Resmikan Gedung Baru di Cepu, Menteri ESDM Dorong PEM Akamigas Kembalikan Reputasi

Oleh : Hariyanto | Jumat, 12 Januari 2018 - 10:56 WIB

Menteri ESDM Ignasius Jonan resmikan gedung baru PEM Akamigas di Cepu
Menteri ESDM Ignasius Jonan resmikan gedung baru PEM Akamigas di Cepu

INDUSTRY co.id -Cepu - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meresmikan gedung baru di Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas, Cepu, Blora Jawa Tengah, Kamis (11/1/2018).

Peresmian tersebut ditandai dengan pemberian nama gedung oleh Jonan, yakni Gedung Soebroto, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti. Jonan menekankan kepada para Civitas Akademika PEM Akamigas untuk meningkatkan proses belajar mengajar dan kualitas lulusan PEM Akamigas.

"Kalau gedungnya baru, ini mestinya gedungnya baik, bila dibandingkan dengan universitas negeri yang saya kunjungi, ini kualitasnya tidak kalah. Saya minta kualitas proses belajar mengajar dan kualitas lulusan juga tidak boleh kalah," ujar Jonan.

Jonan juga menegaskan agar lulusan PEM Akamigas siap kerja di perusahaan-perusahaan sektor ESDM. Alasanya adalah karena PEM Akamigas merupakan sekolah khusus, bukan sekolah umum, maka kualitas lulusan harus siap kerja.

"Ini PR besar untuk Civitas Akademika disini. Saya minta Kepala BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) untuk bisa menjamin kalau (mahasiswa) lulus dari sini harus siap kerja. Kalau IPK di atas 3,00, Kepala BPSDM lapor ke saya untuk saya salurkan ke KKKS," tutur Jonan.

Selain itu, Jonan juga meminta agar seluruh Civitas Akademika PEM Akamigas untuk membangun reputasi Akamigas seperti 30 tahun yang lalu, mencetak lulusan-lulusan yang handal dan menjadi pimpinan di perusahaan migas.

"Saya minta dikejar lagi supaya Akamigas reputasinya kembali seperti 30 tahun yang lalu. Bisa nggak? Tergantung Anda semua, tergantung Civitas Akademika di sini. Saya minta harus membangun kembali reputasi Akamigas seperti 30 tahun yang lalu," lontar Jonan.

Untuk membangun kembali reputasi tersebut, salah satu caranya adalah dengan mendatangkan pengajar dari praktisi di bidang ESDM. " Ini pengajar separuh harus dari praktisi. Karena ini sekolah khusus, pengajarnya separuh harus praktisi. Kalau mayoritas akademisi, pasti sekolah ini tidak ke mana-ke mana, tidak bisa jalan," tutur Jonan.

Gedung kuliah yang baru saja selesai dibangun ini merupakan bagian dari gedung kuliah eksisting yang ditingkatkan kapasitasnya.

"Peningkatan kapasitas tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kebutuhan kelas bagi mahasiswa dengan proyeksi kenaikan jumlah mahasiswa hingga 1000 orang pada tahun 2018," jelas Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja.

Gedung kuliah baru tersebut terdiri dari 4 lantai dengan luas 4.032 m2, terdiri dari dua ruang komunal di Lantai 1 dan 26 ruang kelas di Lantai 2, 3 dan Lantai 4 dengan ukuran kelas yang beragam. "Penambahan 26 ruang kelas tersebut akan memenuhi kebutuhan kegiatan belajar yang semula hanya terdiri dari 50 kelas," tambah Wiratmaja.

PEM Akamigas adalah transformasi dari STEM Akamigas, sekaligus telah resmi juga menjadi instansi pemerintah yang yang menerapkan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum (BLU).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion