2017, Premi Asuransi Usaha Budidaya Udang Capai Rp1,4 Miliar

Oleh : Wiyanto | Jumat, 12 Januari 2018 - 15:22 WIB

Udang Ilustrasi (ist)
Udang Ilustrasi (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan realisasi premi Asuransi Usaha Budidaya Udang (AUBU) sebesar Rp1,4 miliar hingga akhir 2017. Total pembudidaya sebanyak 2.004 dengan luas lahan 3.300 hektar.

Moh Ihsanuddin, Plt Deputi Komisioner Pengawas IKNB2 , menjelaskan provinsi yang mengikutsertakan AUBU ini di antaranya Aceh, Sumut, Lampung, banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, NTB, Sulsel, Sulteng, Gorontalo, dan Sulbar.

“Asuransi budidaya udang meningkat,” ujar dia di Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Ia menjelaskan risiko yang dijamin yaitu penyakit yang mengakibatkan matinya udang yang diasuransikan atau kegagalan usaha yang disebabkan oleh bencana alam sehingga menyebabkan kerusakan sarana pembudidayaan mencapai lebih dari 50%.

Sementara harga pertanggungannya dihitung dari biaya modal usaha yang dikeluarkan untuk pembelian benur, pakan dan persiapan lahan. Harga pertanggungan RP5 Juta per siklus panen dan batas maksimum ganti rugi sebesar Rp15 juta setahun.

Adapun rate premi 3% pertahun dengan ganti rugi maksimum 3 kalii dalam setahun. Dalam halklaim siklus panen kedua adanya penyait udang, maka hars disertai bukti pembellian benur dan fasilitas pendukung panen yang dilakukan petambak sebelum memasuki siklus panen kedua.

“Polis standar asuransi usaha budidaya udang didukung peneapan managemen risiko dari KKP melalui cara budidaya yang baik serta polis basisnya open cover,” katanya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BAZNAS (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 Januari 2018 - 20:32 WIB

Baznas Kirim Klinik Keliling untuk Pengungsi Myanmar

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) akan mengirim klinik keliling untuk pengungsi etnis Rohingya di Bangladesh sebagai bagian dari upaya lanjutan membantu meringankan beban korban yang terusir…

Pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 Januari 2018 - 20:27 WIB

Jelang Sumut 1, PAN Sumut Matangkan Pemenangan Edy-Ijeck

Partai Amanat Nasional mematangkan persiapan untuk memenangkan pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur di Sumatera Utara.

Pabrik Semen Baturaja (Bm)

Jumat, 19 Januari 2018 - 20:21 WIB

Perluas Pasar, Semen Baturaja Bangun Proyek Cement Mill d Jambi

Perseoran Terbatas Semen Baturaja berencana berinvestasi dengan membangun proyek "cement mill" dan "packing plant" di Kota Jambi, Provinsi Jambi, sebagai upaya memperluas sebaran pasar semen…

Bursa Efek Indonesia (Foto Rizki Meirino)

Jumat, 19 Januari 2018 - 20:16 WIB

Fundamental Ekonomi Nasional Kuat, Kinerja IHSG Tahun Politik Positif

Bursa Efek Indonesia optimistis kinerja indeks harga saham gabungan pada 2018 yang merupakan tahun politik akan tetap membukukan hasil positif.

Dirjen Industri Agro, Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto

Jumat, 19 Januari 2018 - 18:45 WIB

Kemenperin Targetkan Industri Pengolahan Ikan Tumbuh 10 Persen pada 2018

Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Panggah Susanto mengatakan, potensi perikanan di Indonesia masih berpotensi untuk ditingkatkan.