Perlu Diketahui, Sejumlah Regulasi Baru Piala Presiden 2018

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 13 Januari 2018 - 09:39 WIB

Piala Presiden 2018 (Foto Dok Industry.co.id)
Piala Presiden 2018 (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Regulasi pemain untuk Piala Presiden 2018 berbeda dibandingkan turnamen serupa edisi 2017, terutama tentang jumlah pemain yang boleh diikutkan dan total pemain asing yang bisa didaftarkan.

"Selebihnya, aturan tidak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya," ujar Direktur Operator Liga PT Liga Indonesia Baru (LIB) Tigor dalam keterangan yang diterima di Jakarta, kemarin.

Ia mengatakan setiap tim dapat mendaftarkan sedikit-dikitnya 18 pemain dan maksimal 36 pemain ke Piala Presiden 2018.

Selain itu, di turnamen pramusim edisi terkini itu, setiap klub peserta wajib mendaftarkan tujuh pemain dengan usia di bawah 23 tahun atau yang lahir setelah 1 Januari 1996.

Untuk pemain asing, setiap tim bisa mengikutkan maksimal empat pemain dengan rincian satu pemain Asia dan tiga pemain bebas dari negara manapun. Skema ini disebut 3+1.

Regulasi-regulasi itu berbeda dari Piala Presiden 2017 di mana ketika itu setiap tim peserta wajib membawa sebanyak-banyaknya 30 pemain dengan di antaranya merupakan pesepak bola U-23 dan jumlah pemain impor tidak dibatasi karena kompetisi tersebut juga dimanfaatkan untuk menyeleksi pemain.

Terakhir, di Piala Presiden 2018, semua pemain dan ofisial warga negara asing wajib memiliki Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) atau Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) yang masih berlaku.

"Pendaftaran pemain akan kami buka mulai 10 Januari 2018 hingga sehari menjelang laga pertama pada pertandingan masing-masing grup," tutur Tigor.

Piala Presiden 2018 sendiri diikuti 20 tim yang dibagi dalam lima grup. Turnamen ini rencananya dibuka di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, pada Selasa (16/1/2017), disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Grup A, yang dilangsungkan di Bandung, beranggotakan Persib, Sriwijaya FC, PSM Makassar dan PSMS.

Kemudian di Grup B, digelar di Balikpapan, ada Mitra Kukar, Persipura Jayapura, Martapura FC dan Barito Putera.

Persebaya Surabaya, Madura United, Perseru Serui dan PS TNI mengisi Grup C dan akan dilaksanakan di Surabaya.

Grup D mempertandingkan Persija Jakarta, PSPS Pekanbaru, Borneo FC dan Bali United. Semua laga grup ini digelar di Bali.

Terakhir di Grup E, yang bertanding di Malang, Jawa Timur, ada Arema FC, Bhayangkara FC, PSIS Semarang dan Persela Lamongan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Selasa, 11 Desember 2018 - 07:20 WIB

Saham PT Urban Jakarta Propertindo Tbk-PT Satria Mega Kencana TbkMulai Diperdagangkan

Bursa Efek Indonesia (BEI) meresmikan pencatatan saham dua perusahaan, yakni PT Urban Jakarta Propertindo Tbk dan PT Satria Mega Kencana Tbk.

Dalam periode 5 tahun, Nota Kesepahaman ini meliputi kerja sama di dua area prioritas, yaitu edukasi dan pemberdayaan kesehatan dalam gaya hidup aktif

Selasa, 11 Desember 2018 - 07:13 WIB

Inilah Kesepakatan Kementerian Kesehatan dan Fonterra Brands dalam Mendukung Sustainable Development Goal

Jakarta- Presiden Direktur Fonterra Brands Indonesia, Mr. Shekhar Rapaka menyampaikan kebanggaanya karena dapat bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI untuk meningkatkan kesehatan masyarakat…

Bank Indonesia

Selasa, 11 Desember 2018 - 07:00 WIB

BI: Penjualan Eceran Oktober 2018 Meningkat

Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia mengindikasikan adanya pertumbuhan penjualan eceran di Oktober 2018, yang tercermin dari kenaikan Indeks Penjualan Riil 2,9 persen (tahun ke tahun/year…

World Bank (Foto Ist)

Selasa, 11 Desember 2018 - 06:40 WIB

Bank Dunia Minta Pemerintah Dorong Masyarakat Melek Teknologi

Bank Dunia meminta kepada pemerintah Indonesia agar terus mendorong masyarakat untuk melek teknologi (digital literacy) sekaligus menguasai kemampuan teknologi.

Rakernas HIPMI PT di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Minggu (09/12/2018).

Senin, 10 Desember 2018 - 22:52 WIB

HIPMI PT Targetkan Cetak Satu Juta Wirausaha Pemula Mandiri

Ketua Umum HIPMI, Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) menargetkan akan mencetak satu juta wirausaha pemula mandiri.