti warung, penjual sembako, warung nasi, juga sektor jasa seperti usaha indekosan, bengkel dan sektor perikanan seperti nelayan," kata Kepala Jasa Raharja Cabang Banten Suhadi di Serang, Senin (15/1/2018).

Menurut Suhadi, sebagaimana perusahaan BUMN lainnya, Jasa Raharja juga mempunyai Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang diwajibkan membantu usaha kecil di wilayah kerjanya masing-masing serta membantu sarana dan prasarana lingkungan seperti masjid, pondok pesantren, dan taman bacaan.

Jenis program tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR) ini, Jasa Raharja memberikan bantuan modal mulai dari Rp5 juta sampai Rp15 juta per unit usaha. Besaran bantuan itu tergantung dari kebutuhan dan besar usaha yang dikelolanya dengan tingkat suku bunga 3% per tahun.

"Besaran bunganya relatif sangat rendah, karena kami benar-benar ditugaskan memberdayakan UMKM agar ke depan bisa berkembang, sehingga dengan demikian dengan bunga yang rendah diharapkan bisa mengembalikan cicilan per bulan tepat waktu dan tidak terjadi tunggakan," kata Suhadi.

Ia menambahkan bagi pengusaha yang mampu mengembalikan pinjaman tanpa ada tunggakan selama waktu yang diberikan maksimal dua tahun tersebut, maka dibolehkan mengajukan pinjaman lebih besar jumlahnya dari yang sebelumnya.

"Misalnya pinjaman pertama sebesar Rp5 juta, kemudian dia mampu mengembalikan tepat waktu, maka dipinjamkan lagi sebesar Rp10 juta, bisa dipinjamkan Rp15 juta, bahkan Rp25 juta sampai Rp50 juta, jika memang memberikan rapor pengembalian yang baik, dengan sistem pembukuan yang juga bagus," katanya pula.

Para pengusaha kecil yang mendapatkan bantuan sampai saat ini Jasa Raharja Provinsi Banten telah menyalurkan dana kepada 453 unit itu, mereka tidak hanya diberikan uang tetapi juga pelatihan untuk meningkatkan manajemen usahanya agar bisa berkembang dengan baik.

Suhadi mengatakan, pada umumnya pengusaha kecil tersebut terkendala pada pembuatan laporan pembukuan keuangan yang sebenarnya sangat menentukan untuk mengetahui laba atau rugi suatu perusahaan.

Dalam program bina lingkungan, tahun 2017 ini Jasa Raharja membantu warga pedalaman Suku Badui dengan mendirikan taman bacaan (perpustakaan) dan membantu pengembangan masjid dan pondok pesantren Pada tahun 2018 Jasa Raharja Banten masih tetap memberikan bantuan kepada UMKM belum tersentuh oleh BUMN lainnya yang juga memberikan bantuan serupa melalui PKBL, dengan jumlah bantuan yang disediakan disesuaikan jumlah laba perusahaan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…