2017, Premi Asuransi Usaha Budidaya Udang Capai Rp1,4 Miliar

Oleh : Wiyanto | Jumat, 12 Januari 2018 - 15:22 WIB

Udang Ilustrasi (ist)
Udang Ilustrasi (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan realisasi premi Asuransi Usaha Budidaya Udang (AUBU) sebesar Rp1,4 miliar hingga akhir 2017. Total pembudidaya sebanyak 2.004 dengan luas lahan 3.300 hektar.

Moh Ihsanuddin, Plt Deputi Komisioner Pengawas IKNB2 , menjelaskan provinsi yang mengikutsertakan AUBU ini di antaranya Aceh, Sumut, Lampung, banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, NTB, Sulsel, Sulteng, Gorontalo, dan Sulbar.

“Asuransi budidaya udang meningkat,” ujar dia di Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Ia menjelaskan risiko yang dijamin yaitu penyakit yang mengakibatkan matinya udang yang diasuransikan atau kegagalan usaha yang disebabkan oleh bencana alam sehingga menyebabkan kerusakan sarana pembudidayaan mencapai lebih dari 50%.

Sementara harga pertanggungannya dihitung dari biaya modal usaha yang dikeluarkan untuk pembelian benur, pakan dan persiapan lahan. Harga pertanggungan RP5 Juta per siklus panen dan batas maksimum ganti rugi sebesar Rp15 juta setahun.

Adapun rate premi 3% pertahun dengan ganti rugi maksimum 3 kalii dalam setahun. Dalam halklaim siklus panen kedua adanya penyait udang, maka hars disertai bukti pembellian benur dan fasilitas pendukung panen yang dilakukan petambak sebelum memasuki siklus panen kedua.

“Polis standar asuransi usaha budidaya udang didukung peneapan managemen risiko dari KKP melalui cara budidaya yang baik serta polis basisnya open cover,” katanya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pelabuhan (Ist)

Selasa, 19 Juni 2018 - 20:15 WIB

PORT Bidik Rights Issue Senilai Rp1,1 Triliun

INDUSTRY.co.id - PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (PORT) siap melakukan rights issue 1,5 miliar lembar saham.

Ilustrasi Ekspor (ist)

Selasa, 19 Juni 2018 - 20:00 WIB

Komoditi Indonesia Tertekan Perang Dagang AS-China

INDUSTRY.co.id - Perang dagang AS dan China diperkirakan akan berdampak ke ekonomi Indonesia. AS menerapkan tarif hingga 25 persen dari barang impor China, tak mau kalah China akan membalas…

Pariwisata Kalimantan (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Juni 2018 - 19:00 WIB

Pariwisata Kalteng Miliki Potensi Luar Biasa Tapi Kurang Promosi

Ketua Komisi C DPRD Kalimantan Tengah, Syamsul Hadi, menilai objek wisata di provinsi ini memiliki potensi yang luar biasa, namun promosinya sangat minim sehingga kurang optimal dalam menarik…

OPEC (Foto Ist)

Selasa, 19 Juni 2018 - 18:54 WIB

AS-China Turunkan Harga Minyak, OPEC Akan Tentukan Produksi Minyak

INDUSTRY.co.id - Saudi Arabia Pemimpin Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) dan Rusia mengusulkan pengurangan produksi namun ditentang sebagian anggota OPEC lainnya. Hal…

Megawati Sukarno Putri. (Foto: IST)

Selasa, 19 Juni 2018 - 18:00 WIB

Ketum PDI-P Dijadwalkan Hadiri Haul Bung Karno di Blitar

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dijadwalkan menghadiri acara haul ayahnya, Soekarno (Bung Karno), yang masih dalam satu rangkaian peringatan bulan Bung Karno di kawasan makam, Kelurahan…