2017, Volume Angkutan Batu Bara Pelita Samudera Tumbuh 31 Persen

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 12 Januari 2018 - 13:06 WIB

Produsen Batubara
Produsen Batubara

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) berhasil membukukan volume jasa angkutan batu bara sebanyak 30,4 juta ton pada 2017, tumbuh sekitar 31% dibandingkan dengan realisasi 2016 sebanyak 23,24 juta ton.

Jasa angkutan batu bara yang dilaksanakan perseroan terdiri dari jasa angkutan batu bara yang dilayani oleh kapal tunda dan kapal tongkang (tug dan barge) sebanyak 9,8 juta ton dan layanan jasa fasilitas muatan apung (floating loading facility) sebanyak 20,6 juta ton.

Dalam siaran pers di Jakarta, Imelda Agustina Klagoes, mengungkapkan, jika dibandingkan dengan realisasi pada 2016 sebanyak 6,49 juta ton, maka jasa angkutan batu bara yang dilayani oleh kapal tunda dan kapal tongkang perseroan mengalami pertumbuhan 51%.

Bahkan, angka tersebut juga masih lebih tinggi 49% dibandingkan target jasa angkutan batu bara yang dilayani oleh kapal tunda dan kapal tongkang perseroan, yaitu sebanyak 6,58 juta ton.

Sementara itu, demikian Imelda, jika dibandingkan dengan realisasi 2016 sebanyak 16,75 juta ton, maka layanan jasa fasilitas muatan apung (floating loading facility) perseroan tersebut meningkat 23%. Bahkan, lebih tinggi 30% dibanding target sebelumnya sebanyak 15,85 juta ton.

Imelda mengungkapkan, peningkatan volume jasa angkutan batu bara PSSI pada 2017 tersebut mendorong pendapatannya naik 34% dibandingkan pada 2016. Itu adalah usaha keras perseroan yang selalu melakukan efisiensi biaya, terutama biaya teknis, yang sudah mulai dilaksanakan sejak 2015.

Adapun efisiensi biaya teknis yang dilakukan perseroan meliputi pemantauan ketat terhadap penggunaan bahan bakar dan minyak diesel.

Karena itu, menurut Imelda, tingginya utilisasi armada kapal perseroan ditambah dengan penambahan berbagai kapal baru ini diharapkan dapat terus mendorong pertumbuhan volume dan pendapatan perseroan yang lebih tinggi pada 2018. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pelayanan Jamkrindo. (Foto: Istimewa)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:54 WIB

Perum Jamkrindo Terima 30 Mahasiswa Program Magang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia meneriman sebanyak 30 orang Mahasiswa magang dari Vokasi Universitas Indonesia, Universitas Negeri…

Agus Harmurti Yudhoyono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Terima Kasih AHY, GN, RR, dan MMD!

Kita dapat menilai budi pekerti seseorang dari kenyataan sikap diri menghadapi musibah yang menimpa.

Melany Dian Risiyantie,

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:34 WIB

Melany Dian Risiyantie Nilai Artis Nyaleg Punya Nilai Positif & Negatif

Dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Legislatif yang sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin, 13/8, kemarin terdapat 54 orang nama artis atau selebritas. Hal ini menunjukkan dunia…

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:32 WIB

Kementerian PUPR Terapkan Teknologi RISHA Rekonstruksi Rumah di Lombok

Konstruksi rumah tahan gempa diperlukan sebagai mitigasi bencana karena wilayah Lombok termasuk salah satu wilayah rawan gempa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:20 WIB

Beda Koalisi dengan Jokowi, Asman Abnur Bukan Lagi Menteri Aparatur Negara

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Dengan begitu, Abnur bukan lagi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…