2017, Premi Asuransi Usaha Budidaya Udang Capai Rp1,4 Miliar

Oleh : Wiyanto | Jumat, 12 Januari 2018 - 15:22 WIB

Udang Ilustrasi (ist)
Udang Ilustrasi (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan realisasi premi Asuransi Usaha Budidaya Udang (AUBU) sebesar Rp1,4 miliar hingga akhir 2017. Total pembudidaya sebanyak 2.004 dengan luas lahan 3.300 hektar.

Moh Ihsanuddin, Plt Deputi Komisioner Pengawas IKNB2 , menjelaskan provinsi yang mengikutsertakan AUBU ini di antaranya Aceh, Sumut, Lampung, banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, NTB, Sulsel, Sulteng, Gorontalo, dan Sulbar.

“Asuransi budidaya udang meningkat,” ujar dia di Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Ia menjelaskan risiko yang dijamin yaitu penyakit yang mengakibatkan matinya udang yang diasuransikan atau kegagalan usaha yang disebabkan oleh bencana alam sehingga menyebabkan kerusakan sarana pembudidayaan mencapai lebih dari 50%.

Sementara harga pertanggungannya dihitung dari biaya modal usaha yang dikeluarkan untuk pembelian benur, pakan dan persiapan lahan. Harga pertanggungan RP5 Juta per siklus panen dan batas maksimum ganti rugi sebesar Rp15 juta setahun.

Adapun rate premi 3% pertahun dengan ganti rugi maksimum 3 kalii dalam setahun. Dalam halklaim siklus panen kedua adanya penyait udang, maka hars disertai bukti pembellian benur dan fasilitas pendukung panen yang dilakukan petambak sebelum memasuki siklus panen kedua.

“Polis standar asuransi usaha budidaya udang didukung peneapan managemen risiko dari KKP melalui cara budidaya yang baik serta polis basisnya open cover,” katanya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Standard Chartered Bank memprediksikan tahun ini pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tembus 5,2 persen.

Senin, 22 Januari 2018 - 20:37 WIB

Standard Chartered Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi RI 5,2 Persen

Standard Chartered Bank memprediksikan tahun ini pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tembus 5,2 persen. Pertumbuhan tersebut didorong oleh berlanjutnya proyek infrastruktur pemerintah, pemulihan…

Bank BRI. (Irvan AF/INDUSTRY.co.id)

Senin, 22 Januari 2018 - 20:35 WIB

Bambang Tribaroto, Juru Bicara Bank BRI yang Baru

Jakarta-PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. melakukan pergantian Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan. Sebelumnya, posisi ini dijabat oleh Hari Siaga Amijarso sejak Oktober 2015. Bambang…

Proyek KA Bandara Soekarno Hatta (Ist)

Senin, 22 Januari 2018 - 20:15 WIB

Kemenhub Pastikan 13 Proyek KA Siap Beroperasi Tahun Ini

Sebanyak 13 proyek kereta api siap beroperasi sepanjang 2018 sebagai upaya percepatan kinerja Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Menteri PANRB, Asman Abnur.

Senin, 22 Januari 2018 - 20:12 WIB

Ini Fokus Kinerja Kemenpan RB di 2018

Jakarta Sejumlah program kerja Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tahun 2018 fokus pada 6 hal yang menjadi resolusi yang tidak lepas dari nilai-nilai organisasi…

Ilustrasi Pendaftar CPNS

Senin, 22 Januari 2018 - 20:05 WIB

Menkeu Setuju Penerimaan PNS 37 Ribu

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) 37 ribu sudah cukup baik.