Petani Bali Panen Lebih dari 100 Hektar

Oleh : Dina Astria | Kamis, 11 Januari 2018 - 08:05 WIB

Petani Bali Panen (Dok. Industry.co.id)
Petani Bali Panen (Dok. Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bali - Semenjak adanya isu Pemerintah akan mengimpor beras, seakan membuat jengah petani di Bali. Kemarin (11/), panen di Bali seluas 88,16 hektar, hari Rabu ini pada 10 Januari 2018, panen di Bali seluas 112 hektar dari potensi yang siap panen seluas 307 hektar.

Kepala BPTP Balitbangtan Bali, I Made Rai Yasa mengatakan, “semangat petani di Bali untuk mencapai swasembada pangan tidak pernah pudar. Petani di Bali ingin menunjukkan bahwa kita bisa berswasembada dan tidak perlu mengimport beras”. ujarnya menambahkan. 

Dari luasan 112 hektar yang dipanen hari ini, tersebar di enam subak pada tiga kabupaten dan satu subak di Kota Madya. Jadi, di dalam kota Denpasar dan di daerah dekat  obyek  wisata Kuta pun ada panen hari ini.

Adapun lokasi-lokasi panen yang dimaksud adalah:

Kabupaten Badung panen ada di dua subak yaitu, 1) Subak Perancak, Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara dari potensi seluas 14 ha dipanen seluas 4 hektar. Varietas yang dipanen Ciherang dengan produktivitas 7,9 ton/ha. 2) Subak Seminyak, Desa seminyak, Kecamatan  Kuta, dari potensi yang siap panen 5 ha, hari ini dipanen seluas 5 hektar pula. Varietas yang dipanen Ciherang dengan produktivitas 6,5 ton/ha.  

Kabupaten Tabanan panen ada tiga subak yaitu, 1) Subak Jeran Dewa, Desa Lumbung, Kecamatan Selemadeg Barat. Dari potensi seluas 40 ha, dipanen seluas 30 hektar. Varietas yang dipanen Ciherang dengan produktivitas 6,01 ton/ha. 2) Subak Sangkil, Desa Beringkit Belayu, Kecamatan Marga. Dari potensi panen 80 ha, hari ini dipanen 4 ha. Varietas yang dipanen adalah “Pak Tiwi” dengan produktivitas 6,65 ton/ha. 3) Subak Gubug II, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan. Dari luas potensi panen 73 hektar hari ini dipanen seluas 2 hektar. Varietas yang dipanen Cigeulis dengan produktivitas 7,86 ton/ha. 

Kabupaten Klungkung panen di  Subak Pegatepan, Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung. Dari potensi panen seluas 86 ha hari ini dipanen seluas 59 ha. Varietas yang dipanen Ciherang dengan produktivitas 7,6 ton/ha. 

Kota Denpasar panen di Subak Poh manis, Desa Penatih Dangin, Kecamatan Denpasar Timur. Dari potensi panen 9 ha, seluruhnya dipanen hari ini. Ada tiga varietas yang dipanen yaitu Cigelis, Ciherang,dan Situbagendit. Produktivitas rata-rata untuk ketiga varietas tersebut dilaporkan 7,2 ton/ha.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto (Foto Dok KPU)

Minggu, 23 September 2018 - 09:00 WIB

Raih Tiga Smartphone dan Hadiah Menarik dengan Nyanyikan "Jokowi Lagi"

Sederet keberhasilan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) kini bisa dinikmati dalam lagu bergenre rock and roll "Jokowi Lagi".

Mendagri Tjahjo Kumolo (Dok Industry.co.id)

Minggu, 23 September 2018 - 08:40 WIB

Perhatikan, ASN Jangan Ikut Kelapa Daerah Dukung Mendukung Capres

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kembali mengingatkan seluruh aparatur sipil negara untuk bersikap netral dan tidak ikut-ikutan dengan kepala daerah dalam dukung-mendukung calon presiden pada…

Prof Dr KH Din Syamsuddin MA (Foto Ist)

Minggu, 23 September 2018 - 08:20 WIB

Din Syamsudin akan Mundur Sebagai Utusan Khusus Presiden

Presiden Joko Widodo mengatakan akan menerima kedatangan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin terkait pengunduran dirinya sebagai utusan khusus presiden untuk dialog dan kerja sama…

Patung Garuda Wisnu Kencana dinyatakan selesai dibangun di lokasi baru, Garuda Wisnu Kencana Culture Parki. Icon baru Bali, salah satu patung tertinggi di dunia, 271 meter, Habiskan 3.000 ton atau setara 2,5 hektar lembaran tembaga.

Minggu, 23 September 2018 - 08:10 WIB

GWK Patung Tembaga dan Tertinggi Ketiga di Dunia

Presiden Joko Widodo merasa senang dan bangga dengan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang menurutnya merupakan mahakarya anak bangsa. Patung GWK layak disebut mahakarya karena merupakan salah…

Presiden Jokowi dan KH Maruf Amin (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 23 September 2018 - 08:00 WIB

KH Maruf Amin Resmi Mundur Sebagai Rais Aam PBNU

Ma'ruf Amin resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Rais Aam Ma'ruf Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pada Sabtu (23/8/2019)