Kemasan Makanan Pakai Styrofoam, Aman?

Oleh : Dina Astria | Kamis, 11 Januari 2018 - 07:36 WIB

Ilustrasi Jenis Styrofoam (Foto Ist)
Ilustrasi Jenis Styrofoam (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Rasanya banyak sekali kegunaan dari pemakaian Styrofoam, khususnya pada makanan. Jika membeli makanan, kebanyakan para pedagang membungkusnya langsung menggunakan Styrofoam. Mau dalam keadaan makanan masih panas, hangat sampai sudah dingin. Pemakaian yang sangat praktis, tidak mudah bocor dan ringan yang pas untuk para pedagang.

Banyak yang mempertanyakan apakah aman pemakaian Styrofoam pada pembungkus atau kemasan makanan. Beberapa asumsi muncul bahwa akan menyebabkan kanker bila terlalu sering memakai Styrofoam untuk pembungkus makanan.

Pada kuliah umum yang diadakan di kampus Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Kepala Laboraturium Teknologi Polimer dan Membran (LPTM) ITB, Akhmad Zainal Abidin, polisterina terutama yang sudah menjadi kemasan makanan hanya mengandung 10-43 ppm stirena. Jumlah tersebut masih dalam batas aman sesuai standar WHO (World Health Organization) dan Badan POM, dimana berdasarkan Joint Express Committee on Food Additives (JECFA), Food and Agriculture Organization (FAO) dan WHO residu stirena masih aman bagi manusia jika jumlahnya dibawah 5000 ppm

Sebelumnya, polisterina merupakan nama lain dari Styrofoam. Polisterina adalah sebuah polimer dengan monomer stirena dan sebuha hidrokarbon cair yang dibuat secara komersial dari minyak bumi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat meresmikan Bandung Techno Park (Foto: Humas)

Selasa, 16 Januari 2018 - 21:15 WIB

Bandung Techno Park Wujudkan Wirausaha Industri Digital

Kementerian Perindustrian memfasilitasi pembangunan Bandung Techno Park (BTP) sebagai salah satu pusat riset dan inovasi industri digital di Tanah Air seperti sektor elektronika dan telematika.

Menaker Hanif Dakiri didampingi oleh Andi Gani Nena Wea selaku Komisaris Utama PT PP (Persero) Tbk, M. Toha Fauzi selaku Direktur Infrastruktur PT PP (Persero) Tbk

Selasa, 16 Januari 2018 - 20:06 WIB

Kunjungan Menaker ke Proyek Terowongan Double Track Terpanjang di Indonesia

Jakarta-Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri melakukan peninjauan ke Proyek Pembangunan Notog BH 1440 yang merupakan salah satu proyek strategis Nasional (PSN).

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prastyo bersama Ketua Panitia Pelaksana Natal Bersama Dar Edi Yoga (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 16 Januari 2018 - 19:32 WIB

Ketua Dewan Pers Dukung Perayaan Natal Bersama Insan Pers

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prastyo menyambut gembira pelaksanaan Perayaan Natal Bersama Insan Pers yang akan diadakan besok sore ( Rabu, 17/1/2018 ) di RS Siloam Semanggi Jakarta.

Masjid Tokyo Camii & Turkish Culture Center di Jepang (Foto: matcha-jp.com)

Selasa, 16 Januari 2018 - 19:15 WIB

Berkunjung ke Tokyo Camii, Masjid Terbesar dan Indah di Jepang

Selain mengunjungi destinasi wisata alam dan berburu kuliner, Jepang juga mempunyai wisata religinya juga loh! Wisatawan Muslim, bisa mengunjungi Tokyo Camii & Turkish Culture Center yang termasuk…

Jongkie D Sugiarto, Co-Chairman Gaikindo (Foto: Herlambang/ INDUSTRY.co.id)

Selasa, 16 Januari 2018 - 19:05 WIB

Sepanjang Tahun 2017, Penjualan Mobil di Indonesia Capai 1.079.000 Unit

Sepanjang tahun 2017, penjualan mobil di Indonesia untuk semua jenis mencapai 1.079.000 unit. Angka tersebut naik 1,6% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.