Tahun Ini Industri MLM Diproyeksikan Tumbuh 12 Persen

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 13 Januari 2018 - 09:19 WIB

Ketua Umum Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) Djoko Hartanto Komara
Ketua Umum Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) Djoko Hartanto Komara

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Bisnis penjualan langsung atau multi level marketing (MLM) diprediksi akan meningkat di kisaran 12-15 persen pada tahun ini.

Ketua Umum Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) Djoko Hartanto Komara mengatakan, tahun ini merupakan masa transisi antara offline ke online. Anggota APLI saat ini sudah melakukan upgrade kemampuan untuk memberikan infrastruktur kepada pengguna internet.

Untuk maju memang saat ini perusahaan harus online, oleh karena itu, anggota APLI akan menggunakan online baik komunikasi, presentasi dan edukasi. Peralihan antara generasi X ke Y akan lebih smooth sehingga kesempatan bisa lebih terbuka.

"Tahun 2016 naik 10%, tahun 2017 datanya keluar nanti Mei, tetapi untuk tahun 2018 kami harap akan naik di level 12%-15%," ujar Djoko di Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Asal tahu saja, sepanjang tahun lalu, APLI memprediksi pertumbuhan penjualan langsung melambat. Dibandingkan tahun 2016 yang naik 10%, justru pertumbuhan pada 2017 hanya sekitar 8%. Hal ini disebabkan adanya pengawasan ketat satgas investasi soal investasi.

Saat ini MLM memiliki dua metode, yakni skema bonus dengan piramida dan skema bonus penjualan. Skema bonus piramida yang mendasarkan bonus pada rekrutan inilah yang dipandang sebagai money game oleh satgas investasi.

"Makanya kami butuh penyelarasan aturan untuk mendeskripsikan ciri-ciri skema piramida," lanjutnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat meresmikan Bandung Techno Park (Foto: Humas)

Selasa, 16 Januari 2018 - 21:15 WIB

Bandung Techno Park Wujudkan Wirausaha Industri Digital

Kementerian Perindustrian memfasilitasi pembangunan Bandung Techno Park (BTP) sebagai salah satu pusat riset dan inovasi industri digital di Tanah Air seperti sektor elektronika dan telematika.

Menaker Hanif Dakiri didampingi oleh Andi Gani Nena Wea selaku Komisaris Utama PT PP (Persero) Tbk, M. Toha Fauzi selaku Direktur Infrastruktur PT PP (Persero) Tbk

Selasa, 16 Januari 2018 - 20:06 WIB

Kunjungan Menaker ke Proyek Terowongan Double Track Terpanjang di Indonesia

Jakarta-Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri melakukan peninjauan ke Proyek Pembangunan Notog BH 1440 yang merupakan salah satu proyek strategis Nasional (PSN).

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prastyo bersama Ketua Panitia Pelaksana Natal Bersama Dar Edi Yoga (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 16 Januari 2018 - 19:32 WIB

Ketua Dewan Pers Dukung Perayaan Natal Bersama Insan Pers

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prastyo menyambut gembira pelaksanaan Perayaan Natal Bersama Insan Pers yang akan diadakan besok sore ( Rabu, 17/1/2018 ) di RS Siloam Semanggi Jakarta.

Masjid Tokyo Camii & Turkish Culture Center di Jepang (Foto: matcha-jp.com)

Selasa, 16 Januari 2018 - 19:15 WIB

Berkunjung ke Tokyo Camii, Masjid Terbesar dan Indah di Jepang

Selain mengunjungi destinasi wisata alam dan berburu kuliner, Jepang juga mempunyai wisata religinya juga loh! Wisatawan Muslim, bisa mengunjungi Tokyo Camii & Turkish Culture Center yang termasuk…

Jongkie D Sugiarto, Co-Chairman Gaikindo (Foto: Herlambang/ INDUSTRY.co.id)

Selasa, 16 Januari 2018 - 19:05 WIB

Sepanjang Tahun 2017, Penjualan Mobil di Indonesia Capai 1.079.000 Unit

Sepanjang tahun 2017, penjualan mobil di Indonesia untuk semua jenis mencapai 1.079.000 unit. Angka tersebut naik 1,6% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.