Provinsi Papua Terima 10 Persen Dividen PT Freeport

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 13 Januari 2018 - 09:11 WIB

Tambang Freeport (dok Freeport-Mcmooran)
Tambang Freeport (dok Freeport-Mcmooran)

INDUSTRY.co.id - Jayapura - Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan Provinsi Papua juga menerima dividen selain kepemilikan saham sebesar 10 persen atas PT Freeport Indonesia.

Selain saham Provinsi Papua dan Kabupaten Mimika akan menerima dividen yang dibagi setiap tahun dari perusahaan tembang emas tersebut sebesar 6 persen dari 10 persen, katanya dalam siaran persnya kepada awak media di Jayapura, Sabtu (13/1/2017)

Menurut Eltinus, sebenarnya dividen tahunan yang diterima dari Freeport sebanyak 10 persen. Namun, dibagi sebesar 4 persen untuk pemerintah pusat, sementara 6 persen untuk Provinsi Papua.

Dari 6 persen itu, dibagi lagi 1 persen untuk provinsi, 2,5 persen untuk 27 kabupaten, dan sisanya untuk Kabupaten Mimika.

Dijelaskan pula bahwa 10 persen saham yang kini dikuasai Papua, 3 persennya akan dikelola pemerintah provinsi, sementara 7 persen sisanya dikelola Pemkab Mimika, 3 persen di antaranya akan dibagi ke 27 kabupaten.

Sebanyak 3 persen lagi, kata dia, akan diserahkan kepada masyarakat pemilik hak ulayat, sedangkan 1 persen sisanya menjadi saham tetap.

Ia menjelaskan bahwa sisa 1 persen, pihaknya tidak mau mengambil semua. Intinya, jangan sampai kosong saham di Freeport.

Sebanyak 10 persen saham yang akan diberikan ke Papua, dikelola bersama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang nantinya dibentuk bersama dengan pemerintah provinsi.

Dengan demikian, akan diatur sedemikian rupa agar semua pihak yang nantinya duduk sebagai direksi maupun lainnya pada BUMD itu benar-benar berkompeten serta mampu mengemban tugas besar mengelola dana hasil tambang.

Selanjutnya, dipergunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat di atas negeri ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Rabu, 19 September 2018 - 05:00 WIB

Percepatan dan Kredibilitas ISPO, Solusi Jitu Melawan Issue Negatif

Komoditas kelapa sawit terus menjadi sasaran dalam perang dagang dengan negara-negara pasar, khususnya Uni Eropa dengan tuduhan merusak lingkungan, memicu emisi gas rumah kaca, deforestasi,…

Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Selamatta Sembiring (Foto: Dok. Kominfo)

Selasa, 18 September 2018 - 22:04 WIB

Kemenkominfo Imbau Anak Muda Bijak Bermedsos dan Jaga Persatuan Bangsa

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengimbau anak muda bijakmemanfaatkan media sosial dan menjaga persatuan bangsa. Pasalnya, ada banyak penyalahgunaan media sosial dengan…

Seminar Nasional Terowongan Kementerian PUPR

Selasa, 18 September 2018 - 21:43 WIB

Kementerian PUPR Terus Dorong Inovasi Teknologi Pembangunan Terowongan

Keberadaan terowongan dalam pembangunan jalan akan mempersingkat jarak dibandingkan pembangunan jalan yang harus memutar perbukitan atau pegunungan.

Presiden dan CEO Manhattan Associates Eddie Capel saat mengumumkan sistem pergudangan terintegrasi (Foto: Dok. Manhattan)

Selasa, 18 September 2018 - 21:30 WIB

Manhattan Associates Umumkan Penyempurnaan Sistem Pergudangan Terintegrasi

Manhattan Associates Inc. (NASDAQ: MANH) hari ini mengumumkan penyempurnaan yang signifikan terhadap solusi andalannyaWarehouse Management Solution(WMS)atau Solusi Pengelolaan Gudang.

Kadin

Selasa, 18 September 2018 - 21:05 WIB

Kadin Minta Pemerintah Tak Ikut Arus Perdagangan Global

Ketua Komite Tetap Pengembangan Ekspor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Handito Joewono meminta pemerintah tidak ikut arus perdagangan global.