110 Sumur Minyak Ilegal Ditutup

Oleh : Irvan AF | Sabtu, 07 Januari 2017 - 12:28 WIB

Ilustrasi sumur minyak ilegal. (Arief Priyono/Getty Images)
Ilustrasi sumur minyak ilegal. (Arief Priyono/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jambi - Kepolisian daerah (Polda) Jambi dan jajarannya selama 2016, telah menutup sebanyak 110 sumur minyak ilegal pada beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Jambi.

"Kegiatan penutupan ratusan lokasi sumur minyak ilegal tersebut dilakukan aparat kepolisian Jambi dengan situasi yang sangat kondusif dan diterima oleh para pelaku tanpa menimbulkan gejolak," kata Kapolda Jambi, Brigjen Pol Yazid Fanani, Sabtu (7/1/2017).

Penutupan sumur minyak ilegal atau illegal drilling tersebut, dilakukan anggota dilapangan sudah sesuai dengan perintah pimpinan dan arahan dari pihak terkait sehingga tidak menimbulkan gejolak hingga kondisi kondusif.

"Kegiatan penutupan sumur minyak ilegal tersebut, juga merupakan bagian tugas dari aparat kepolisian yang bekerjasama dengan pihak terkait seperti PT Pertamina setempat maupun pemerintah daerah," kata Yazid Fanani.

Polda Jambi dan jajaranya sudah menjalankan tugas negara dengan maksimal terutama kegiatan yang melanggar hukum apalagi yang telah merugikan negara seperti 'illegal drilling'.

Lokasi sumur yang paling banyak ditutup selama setahun lalu ada di Kabupaten Sarolangun dan perbatasan antara Provinsi Jambi dengan Sumatera Selatan dan kegiatan penutupan ini juga berkad dukungan dari warga setempat dan pemerintah daerahnya.

Sementara itu sebelumnya, PT Pertamina EP Asset 1 selama beberapa waktu terakhir tahun lalu juga telah berhasil menutup sebanyak 64 titik sumur minyak ilegal yang telah merugikan perusahaan negara dibidang migas tersebut.

Aksi penutupan ke-64 titik sumur minyak ilegal yang bukan dikelola oleh Pertamina dan rekannya itu dilakukan pihak PT Pertamina EP Asset 1 untuk wilayah Sumatera bersama dengan pihak TNI dan Polri.

Sampai saat ini jumlah aksi kejahatan pencurian minyak baik sistem "drilling" atau pengeboran dan "tappping" (pelumbangan pipa jalur minyak) masih terus terjadi dan kini pihak Pertamina terus mencoba menekan aksi tersebut dengan bekerjasana pihak TNI dan Polri untuk menindak pelaku.(iaf/ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mandala Finance

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…