Provinsi Papua Terima 10 Persen Dividen PT Freeport

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 13 Januari 2018 - 09:11 WIB

Tambang Freeport (dok Freeport-Mcmooran)
Tambang Freeport (dok Freeport-Mcmooran)

INDUSTRY.co.id - Jayapura - Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan Provinsi Papua juga menerima dividen selain kepemilikan saham sebesar 10 persen atas PT Freeport Indonesia.

Selain saham Provinsi Papua dan Kabupaten Mimika akan menerima dividen yang dibagi setiap tahun dari perusahaan tembang emas tersebut sebesar 6 persen dari 10 persen, katanya dalam siaran persnya kepada awak media di Jayapura, Sabtu (13/1/2017)

Menurut Eltinus, sebenarnya dividen tahunan yang diterima dari Freeport sebanyak 10 persen. Namun, dibagi sebesar 4 persen untuk pemerintah pusat, sementara 6 persen untuk Provinsi Papua.

Dari 6 persen itu, dibagi lagi 1 persen untuk provinsi, 2,5 persen untuk 27 kabupaten, dan sisanya untuk Kabupaten Mimika.

Dijelaskan pula bahwa 10 persen saham yang kini dikuasai Papua, 3 persennya akan dikelola pemerintah provinsi, sementara 7 persen sisanya dikelola Pemkab Mimika, 3 persen di antaranya akan dibagi ke 27 kabupaten.

Sebanyak 3 persen lagi, kata dia, akan diserahkan kepada masyarakat pemilik hak ulayat, sedangkan 1 persen sisanya menjadi saham tetap.

Ia menjelaskan bahwa sisa 1 persen, pihaknya tidak mau mengambil semua. Intinya, jangan sampai kosong saham di Freeport.

Sebanyak 10 persen saham yang akan diberikan ke Papua, dikelola bersama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang nantinya dibentuk bersama dengan pemerintah provinsi.

Dengan demikian, akan diatur sedemikian rupa agar semua pihak yang nantinya duduk sebagai direksi maupun lainnya pada BUMD itu benar-benar berkompeten serta mampu mengemban tugas besar mengelola dana hasil tambang.

Selanjutnya, dipergunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat di atas negeri ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Dody Budi Waluyo Deputi Gubernur BI (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 April 2018 - 17:56 WIB

BI: Bunga Acuan Ditahan Tidak Picu Outflow

Bank Indonesia meyakini modal asing yang masuk ke domestik tidak akan lari ke negara maju (outflow) secara signifikan, meskipun bunga acuan Bank Sentral ditahan pada 4,25 persen, sementara negara…

Mendag Enggartiasto Lukita (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 April 2018 - 17:48 WIB

Mendag Enggar Jamin Harga Pangan Terkendali Jelang Ramadhan

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjamin bahwa menjelang masuknya bulan Ramadhan, harga dan stok pangan pokok dalam kondisi yang terkendali dan tidak perlu ada yang dikhawatirkan oleh…

Mantan Direktur Utama Pertamina,Elia Massa Manik (ist)

Jumat, 20 April 2018 - 17:41 WIB

Lima Alasan Kementerian BUMN Copot Dirut Pertamina

- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berdasarkan hasil rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPS LB) PT Pertamina (Persero) di Jakarta, Jumat, mencopot Direktur Utama PT Pertamina…

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita

Jumat, 20 April 2018 - 17:00 WIB

TEI 2018 Incar Pasar Negara-Negara Afrika

Pameran dagang berskala internasional Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 mengincar peluang pasar yang ada di negara-negara Afrika dengan berupaya mendatangkan banyak pelaku usaha dari negara-negara…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Jumat, 20 April 2018 - 16:57 WIB

Dihadapan Mahasisawa Tandulako, Menperin Dorong Generasi Milenial Jadi Enterpreneur

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto terus mendorong generasi milenial khususnya di Provinsi Palu, Sulawesi Tengah untuk menjadi enterpreneur atau start-up muda.