2017, Premi Asuransi Usaha Budidaya Udang Capai Rp1,4 Miliar

Oleh : Wiyanto | Jumat, 12 Januari 2018 - 15:22 WIB

Udang Ilustrasi (ist)
Udang Ilustrasi (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan realisasi premi Asuransi Usaha Budidaya Udang (AUBU) sebesar Rp1,4 miliar hingga akhir 2017. Total pembudidaya sebanyak 2.004 dengan luas lahan 3.300 hektar.

Moh Ihsanuddin, Plt Deputi Komisioner Pengawas IKNB2 , menjelaskan provinsi yang mengikutsertakan AUBU ini di antaranya Aceh, Sumut, Lampung, banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, NTB, Sulsel, Sulteng, Gorontalo, dan Sulbar.

“Asuransi budidaya udang meningkat,” ujar dia di Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Ia menjelaskan risiko yang dijamin yaitu penyakit yang mengakibatkan matinya udang yang diasuransikan atau kegagalan usaha yang disebabkan oleh bencana alam sehingga menyebabkan kerusakan sarana pembudidayaan mencapai lebih dari 50%.

Sementara harga pertanggungannya dihitung dari biaya modal usaha yang dikeluarkan untuk pembelian benur, pakan dan persiapan lahan. Harga pertanggungan RP5 Juta per siklus panen dan batas maksimum ganti rugi sebesar Rp15 juta setahun.

Adapun rate premi 3% pertahun dengan ganti rugi maksimum 3 kalii dalam setahun. Dalam halklaim siklus panen kedua adanya penyait udang, maka hars disertai bukti pembellian benur dan fasilitas pendukung panen yang dilakukan petambak sebelum memasuki siklus panen kedua.

“Polis standar asuransi usaha budidaya udang didukung peneapan managemen risiko dari KKP melalui cara budidaya yang baik serta polis basisnya open cover,” katanya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri Air Minum Dalam Kemasan (Ist)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:34 WIB

Pelindo III Kembangkan Bisnis Air Dalam Kemasan Incar Pemasok Kawasan Industri dan Terminal Pelabuhan

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara(BUMN) PT Pelindo III (Persero) mulai mengembangkan bisnisnya dengan mengincar pasar pemasok kebutuhan air bersih di kawasan industri dan terminal pelabuhan.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:10 WIB

Menteri Airlangga Pastikan Impor Bahan Baku Tidak Akan Dipersulit

Pemerintah tengah memfinalisasi peraturan pembatasan impor, hingga saat ini pengetatan lebih akan dilakukan terhadap barang konsumsi, tidak termasuk bahan baku dan barang modal.

Pariwisata Kalimantan (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:10 WIB

Sektor Pariwisata Jadi Andalan Kebijakan Penguatan Devisa

- Pariwisata menjadi sektor andalan dalam mendukung strategi kebijakan penguatan cadangan devisa karena memiliki "balance of payments" atau neraca pembayaran yang selalu surplus.

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:01 WIB

Sawit Sumbermas Sarana Kembangkan Bisnis Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa

Emiten perkebunan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) terus melebarkan sayap usaha dengan mengembangkan bisnis Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBM).

PT Alpha Momentum Indonesia (AMI), perusahaan modal ventura akan menggelar event perdananya, Starthub Connect di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang pada 13 September 2018.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:58 WIB

Alpha Momentum Indonesia akan Gelar Event Pertamanya Starthub Connect

PT Alpha Momentum Indonesia (AMI), perusahaan modal ventura akan menggelar event perdananya, Starthub Connect di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang pada 13…