First Crack Coffee Academy Berharap Dapat Tingkatkan Citra Kopi Lokal di Pasar Global

Oleh : Abraham Sihombing | Minggu, 14 Januari 2018 - 17:57 WIB

Evani Jesslyn sedang melayani pelanggan kopi di gerai First Crack Coffee Academy (Foto Abe)
Evani Jesslyn sedang melayani pelanggan kopi di gerai First Crack Coffee Academy (Foto Abe)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pendirian First Crack Coffee Academy pada November 2017 lalu diharapkan dapat meningkatkan citra kopi lokal Indonesia di pasar global. Pasalnya, keinginan pelaku industri untuk mendongkrak citra kopi Indonesia terus meningkat. Itu ditandai oleh merebaknya pembukaan gerai-gerai kopi di pasar domestik.

“Kedepan, para pelaku industri kopi itu diharapkan dapat meningkatkan citra kopi lokal tersebut di pasar global. Untuk itu, mereka perlu dibekali beberapa pembelajaran, yaitu edukasi mengenai pengemasan, marketing (pemasaran) dan branding (merek) secara tepat,” ujar Evani Jesslyn, pemilik First Crack Coffee Academy, di Jakarta, Jumat (12/01/2018).

Evani menuturkan, jika ketiga pembelajaran tersebut terpenuhi, maka citra kopi Indonesia di pasar global akan terus meningkat. Pasalnya, edukasi seperti itu sangat diperlukan dan merupakan fundamental untuk meningkatkan bisnis kopi lokal ke luar negeri.

Evani mengungkapkan, potensi kopi lokal sangat menjanjikan. Indonesia memiliki populasi yang sangat padat yang dapat dijadikan pasar kopi yang potensial. Akan tetapi, kondisi seperti itu akan sia-sia belaka jika tidak disertai rasa memiliki dan pengetahuan yang komprehensif mengenai berbagai kopi lokal yang ada saat ini.

“Pasalnya, jika potensi yang besar itu tidak digarap secara konkrit dan komprehensif, maka lama kelamaan ada kemungkinan kopi lokal kita dapat diklaim oleh pihak asing,” tukas Evani.

Karena itu, Evani mendirikan akademi kopi bernama First Crack Coffee Academy. Sekolah mengenai kopi yang dibuat Evani tersebut adalah satu-satunya mitra resmi Specialty Coffee Association (SCA).

SCA tersebut adalah gabungan dari Specialty Coffee Association of America (SCAA) dan Specialty Coffee Association of Europe (SCAE).

Di sekolah kopi ini, demikian Evani, para pengajar memberikan modul coffee skills diploma. Itu dimulai dari introduction to coffee, green bean coffee, sensory, brewing dan barista kelas pemula (beginner), intermediate dan profesional.

“Sejak diluncurkan pada November 2017, kelas sensory langsung dipenuhi oleh para pemula hingga para pemilik coffee shop,” imbuh Evani.

Disamping itu, First Crack Coffee Academy tersebut memiliki ruang memasak kopi (roastary) dan kafe yang menghidangkan berbagai produk kopi lokal Indonesia. Sekolah kopi ini mengusung filosofi pemberdayaan wanita (empowering women).

Kedepan, Evani juga berencana mengembangkan sebuah gerai kopi di kawasan bisnis terpadu Sudirman (Sudirman Central Business District/SCBD), Jakarta Selatan. Pembukaan gerai tersebut bertujuan untuk mencetak 30 tenaga ahli kopi setara diploma dalam kurun waktu satu tahun ke depan.

“Idealnya, kami akan membuka tiga gerai kopi. Akan tetapi, yang sudah kami pastikan akan dibuka pada Februari mendatang adalah gerai yang terletak di kawasan SCBD,” pungkas Evani. (Abraham Sihombing)

  •  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

Top Digital Corporate Brand Award 2024 Digelar

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:20 WIB

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan peringatan Nuzululqur'an 1445 H dan Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim di Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (28/03/2024).…