Jembatan Sembada Handayani Permudah Akses Wisatawan ke Gunungkidul-Sleman

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 11 Januari 2018 - 19:30 WIB

Tempat Wisata Pantai Siung di Gunungkidul (Foto:Istimewa)
Tempat Wisata Pantai Siung di Gunungkidul (Foto:Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Gunungkidul - Dengan dibangunnya jembatan Sembada Handayani yang mengubungkan Kabupaten Gunungkidul dan Sleman, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X, mengharapkan jembatan tersebut dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke dua kabupaten tersebut.

"Jembatan Sembada-Handayani merupakan penghubung Gunung Kidul-Sleman, (Sepanjang ) jalan ini banyak sekali objek wisata yang bisa dilihat baik itu keindahan alam, candi, ada breksi dan sebagainya jadi ini potensial untuk tempat pariwisata," kata Sultan di Gunung Kidul, Rabu (10/1/2018)

Ia mengatakan lokasi pekerjaan pembangunan jalan dan jembatan Sembada Handayani berada di dua wilayah yakni Kabupaten Sleman di Desa Lemah Abang Kelurahan Gayamharjo, Kecamatan Prambanan dan Kabupaten Gunung Kidul di Desa Ngoro-oro, Kecamatan Patuk dibangun menggunkan dana keistimewaan sebesar Rp61,3 miliar.

Selain itu, dengan dibangunnya Jogja Outer Ringroad (JORR) di jalan Prambanan-Piyungan bisa memudahkan masyarakat melakukan mobilitas.

"Selain pariwisata, jembaan ini juga mengurangi beban kota kepadatan, karena untuk ke Gunung Kidul, orang Sleman lewat sini sampai ke Gading masuk ke Kota Wonosari, begitu sebaliknya," katanya.

Sultan mengatakan masyarakat diharapkan bisa dapat mengambil peluang dan kesempatan dari pembangunan infastrktur tersebut. "Sehingga peningkatan aksesibilitas dalam rangka mendukung pertumbuhan dan kebangkitan ekonomi akan dirasakan bagi warga di dua kabupaten," katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIY Muhammad Mansyur mengatakan jembatan ini sebagai konektivitas antara Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KPSN) Prambanan dan Kawasan Gunung Api Purba atau KSPN Karst Gunungsewu.

"Jembatan yang memiliki panjang 90 meter dengan lebar 9 meter dapat menjadi jalur alternatif yang berada di bagian utara Kabupaten Gunung Kidul serta dapat mengurai kemacetan Jalan Yogyakarta-Wonosari utamanya saat libur khir pekan," katanya. (ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (Foto: Bamsoet.com)

Kamis, 26 April 2018 - 23:00 WIB

Bamsoet Pastikan Pesta Demokrasi 2018/2019 Tak Ganggu Kerja Parlemen

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo memastikan persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 tidak akan mengganggu kerja-kerja parlemen.

Presiden Jokowi dan Pimpinan PKS (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 26 April 2018 - 22:30 WIB

PDIP: Pertemuan Presiden Jokowi-PKS Tidak Pecah Koalisi

Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan pertemuan Presiden Joko Widodo dengan petinggi PKS tidak bertujuan memecah belah koalisi PKS-Gerindra di Pemilu Presiden (Pilpres)…

Ketua DPP PKS, Al Muzzammil Yusuf

Kamis, 26 April 2018 - 22:00 WIB

Pertemuan Presiden Jokowi-PKS Bicarakan Perkembangan Politik Jelang Pilpres 2019

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera Al Muzzammil Yusuf membenarkan ada pertemuan antara petinggi PKS dengan Presiden Joko Widodo sebanyak dua kali secara informal.

Teguh Santosa Sekjen Hubungan Luar Negeri Indonesia-Korut Bertemu Dengan Presiden Presidium Majelis Tertinggi Korea, Kim Yong Nam.

Kamis, 26 April 2018 - 21:53 WIB

Teguh Santosa: Kolonial Cabik-Cabik Persatuan Dua Korea

Perdamaian di Semenanjung Korea merupakan amanat konstitusi baik di Korea Utara maupun Korea Selatan. Selama ini, perdamaian di Semenanjung Korea sulit diwujudkan karena intervensi kekuatan…

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 26 April 2018 - 21:30 WIB

Partai Gerindra Tak Persoalkan Pertemuan Presiden Jokowi-PKS

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan partainya tidak mempersoalkan adanya pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri yang…