Tahun Ini Industri MLM Diproyeksikan Tumbuh 12 Persen

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 13 Januari 2018 - 09:19 WIB

Ketua Umum Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) Djoko Hartanto Komara
Ketua Umum Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) Djoko Hartanto Komara

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Bisnis penjualan langsung atau multi level marketing (MLM) diprediksi akan meningkat di kisaran 12-15 persen pada tahun ini.

Ketua Umum Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) Djoko Hartanto Komara mengatakan, tahun ini merupakan masa transisi antara offline ke online. Anggota APLI saat ini sudah melakukan upgrade kemampuan untuk memberikan infrastruktur kepada pengguna internet.

Untuk maju memang saat ini perusahaan harus online, oleh karena itu, anggota APLI akan menggunakan online baik komunikasi, presentasi dan edukasi. Peralihan antara generasi X ke Y akan lebih smooth sehingga kesempatan bisa lebih terbuka.

"Tahun 2016 naik 10%, tahun 2017 datanya keluar nanti Mei, tetapi untuk tahun 2018 kami harap akan naik di level 12%-15%," ujar Djoko di Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Asal tahu saja, sepanjang tahun lalu, APLI memprediksi pertumbuhan penjualan langsung melambat. Dibandingkan tahun 2016 yang naik 10%, justru pertumbuhan pada 2017 hanya sekitar 8%. Hal ini disebabkan adanya pengawasan ketat satgas investasi soal investasi.

Saat ini MLM memiliki dua metode, yakni skema bonus dengan piramida dan skema bonus penjualan. Skema bonus piramida yang mendasarkan bonus pada rekrutan inilah yang dipandang sebagai money game oleh satgas investasi.

"Makanya kami butuh penyelarasan aturan untuk mendeskripsikan ciri-ciri skema piramida," lanjutnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian YLKI

Jumat, 21 September 2018 - 15:40 WIB

YLKI: Putusan MA Soal Taksi Daring Kemunduran

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menilai putusan Mahkamah Agung (MA) yang membatalkan Peraturan Menteri Perhubungan tentang taksi daring merupakan…

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat memberikan sambutan dalam acara 'PropertyGuru Indonesia Property Awaeds' (Foto: Dok. Industry.co.id)

Jumat, 21 September 2018 - 15:30 WIB

Mendag Ajak Pengusaha Properti Berlomba-Lomba Sajikan Karya Terbaik

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengajak para developer tanah air untuk berlomba-lomba menyajikan karya terbaiknya agar mampu menarik minat konsumen.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (twitter.com/budikaryas)

Jumat, 21 September 2018 - 15:20 WIB

Kemenhub Pastikan Tak Ada Aplikasi Taksi Pemerintah

Kementerian Perhubungan mengklarifikasi bahwa tidak ada aplikasi taksi dalam jaringan (daring) yang dioperasikan oleh pemerintah.

THE BIG START INDONESIA Season 3 Umumkan 20 Finalis

Jumat, 21 September 2018 - 15:15 WIB

Kompetisi The Big Start Indonesia Season 3 Temukan Peserta Top 20

Setelah melaksanakan rangkaianroadshowlima kota di Bandung, Yogyakarta,DenpasarBali, Surabaya dan Jakarta,The Big Start Indonesia Season 3berhasil menarik ribuan peminat dan menyortirnya menjadi…

New Yogyakarta International/ NYIA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 21 September 2018 - 15:00 WIB

Tahun Depan NYIA Bisa Dioperasionalkan

PT Angkasa Pura I optimistis proyek pembangunan bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, beroperasi pada April 2019.