Menteri Jonan Sampaikan Tiga Hal ini di Simposium JCAE 2018 Bali

Oleh : Hariyanto | Jumat, 12 Januari 2018 - 10:31 WIB

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

INDUSTRY co.idDenpasar - Pada pembukaan Simposium The Journal of Contemporary Accounting and Economics (JCAE) 2018, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan berpesan tiga hal penting yang berkaitan dengan profesi seorang akuntan, yaitu membantu tugas Pemerintah, efisiensi harga, dan pemerataan dengan keterjangkauan.

"Ada tiga hal penting yang saya tekankan terkait profesi anda, yaitu meringankan tugas Pemerintah, efisiensi harga dan pemerataan dengan keterjangkauan," ujar Jonan dalam sambutannya pada acara JCAE 2018, Kamis (11/1/2018).

Tiga hal tersebut juga diimplementasikan Jonan selama hampir dua tahun menata sektor ESDM. Jonan terus menciptakan Pemerintahan yang bersih dengan menerapkan inovasi kebijakan teknologi. "Ini misi besar. Saya harap anda mendukung inisiatif penerapan teknologi," harapnya.

Mengenai efisiensi, Jonan menjelaskan hal tersebut menjadi kunci utama perekonomian global. "Ekonomi global ke depan bukan hanya mengenai ekspansi pasar, bukan pula mengenai penciptaan teknologi baru, tapi soal efisiensi," jelas Jonan.

Salah satu penerapan efisensi harga di sektor energi adalah pengerjaan proyek Lapangan Jangkrik. Jonan mencontohkan proses penyelesaian proyek tersebut 6 bulan lebih cepat dari target yang ditetapkan dan memangkas 10% dari total investasi sebesar 4,3 miliar dolar AS.

Sementara, pemerataan dibuktikan dengan meningkatnya rasio elektrifikasi pada tahun 2017 yang mencapai 94,91%. "Ini adalah tanggung jawab saya untuk memperkecil Rasio Gini nasional melalui percepatan elektrifikasi, meningkatkan rasio elektrifikasi dan mendorong keterjangkauan harga," tegasnya.

JCAE merupakan simposium tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga bekerja sama dengan The Hongkong Polytechnic University, Deakin University dan University Technology Sydney yang dihadiri oleh para ilmuwan ekonomi di bidang akuntansi.

Penyelenggaraan JCAE di Provinsi Bali menunjukkan bahwa kondisi Bali aman. Pada kesempatan tersebut, Jonan menyatakan kondisi Gunung Agung saat ini menjadi alasan kehadirannya di acara tersebut. "Salah satu alasan saya hadir di sini adalah karena saya bertanggung jawab terhadap semua aktivitas vulkanologi di Indonesia. Kondisi Gunung Agung membaik. Anda tidak perlu khawatir," jelas Jonan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Februari 2019 - 19:35 WIB

Lewat INDI 4.0, Kemenperin Pantau Kesiapan Perusahaan Manufaktur Menuju Industri Keempat

Kementerian Perindustrian gencar melakukan sosialiasi kepada para pelaku industri manufaktur di Indonesia mengenai indikator penilaian penerapan teknologi industri 4.0atau Indonesia Industry…

Vivo V15

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:38 WIB

Segera Hadir di Indonesia, Ini Kelebihan Vivo V15

Vivo mulai memperkenalkan V15 sebagai V-Series terbaru dengantaglineGo Up yang segera hadir di pasar Indonesia dalam waktu dekat.

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu lakukan aksi demo terkait harga avtur

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:27 WIB

Serikat Pekerja Pertamina: Ada Enam Hal Dibalik Gejolak Harga Avtur

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) yang membawahi 19 Serikat Pekerja di lingkungan PT Pertamina (Persero) hari ini menggelar unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Assistant Vice President Marketing Podomoro Golf View, Alvin Andronicus

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:24 WIB

Usung Konsep Eco Living, PGV Sediakan Kawasan Untuk Lahan Terbuka dan Nursery

Gaya hidup ramah lingkungan (eco living) bukan hanya menjadi tren baru di dunia. Akan tetapi, gaya hidup ini sudah menjadi kebutuhan, lantaran diyakini mampu meningkatkan kualitas hidup. Bagi…

MenPAN RB Syarifuddin .memberikan keterangan Pers Usai memberikan SAKIP di Makasar Hari ini

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:11 WIB

Menpan RB, SAKIP Wilayah III Berhasil Hemat Rp 6,9 Triliun

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Drs. Syafruddin M.S.i mengatakan, penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di 186 pemda Wilayah…