PT Biofarma akan Buat Antidifteri Serum Lebh Murah

Oleh : Herry Barus | Minggu, 14 Januari 2018 - 09:00 WIB

PT Bio Farma (Persero) (Foto ist)
PT Bio Farma (Persero) (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Bandung- Perusahaan produsen vaksin PT Bio Farma (Persero) akan membuat antidifteri serum (ADS) yang diproduksi di dalam negeri dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada saat ini.

Direktur Utama Bio Farma Juliman di kantor Bio Farma Bandung, Sabtu (13/1/2018) mengatakan harga serum yang diproduksi Bio Farma akan seperlima lebih murah.

Juliman menjelaskan harga serum Bio Farma bisa jauh lebih terjangkau karena dengan memproduksi seluruhnya di dalam negeri dibandingkan membayar produk impor dari luar negeri.
 

Sebagai gambaran, katanya, harga satu dosis ADS berkisar antara Rp2 juta hingga Rp2,5 juta. Dalam penanganan pasien difteri diperlukan bisa sampai delapan kali penggunaan serum.

Sehingga perkiraan biaya penggunaan ADS untuk satu pasien bisa mencapai Rp20 juta. Juliman memastikan, biaya penggunaan ADS hasil produksi Bio Farma bisa seperlima jauh lebih murah dari kisaran tersebut.

"Sebenarnya ADS dulu kami bisa buat, tapi dengan impor barang setengah jadi. Karena pabrik pemasoknya tutup, kami sekarang impor dari India beli jadi," ujar dia.

Bio Farma rencananya akan meluncurkan produk ADS sendiri pada September atau Oktober 2018.

Produk ADS yang nantinya akan dibuat Bio Farma diproduksi mulai dari pembuatan bahan baku sejak awal hingga berbentuk serum yang siap digunakan. Kapasitas produksi untuk ADS tersebut bisa mencapai 15.000 vial.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…