Kemasan Makanan Pakai Styrofoam, Aman?

Oleh : Akhmad Zainal Abidin | Kamis, 11 Januari 2018 - 07:36 WIB

Ilustrasi Jenis Styrofoam (Foto Ist)
Ilustrasi Jenis Styrofoam (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Rasanya banyak sekali kegunaan dari pemakaian Styrofoam, khususnya pada makanan. Jika membeli makanan, kebanyakan para pedagang membungkusnya langsung menggunakan Styrofoam. Mau dalam keadaan makanan masih panas, hangat sampai sudah dingin. Pemakaian yang sangat praktis, tidak mudah bocor dan ringan yang pas untuk para pedagang.

Banyak yang mempertanyakan apakah aman pemakaian Styrofoam pada pembungkus atau kemasan makanan. Beberapa asumsi muncul bahwa akan menyebabkan kanker bila terlalu sering memakai Styrofoam untuk pembungkus makanan.

Pada kuliah umum yang diadakan di kampus Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Kepala Laboraturium Teknologi Polimer dan Membran (LPTM) ITB, Akhmad Zainal Abidin, polisterina terutama yang sudah menjadi kemasan makanan hanya mengandung 10-43 ppm stirena. Jumlah tersebut masih dalam batas aman sesuai standar WHO (World Health Organization) dan Badan POM, dimana berdasarkan Joint Express Committee on Food Additives (JECFA), Food and Agriculture Organization (FAO) dan WHO residu stirena masih aman bagi manusia jika jumlahnya dibawah 5000 ppm

Sebelumnya, polisterina merupakan nama lain dari Styrofoam. Polisterina adalah sebuah polimer dengan monomer stirena dan sebuha hidrokarbon cair yang dibuat secara komersial dari minyak bumi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

World Bank (Foto Ist)

Selasa, 11 Desember 2018 - 06:40 WIB

Bank Dunia Minta Pemerintah Dorong Masyarakat Melek Teknologi

Bank Dunia meminta kepada pemerintah Indonesia agar terus mendorong masyarakat untuk melek teknologi (digital literacy) sekaligus menguasai kemampuan teknologi.

World Bank (Foto Ist)

Selasa, 11 Desember 2018 - 06:40 WIB

Bank Dunia Minta Pemerintah Dorong Masyarakat Melek Teknologi

Bank Dunia meminta kepada pemerintah Indonesia agar terus mendorong masyarakat untuk melek teknologi (digital literacy) sekaligus menguasai kemampuan teknologi.

Rakernas HIPMI PT di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Minggu (09/12/2018).

Senin, 10 Desember 2018 - 22:52 WIB

HIPMI PT Targetkan Cetak Satu Juta Wirausaha Pemula Mandiri

Ketua Umum HIPMI, Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) menargetkan akan mencetak satu juta wirausaha pemula mandiri.

Garuda Indonesia Vintage Flight Experience (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 19:00 WIB

Garuda Indonesia Mulai Operasikan Layanan Vintage Flight Experience

Maskapai nasional Garuda Indonesia resmi melayani penerbangan "Vintage" bertajuk "Garuda Indonesia Vintage Flight Experience" yang ditandai dengan pengoperasian penerbangan pertama vintage flight…

Industri daur ulang sampah plastik (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 18:25 WIB

Dinilai Mampu Sumbang Devisa, Danone Ajak Media Industri Kenali Sisi Positif dari Sampah Plastik

PT Danone Indonesia bekerjasama dengan Forum Wartawan Industri (Forwin) mengadakan Workshop Media dengan tema "Inovasi dan Kontribusi Industri Menerapkan Model Pengelolaan Sampah Plastik yang…