Petani Bali Panen Lebih dari 100 Hektar

Oleh : Dina Astria | Kamis, 11 Januari 2018 - 08:05 WIB

Petani Bali Panen (Dok. Industry.co.id)
Petani Bali Panen (Dok. Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bali - Semenjak adanya isu Pemerintah akan mengimpor beras, seakan membuat jengah petani di Bali. Kemarin (11/), panen di Bali seluas 88,16 hektar, hari Rabu ini pada 10 Januari 2018, panen di Bali seluas 112 hektar dari potensi yang siap panen seluas 307 hektar.

Kepala BPTP Balitbangtan Bali, I Made Rai Yasa mengatakan, “semangat petani di Bali untuk mencapai swasembada pangan tidak pernah pudar. Petani di Bali ingin menunjukkan bahwa kita bisa berswasembada dan tidak perlu mengimport beras”. ujarnya menambahkan. 

Dari luasan 112 hektar yang dipanen hari ini, tersebar di enam subak pada tiga kabupaten dan satu subak di Kota Madya. Jadi, di dalam kota Denpasar dan di daerah dekat  obyek  wisata Kuta pun ada panen hari ini.

Adapun lokasi-lokasi panen yang dimaksud adalah:

Kabupaten Badung panen ada di dua subak yaitu, 1) Subak Perancak, Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara dari potensi seluas 14 ha dipanen seluas 4 hektar. Varietas yang dipanen Ciherang dengan produktivitas 7,9 ton/ha. 2) Subak Seminyak, Desa seminyak, Kecamatan  Kuta, dari potensi yang siap panen 5 ha, hari ini dipanen seluas 5 hektar pula. Varietas yang dipanen Ciherang dengan produktivitas 6,5 ton/ha.  

Kabupaten Tabanan panen ada tiga subak yaitu, 1) Subak Jeran Dewa, Desa Lumbung, Kecamatan Selemadeg Barat. Dari potensi seluas 40 ha, dipanen seluas 30 hektar. Varietas yang dipanen Ciherang dengan produktivitas 6,01 ton/ha. 2) Subak Sangkil, Desa Beringkit Belayu, Kecamatan Marga. Dari potensi panen 80 ha, hari ini dipanen 4 ha. Varietas yang dipanen adalah “Pak Tiwi” dengan produktivitas 6,65 ton/ha. 3) Subak Gubug II, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan. Dari luas potensi panen 73 hektar hari ini dipanen seluas 2 hektar. Varietas yang dipanen Cigeulis dengan produktivitas 7,86 ton/ha. 

Kabupaten Klungkung panen di  Subak Pegatepan, Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung. Dari potensi panen seluas 86 ha hari ini dipanen seluas 59 ha. Varietas yang dipanen Ciherang dengan produktivitas 7,6 ton/ha. 

Kota Denpasar panen di Subak Poh manis, Desa Penatih Dangin, Kecamatan Denpasar Timur. Dari potensi panen 9 ha, seluruhnya dipanen hari ini. Ada tiga varietas yang dipanen yaitu Cigelis, Ciherang,dan Situbagendit. Produktivitas rata-rata untuk ketiga varietas tersebut dilaporkan 7,2 ton/ha.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat meresmikan Bandung Techno Park (Foto: Humas)

Selasa, 16 Januari 2018 - 21:15 WIB

Bandung Techno Park Wujudkan Wirausaha Industri Digital

Kementerian Perindustrian memfasilitasi pembangunan Bandung Techno Park (BTP) sebagai salah satu pusat riset dan inovasi industri digital di Tanah Air seperti sektor elektronika dan telematika.

Menaker Hanif Dakiri didampingi oleh Andi Gani Nena Wea selaku Komisaris Utama PT PP (Persero) Tbk, M. Toha Fauzi selaku Direktur Infrastruktur PT PP (Persero) Tbk

Selasa, 16 Januari 2018 - 20:06 WIB

Kunjungan Menaker ke Proyek Terowongan Double Track Terpanjang di Indonesia

Jakarta-Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri melakukan peninjauan ke Proyek Pembangunan Notog BH 1440 yang merupakan salah satu proyek strategis Nasional (PSN).

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prastyo bersama Ketua Panitia Pelaksana Natal Bersama Dar Edi Yoga (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 16 Januari 2018 - 19:32 WIB

Ketua Dewan Pers Dukung Perayaan Natal Bersama Insan Pers

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prastyo menyambut gembira pelaksanaan Perayaan Natal Bersama Insan Pers yang akan diadakan besok sore ( Rabu, 17/1/2018 ) di RS Siloam Semanggi Jakarta.

Masjid Tokyo Camii & Turkish Culture Center di Jepang (Foto: matcha-jp.com)

Selasa, 16 Januari 2018 - 19:15 WIB

Berkunjung ke Tokyo Camii, Masjid Terbesar dan Indah di Jepang

Selain mengunjungi destinasi wisata alam dan berburu kuliner, Jepang juga mempunyai wisata religinya juga loh! Wisatawan Muslim, bisa mengunjungi Tokyo Camii & Turkish Culture Center yang termasuk…

Jongkie D Sugiarto, Co-Chairman Gaikindo (Foto: Herlambang/ INDUSTRY.co.id)

Selasa, 16 Januari 2018 - 19:05 WIB

Sepanjang Tahun 2017, Penjualan Mobil di Indonesia Capai 1.079.000 Unit

Sepanjang tahun 2017, penjualan mobil di Indonesia untuk semua jenis mencapai 1.079.000 unit. Angka tersebut naik 1,6% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.