Simak Enam Tren di Industri Fintech 2018

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 14 Januari 2018 - 07:04 WIB

Ilustrasi fintech. (E+/Emir Memedovski)
Ilustrasi fintech. (E+/Emir Memedovski)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Indonesia merupakan negara yang luas, dengan jumlah penduduk melimpah serta potensi bisnis yang luar biasa besar. Salah satu hal yang bisa menggerakkan roda perekonomian di Indonesia adalah penyaluran pinjaman untuk pebisnis yang tengah membutuhkan modal.

Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2016 lalu, kebutuhan pembiayaan (pinjaman) nasional mencapai Rp1.600 triliun. Sayangnya, hanya sekitar Rp600 triliun di antaranya yang bisa dilayani oleh bank dan lembaga keuangan lainnya. Ini berarti, masih ada kekurangan sekitar Rp1.000 triliun.

Lantas bagaimana perkembangan Fintech di tahun 2018 ini. Menurut  Kamar Dagang Indonesia (Kadin), investasi fintech di 2018 diprediksi akan menembus angka Rp 105,6 triliun. Menurut data Statista, transaksi fintech di Indonesia akan mencapai USD 23,8 miliar pada 2018.

Digital Artha Media (DAM) Corporation sebagai salah satu startup fintech dengan beberapa produknya seperti Mandiri e-cash dan Line Pay e-cash memberi gambaran mengenai tren fintech pada tahun 2018.

1. Kolaborasi dengan perbankan

Dikatakan Managing Director DAM Corporation, Fanny Verona, pada tahun depan ada kecenderungan yang besar bagi perbankan untuk berkolaborasi dengan perusahaan fintech.

"Kami melihat trennya akan ada sinergi yang kuat antara bank dan perusahaan fintech. Dengan kolaborasi ini, diharapkan perbankan juga mampu menjangkau lebih banyak nasabah unbanked yang sudah menggunakan layanan atau produk fintech," ujar Fanny Verona,  dalam Fintech Outlook 2018

2. Personalisasi

Tren kedua adalah pemanfataan automated personalization, di mana bank akan memanfaatkan kekuatan fintech untuk mempersonalisasi penawaran yang dapat dilihat pengguna di semua perangkat mereka. Bank juga dapat menghadirkan promo yang disesuaikan dengan banking habit end-user-nya.

3. Voice recognition atau pengenalan suara

"Tren ketiga yaitu teknologi Voice User Intervace (VUI) yang dihadirkan teman-teman di industri smartphone. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk mengendalikan fitur-fitur produk dalam perangkat hanya menggunakan suara," tuturnya.

Teknologi VUI ini berkembang dengan cepat karena menawarkan cara perintah yang lebih cepat, mudah dan menyenangkan. Dengan teknologi ini, pengguna bisa melakukan transfer, mengecek saldo dan aktivitas finansial lainnya hanya dengan suara.

4. Asia sebagai tuan rumah

Tren selanjutnya menyebutkan bahwa Asia akan menjadi rumah bagi investasi fintech.

5. Meningkatnya transaksi mobile

Kemudian inovasi teknologi mobile juga akan terus berkembang. Fanny menyebutkan, salah satu tren fintech sepanjang tahun ini adalah kemunculan transaksi mobile, terutama yang terkait dengan consumer purchase. Sehingga, perusahaan fintech mengintegrasikan teknologi ini ke dalam aplikasi untuk mengoptimalkan penawaran melalui platform selular. Trend ini pun diprediksi akan terus berlanjut di tahun 2018 nanti.

6. Cybersecurity

Tren keenam berkaitan dengan keamanan, privasi, dan kepercayaan yang akan terus menjadi tantangan. Fanny menegaskan, selama tahun 2018 dan tahun-tahun berikutnya, perusahaan fintech yang menginginkan pangsa pasar yang baik, perlu bersikap proaktif dan memposisikan aspek keamanan dan proteksi konsumen sebagai senjata utama mereka dalam meraih pengguna.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi aset kripto

Selasa, 19 Maret 2024 - 16:06 WIB

Bitcoin Koreksi Setelah Cetak ATH, Ini Strategi yang Perlu Dipertimbangkan

Minggu lalu  menjadi perjalanan rollercoaster bagi investor Aset Kripto, karena Bitcoin (BTC) mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar $73,000 pada Kamis (14/3/2024), namun aksi profit-taking membawa…

Prof. Budi Soesilo Supanji

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:48 WIB

President University Perkenalkan Budaya Indonesia di East-West Center AS

Ketua Yayasan President University Prof Budi Susilo Supanji akan bertolak ke Amerika Serikat (AS) dalam rangka menghadiri undangan East-West Center yang dibangun oleh Presiden John F Kennedy…

Penandatangan perjanjian kerjasama PT Easterntex dengan PLN

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:46 WIB

Dukung Upaya Penggunaan Energi Bersih, PT Easterntex Beralih Menggunakan Listrik Dari PLN

PT Easterntex telah beralih dari penggunaan listrik yang berasal dari pembangkit milik pribadi menjadi menggunakan listrik yang disuplai oleh PT PLN (Persero) dengan kapasitas sebesar 15 Megawatt…

PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:37 WIB

Fasilitasi Perjalanan Dinas Karyawan, PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

PT Pamapersada Nusantara dan Pelita Air Service melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama terkait sarana transportasi pesawat untuk karyawan PAMA Group dalam melaksanakan perjalanan…

IFG Life

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:22 WIB

Sabet Penghargaan Asuransi, IFG Life Tegaskan Komitmen Pulihkan Kepercayaan Publik

Dalam menjalankan bisnisnya, IFG Life menjunjung tinggi tata kelola yang baik dan manajemen risiko yang kuat dan penuh kehati-hatian. Perusahaan juga mengoptimalkan pemanfaatan teknologi untuk…