Perlu Diketahui, Sejumlah Regulasi Baru Piala Presiden 2018

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 13 Januari 2018 - 09:39 WIB

Piala Presiden 2018 (Foto Dok Industry.co.id)
Piala Presiden 2018 (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Regulasi pemain untuk Piala Presiden 2018 berbeda dibandingkan turnamen serupa edisi 2017, terutama tentang jumlah pemain yang boleh diikutkan dan total pemain asing yang bisa didaftarkan.

"Selebihnya, aturan tidak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya," ujar Direktur Operator Liga PT Liga Indonesia Baru (LIB) Tigor dalam keterangan yang diterima di Jakarta, kemarin.

Ia mengatakan setiap tim dapat mendaftarkan sedikit-dikitnya 18 pemain dan maksimal 36 pemain ke Piala Presiden 2018.

Selain itu, di turnamen pramusim edisi terkini itu, setiap klub peserta wajib mendaftarkan tujuh pemain dengan usia di bawah 23 tahun atau yang lahir setelah 1 Januari 1996.

Untuk pemain asing, setiap tim bisa mengikutkan maksimal empat pemain dengan rincian satu pemain Asia dan tiga pemain bebas dari negara manapun. Skema ini disebut 3+1.

Regulasi-regulasi itu berbeda dari Piala Presiden 2017 di mana ketika itu setiap tim peserta wajib membawa sebanyak-banyaknya 30 pemain dengan di antaranya merupakan pesepak bola U-23 dan jumlah pemain impor tidak dibatasi karena kompetisi tersebut juga dimanfaatkan untuk menyeleksi pemain.

Terakhir, di Piala Presiden 2018, semua pemain dan ofisial warga negara asing wajib memiliki Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) atau Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) yang masih berlaku.

"Pendaftaran pemain akan kami buka mulai 10 Januari 2018 hingga sehari menjelang laga pertama pada pertandingan masing-masing grup," tutur Tigor.

Piala Presiden 2018 sendiri diikuti 20 tim yang dibagi dalam lima grup. Turnamen ini rencananya dibuka di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, pada Selasa (16/1/2017), disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Grup A, yang dilangsungkan di Bandung, beranggotakan Persib, Sriwijaya FC, PSM Makassar dan PSMS.

Kemudian di Grup B, digelar di Balikpapan, ada Mitra Kukar, Persipura Jayapura, Martapura FC dan Barito Putera.

Persebaya Surabaya, Madura United, Perseru Serui dan PS TNI mengisi Grup C dan akan dilaksanakan di Surabaya.

Grup D mempertandingkan Persija Jakarta, PSPS Pekanbaru, Borneo FC dan Bali United. Semua laga grup ini digelar di Bali.

Terakhir di Grup E, yang bertanding di Malang, Jawa Timur, ada Arema FC, Bhayangkara FC, PSIS Semarang dan Persela Lamongan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

New Yogyakarta International/ NYIA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 21 September 2018 - 15:00 WIB

Tahun Depan NYIA Bisa Dioperasionalkan

PT Angkasa Pura I optimistis proyek pembangunan bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, beroperasi pada April 2019.

Kejar Limit Demi Asian Para Games dan Paralimpiade Tokyo

Jumat, 21 September 2018 - 14:53 WIB

Gelaran Asian Para Games 2018 Sebentar Lagi , INAPGOC Pastikan Persiapan Sudah Hampir 100 Persen

Tiket upacara pembukaan terbagi dalam empat kelas: platinum Rp 2,5 juta, gold Rp 1,5 juta, silver Rp 750 ribu, dan bronze Rp 500 ribu. Pembelian dapat dilakukan mulai tanggal 20 September 2018…

Agung Sedayu Group kembali menjadi yang teratas dalam ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards

Jumat, 21 September 2018 - 14:35 WIB

Sejumlah Developer Kenamaan Tanah Air Raih Penghargaan di Ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards

Para pengembang Indonesia menunjukkan inovasi real estat masing-masing dalam acara gala dinner PropertyGuru Indonesia Property Awards tahun ke-4, yang dipersembahkan oleh Kohler di Ballromm…

Pariwisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Foto Ist)

Jumat, 21 September 2018 - 14:30 WIB

MICE Perlu Penanganan Lebih Serius

Kementerian Pariwisata meminta komitmen para kepala daerah untuk secara serius memajukan wisata bisnis atau yang dikenal juga sebagai wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition).

Bank Bukopin Luncurkan Kartu Debit Mastercard

Jumat, 21 September 2018 - 14:30 WIB

Gandeng Mastercard, Bank Bukopin Luncurkan Kartu Debit Mastercard

Pemegang Kartu Debit Bukopin Mastercard selanjutnya juga dapat menikmati berbagai promo menarik di berbagai toko ataumerchantyang bekerjasama, sepertiberbagai programdiskondancashbackmenarik.