Kemasan Makanan Pakai Styrofoam, Aman?

Oleh : Akhmad Zainal Abidin | Kamis, 11 Januari 2018 - 07:36 WIB

Ilustrasi Jenis Styrofoam (Foto Ist)
Ilustrasi Jenis Styrofoam (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Rasanya banyak sekali kegunaan dari pemakaian Styrofoam, khususnya pada makanan. Jika membeli makanan, kebanyakan para pedagang membungkusnya langsung menggunakan Styrofoam. Mau dalam keadaan makanan masih panas, hangat sampai sudah dingin. Pemakaian yang sangat praktis, tidak mudah bocor dan ringan yang pas untuk para pedagang.

Banyak yang mempertanyakan apakah aman pemakaian Styrofoam pada pembungkus atau kemasan makanan. Beberapa asumsi muncul bahwa akan menyebabkan kanker bila terlalu sering memakai Styrofoam untuk pembungkus makanan.

Pada kuliah umum yang diadakan di kampus Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Kepala Laboraturium Teknologi Polimer dan Membran (LPTM) ITB, Akhmad Zainal Abidin, polisterina terutama yang sudah menjadi kemasan makanan hanya mengandung 10-43 ppm stirena. Jumlah tersebut masih dalam batas aman sesuai standar WHO (World Health Organization) dan Badan POM, dimana berdasarkan Joint Express Committee on Food Additives (JECFA), Food and Agriculture Organization (FAO) dan WHO residu stirena masih aman bagi manusia jika jumlahnya dibawah 5000 ppm

Sebelumnya, polisterina merupakan nama lain dari Styrofoam. Polisterina adalah sebuah polimer dengan monomer stirena dan sebuha hidrokarbon cair yang dibuat secara komersial dari minyak bumi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Walikota Bandung Ridwan Kamil. (Foto: beastudiindonesia.net)

Minggu, 24 Juni 2018 - 06:00 WIB

Setelah Cuti 130 Hari, Kang Emil Kembali Jabat Walikota Bandung

Ridwan Kamil kembali menjabat sebagai Wali Kota Bandung setelah sebelumnya sempat cuti untuk ikut dalam kontestasi pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

Jababeka dok

Sabtu, 23 Juni 2018 - 20:57 WIB

Setelah Morotai dan Tanjung Lesung, Jababeka Incar KEK di Bangka Belitung

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. (kode saham KIJA) memberi sinyal hendak mengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) di Provinsi Bangka Belitung.

Penyanyi Ed Sheeran. (Foto: NME)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 19:30 WIB

Ed Sheeran Akui Tak Gunakan Layanan Streaming Musik

Ed Sheeran rupanya tidak pernah menggunakan jasa layanan streaming musik untuk mempromosikan lagu-lagunya. Seperti yang diketahui, Shape of You milik Ed Sheeran menjadi salah satu lagu yang…

Kementerian Perindustrian. (Fofo: kemenperin.go.id)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:52 WIB

Kemenperin Tengah Godok Insentif Penerapan Industri Hijau

Kementerian Perindustrian mewacanakan insentif fiskal dan nonfiskal sebagai upaya untuk menerapkan industri hijau yang bersifat wajib.

Ribuan UMKM memadati acara sosialisasi PPh Final UMKM 0,5% yang dilakukan Presiden Jokowi di Sanur, Bali, Sabtu (23/6). (Dok: Kemenkop)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:44 WIB

UMKM Bali Antusias Sambut Penurunan PPh Final 0,5 Persen

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di provinsi Bali menyambut baik kebijakan pemerintah menurunkan pajak penghasilan (PPh) final UMKM yang semula 1% menjadi 0,5% mulai 1 Juli 2018…