2017, Volume Angkutan Batu Bara Pelita Samudera Tumbuh 31 Persen

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 12 Januari 2018 - 13:06 WIB

Produsen Batubara
Produsen Batubara

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) berhasil membukukan volume jasa angkutan batu bara sebanyak 30,4 juta ton pada 2017, tumbuh sekitar 31% dibandingkan dengan realisasi 2016 sebanyak 23,24 juta ton.

Jasa angkutan batu bara yang dilaksanakan perseroan terdiri dari jasa angkutan batu bara yang dilayani oleh kapal tunda dan kapal tongkang (tug dan barge) sebanyak 9,8 juta ton dan layanan jasa fasilitas muatan apung (floating loading facility) sebanyak 20,6 juta ton.

Dalam siaran pers di Jakarta, Imelda Agustina Klagoes, mengungkapkan, jika dibandingkan dengan realisasi pada 2016 sebanyak 6,49 juta ton, maka jasa angkutan batu bara yang dilayani oleh kapal tunda dan kapal tongkang perseroan mengalami pertumbuhan 51%.

Bahkan, angka tersebut juga masih lebih tinggi 49% dibandingkan target jasa angkutan batu bara yang dilayani oleh kapal tunda dan kapal tongkang perseroan, yaitu sebanyak 6,58 juta ton.

Sementara itu, demikian Imelda, jika dibandingkan dengan realisasi 2016 sebanyak 16,75 juta ton, maka layanan jasa fasilitas muatan apung (floating loading facility) perseroan tersebut meningkat 23%. Bahkan, lebih tinggi 30% dibanding target sebelumnya sebanyak 15,85 juta ton.

Imelda mengungkapkan, peningkatan volume jasa angkutan batu bara PSSI pada 2017 tersebut mendorong pendapatannya naik 34% dibandingkan pada 2016. Itu adalah usaha keras perseroan yang selalu melakukan efisiensi biaya, terutama biaya teknis, yang sudah mulai dilaksanakan sejak 2015.

Adapun efisiensi biaya teknis yang dilakukan perseroan meliputi pemantauan ketat terhadap penggunaan bahan bakar dan minyak diesel.

Karena itu, menurut Imelda, tingginya utilisasi armada kapal perseroan ditambah dengan penambahan berbagai kapal baru ini diharapkan dapat terus mendorong pertumbuhan volume dan pendapatan perseroan yang lebih tinggi pada 2018. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT PP

Jumat, 20 Juli 2018 - 21:04 WIB

Dewan Komisaris PTPP Kunjungi Proyek Runway 3 Bandara dan Urbantown

Jakarta PT PP Tbk tengah mengerjakan proyek pembangunan Runway 3 Section 2 Bandara Soekarno Hatta. Melihat kebutuhan Runway Eksisting yang ada saat ini sudah melebihi kapasitas, maka diperlukan…

China dan Amerika

Jumat, 20 Juli 2018 - 20:04 WIB

Perang Dagang, RI berpotensi jadi Repacking produk China

Dirjen Perundingan Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Iman Pambagyo mengungkapkan beberapa hal yang harus diwaspadai dari perang dagang AS-China. Salah satunya adalah…

Pameran "Karya Kreatif Indonesia-Pameran Kerajinan UMKM Binaan Bank Indonesia

Jumat, 20 Juli 2018 - 19:52 WIB

BI Terapkan Tiga Hal Ini Pasarkan UMKM Go Internasional

Bank Indonesia (BI) menyatakan, pameran "Karya Kreatif Indonesia-Pameran Kerajinan UMKM Binaan Bank Indonesia tidak saja untuk mengangkat karya kreatif dan UMKM binaan BI kepada masyarakat luas,…

Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 Juli 2018 - 17:50 WIB

Pemerintah Harus Dorong Intensifikasi Jagung Nasional

Pemerintah harus dapat mendorong beragam upaya intensifikasi dalam rangka meningkatkan produktivitas komoditas jagung nasional sehingga ke depannya Indonesia juga bisa benar-benar berswasembada…

Telur ayam (Foto Dok Industry.c.id)

Jumat, 20 Juli 2018 - 17:45 WIB

Pemerintah Perlu Dalami Permasalahan Pasokan Telur Ayam

Pemerintah perlu benar-benar mendalami berbagai hal yang terkait dengan permasalahan berkurangnya pasokan telur ayam ke berbagai daerah yang juga mengakibatkan melonjaknya harga komoditas tersebut.