Menkominfo Ingatkan Pelaku Industri Untuk Antisipasi Inovasi Disruptif

Oleh : Hariyanto | Jumat, 12 Januari 2018 - 09:26 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara

INDUSTRY co.idJakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengingatkan pelaku industri agar mengantisipasi inovasi disruptif dalam pengembangan industri. Menurutnya, bukan teknologi yang disruptif melainkan daya pikir yang memanfaatkan teknologi.

" Teknologi sendiri hanya enabler, yang berubah adalah cara pikir. Jadi ajak orang dan talenta untuk selalu mencari cara baru sehingga bisa membuat perusahaan resilience terhadap kompetisi." paparnya dalam Acara CEO Gathering 2018:15 Tahun PFI Membangun Daya Saing-Mengantisipasi Disruptive Innovation Dalam Pengembangan Industri di Balai Kartini Jakarta, Kamis (11/01/2018).

Ia menjelaskan ada beberapa teknologi yang bisa digunakan sebagai enabler diantaranya advanced robotic, artificial intelligence,Internet of Things, cloud computing, big data analytic, 3D printing, dan digital payment systems.

"Tahun 2030 menjadi patokan, karena kita akan mendapat bonus demografi, ekonomi kita 2,5 kali dari ekonomi sekarang. Selain itu Indonesia berpeluang jd eko terbesar ke-5 di dunia. Yang terpenting adalah bagaimana merubah mindset dan pola pikir kita dengan mencari proses baru. Semua perusahaan yang monopoli dan oligopoli akan terdisrupsi oleh cara pikir." jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Menteri Rudiantara mengatakan saat ini terjadi perpindahan dalam ekonomi Indonesia. "Ekonomi kita shifted ke services, begitu juga behaviour anak muda kita yang berubah, sekarang anak muda jarang membeli baju tapi lebih suka leisure seperti nonton, jalan dan backpacker," pungkasnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…