PT Jababeka-Pemprov Gorontalo Kerja Sama Kembangkan Industri Pariwisata dan Infrastruktur

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 13 Januari 2018 - 20:15 WIB

PT Jababeka- Pemprov Gorontalo Kerja Sama Kebangkan Industri Pariwisata dan Infrastruktur (Foto Dok Industry.co.id)
PT Jababeka- Pemprov Gorontalo Kerja Sama Kebangkan Industri Pariwisata dan Infrastruktur (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Gorontalo- Guna mendukung pengembangan industri di Gorontalo, Pemerintah Provinsi Gorontalo menggandeng PT Jababeka Tbk. untuk berinvestasi. Sebagai wujud keseriusan tersebut, Gubernur Gorontalo bersama PT Jababeka menggelar penandatanganan kerja sama bertempat di Kawasan Industri Jababeka di Cikarang, Jawa Barat.

Untuk kerjasama di bidang pengembangan pariwisata dan pengembangan infrastruktur, penandatanganan kerja sama dilakukan antara Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dengan Direktur Fasific Asia Town Assosiation (FATA) F. Purnomo. Ada juga penandatanganan kerja sama dengan Rektor President University Dr. Jony Oktavian Haryanto, SE, MM, MA untuk pengembangan SDM mahasiswa Gorontalo.

Dengan potensi Gorontalo yang luas lahan 12 Ribu Meter Persegi dan memiliki dua sisi laut Utara dan Selatan ini sangat luar biasa. Tinggal siapa mitranya (yang akan berinvestasi) kami bisa mencarikan. Kami ada kurang lebih 30 Negara untuk bisa diajak kerjasama, terang CEO PT Jababeka Tbk Setyono Djuandi Darmono.

Terkait dengan pengembangan investasi, Darmono mengungkapkan tidak saja pada ketersediaan infrastrutkur penunjang seperti transportasi, jaringan listrik dan masalah keamanan daerah. Lebih daripada itu, pemerintah daerah baik tingkat provinsi dan kabupaten/kota harus mampu memfasilitasi regulasi khusus yang dapat mempermudah investasi.

Jadi harus ada peraturan yang Jakarta tidak boleh, tapi Gorontalo boleh. Artinya ada yang berbeda ditawarkan oleh Gorontalo yang tidak ada di daerah lain. Kalau Gorontalo dan Jakarta sama, ya mending di Jakarta. Ini menjadi daya tarik investasi, imbuhnya.

Sebelumnya, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie memaparkan secara spesifik potensi ekonomi di daerah. Menurutnya, pemprov Gorontalo telah merancang kawasan ekonomi khusus (KEK) Gopandang (Gorontalo, Paguyaman, Kwandang) yang meliputi tiga kabupaten yakni Kabupaten Gorontalo, Boalemo dan Gorontalo Utara. Jika investasi infrastruktur sudah terbangun maka kedepan kawasan itu menjadi kawasan industri baru di daerah.

Kita juga punya banyak lahan hutan eks HGU (hak guna usaha) beberapa ribu hektar. Mereka mengajukan izin kembali, tapi setelah kami kaji banyak mudaratnya, banyak ruginya. Ada juga hutan HPH lebih kurang 30.000 hektar di daerah Boalemo dan Pohuwato, beber Rusli kepada awak media.

Berbagai pembangunan infrastrutkur juga sudah dijalankan oleh pemerintah daerah. Selain menjadikan pasokan listrik surplus 40 Megawatt, pembangunan jalan tol Gorontalo Outer Ring Road (GORR), revitalsiasi bandara udara dan pelabuhan laut diharapkan dapat menarik minat investasi di daerah.

Untuk tahap awal, PT Jababeka. Tbk akan berinvestasi pada pengembangan SDM melalui rekrutmen di kampus President University. Selanjutnya investasi pada pembangunan pembangkit listrik tenaga micro hydro (PLTMH), pembangunan jaringan air bersih serta pembangunan sektor pariwisata.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…