Tahun Ini Industri MLM Diproyeksikan Tumbuh 12 Persen

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 13 Januari 2018 - 09:19 WIB

Ketua Umum Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) Djoko Hartanto Komara
Ketua Umum Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) Djoko Hartanto Komara

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Bisnis penjualan langsung atau multi level marketing (MLM) diprediksi akan meningkat di kisaran 12-15 persen pada tahun ini.

Ketua Umum Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) Djoko Hartanto Komara mengatakan, tahun ini merupakan masa transisi antara offline ke online. Anggota APLI saat ini sudah melakukan upgrade kemampuan untuk memberikan infrastruktur kepada pengguna internet.

Untuk maju memang saat ini perusahaan harus online, oleh karena itu, anggota APLI akan menggunakan online baik komunikasi, presentasi dan edukasi. Peralihan antara generasi X ke Y akan lebih smooth sehingga kesempatan bisa lebih terbuka.

"Tahun 2016 naik 10%, tahun 2017 datanya keluar nanti Mei, tetapi untuk tahun 2018 kami harap akan naik di level 12%-15%," ujar Djoko di Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Asal tahu saja, sepanjang tahun lalu, APLI memprediksi pertumbuhan penjualan langsung melambat. Dibandingkan tahun 2016 yang naik 10%, justru pertumbuhan pada 2017 hanya sekitar 8%. Hal ini disebabkan adanya pengawasan ketat satgas investasi soal investasi.

Saat ini MLM memiliki dua metode, yakni skema bonus dengan piramida dan skema bonus penjualan. Skema bonus piramida yang mendasarkan bonus pada rekrutan inilah yang dipandang sebagai money game oleh satgas investasi.

"Makanya kami butuh penyelarasan aturan untuk mendeskripsikan ciri-ciri skema piramida," lanjutnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Walikota Bandung Ridwan Kamil. (Foto: beastudiindonesia.net)

Minggu, 24 Juni 2018 - 06:00 WIB

Setelah Cuti 130 Hari, Kang Emil Kembali Jabat Walikota Bandung

Ridwan Kamil kembali menjabat sebagai Wali Kota Bandung setelah sebelumnya sempat cuti untuk ikut dalam kontestasi pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

Jababeka dok

Sabtu, 23 Juni 2018 - 20:57 WIB

Setelah Morotai dan Tanjung Lesung, Jababeka Incar KEK di Bangka Belitung

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. (kode saham KIJA) memberi sinyal hendak mengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) di Provinsi Bangka Belitung.

Penyanyi Ed Sheeran. (Foto: NME)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 19:30 WIB

Ed Sheeran Akui Tak Gunakan Layanan Streaming Musik

Ed Sheeran rupanya tidak pernah menggunakan jasa layanan streaming musik untuk mempromosikan lagu-lagunya. Seperti yang diketahui, Shape of You milik Ed Sheeran menjadi salah satu lagu yang…

Kementerian Perindustrian. (Fofo: kemenperin.go.id)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:52 WIB

Kemenperin Tengah Godok Insentif Penerapan Industri Hijau

Kementerian Perindustrian mewacanakan insentif fiskal dan nonfiskal sebagai upaya untuk menerapkan industri hijau yang bersifat wajib.

Ribuan UMKM memadati acara sosialisasi PPh Final UMKM 0,5% yang dilakukan Presiden Jokowi di Sanur, Bali, Sabtu (23/6). (Dok: Kemenkop)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:44 WIB

UMKM Bali Antusias Sambut Penurunan PPh Final 0,5 Persen

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di provinsi Bali menyambut baik kebijakan pemerintah menurunkan pajak penghasilan (PPh) final UMKM yang semula 1% menjadi 0,5% mulai 1 Juli 2018…