Padi Menguning di Pandeglang Banten

Oleh : Herry Barus | Senin, 15 Januari 2018 - 10:09 WIB

Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)
Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Pandeglang- Indahnya suasana alam pedesaan saat panen padi dengan hamparan yang menguning sungguh menenteramkan hati.

Apalagi, hal ini menjadi kontras dengan birunya gunung di kejauhan di Desa Kadugemblo, Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, Banten. Siang ini, Sabtu, 13 Januari 2018 masih ada beberapa petani penggarap yang melakukan panen di lahan sawah.

Badran, salah satunya, penggarap sawah milik Hj. Enoh yang memiliki lahan masih panen bersama istrinya. Sebagian besar lahan sawah ini dilakukan oleh petani penggarap, dimana mereka juga tergabung dalam Kelompok Tani Bina Karya yang didirikan semenjak tahun 1982.

Kelompok ini beranggotakan 35 orang yang diketuai oleh Asep Suherman. Hamparan luas panen di kelompok ini mencapai 25 Ha, dimana sebagian besar sudah dilakukan panen.

Pengairan sawah ini dilakukan melalui irigasi pedesaan dengan pola tanam padi-padi-sayuran seperti kacang panjang, mentimun, dsb. Varietas padi yang ditanam umumnya adalah ciherang, namun Badran lebih suka menanam padi varietas lokal yang disebutnya dengan “KTM”. Tanaman padi ini relatif lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman padi ciherang, dengan keunggulannya yang tahan terhadap hama wereng. 

 

Diakuinya bahwa dari sisi “rasa”, beras KTM tidak seenak ciherang yang juga pulen, namun dapat panen dengan hampir tidak terganggu oleh wereng. Harga gabah kering panen saat ini adalah Rp.4600-Rp.4800/kg.

Kondisi di lapang menunjukkan bahwa panen padi masih akan terus berlangsung sampai dengan akhir Januari di desa ini. Ketua kelompok, Asep Suherman menyatakan “jangan sampai impor”, karena Pandeglang sebentar lagi akan mencapai puncak panen pada bulan Februari-Maret. Apabila impor dilakukan saat ini, berarti bulan depan saat panen raya, gabah akan melimpah dan harga jual GKP menjadi murah.

Bukti nyata pemerintah pro petani adalah “stop impor beras”. Demikian pernyataannya dengan penuh semangat dan berapi-api. "Biarkanlah petani menikmati harga GKP yang sedang baik ini, toh tidak terlalu lama lagi. Kasihanilah kami" keluh petani lanjutnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin