Kemasan Makanan Pakai Styrofoam, Aman?

Oleh : Akhmad Zainal Abidin | Kamis, 11 Januari 2018 - 07:36 WIB

Ilustrasi Jenis Styrofoam (Foto Ist)
Ilustrasi Jenis Styrofoam (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Rasanya banyak sekali kegunaan dari pemakaian Styrofoam, khususnya pada makanan. Jika membeli makanan, kebanyakan para pedagang membungkusnya langsung menggunakan Styrofoam. Mau dalam keadaan makanan masih panas, hangat sampai sudah dingin. Pemakaian yang sangat praktis, tidak mudah bocor dan ringan yang pas untuk para pedagang.

Banyak yang mempertanyakan apakah aman pemakaian Styrofoam pada pembungkus atau kemasan makanan. Beberapa asumsi muncul bahwa akan menyebabkan kanker bila terlalu sering memakai Styrofoam untuk pembungkus makanan.

Pada kuliah umum yang diadakan di kampus Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Kepala Laboraturium Teknologi Polimer dan Meman (LPTM) ITB, Akhmad Zainal Abidin, polisterina terutama yang sudah menjadi kemasan makanan hanya mengandung 10-43 ppm stirena. Jumlah tersebut masih dalam batas aman sesuai standar WHO (World Health Organization) dan Badan POM, dimana berdasarkan Joint Express Committee on Food Additives (JECFA), Food and Agriculture Organization (FAO) dan WHO residu stirena masih aman bagi manusia jika jumlahnya dibawah 5000 ppm

Sebelumnya, polisterina merupakan nama lain dari Styrofoam. Polisterina adalah sebuah polimer dengan monomer stirena dan sebuha hidrokarbon cair yang dibuat secara komersial dari minyak bumi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Agung Sedayu Group kembali menjadi yang teratas dalam ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards

Jumat, 21 September 2018 - 14:35 WIB

Sejumlah Developer Kenamaan Tanah Air Raih Penghargaan di Ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards

Para pengembang Indonesia menunjukkan inovasi real estat masing-masing dalam acara gala dinner PropertyGuru Indonesia Property Awards tahun ke-4, yang dipersembahkan oleh Kohler di Ballromm…

Pariwisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Foto Ist)

Jumat, 21 September 2018 - 14:30 WIB

MICE Perlu Penanganan Lebih Serius

Kementerian Pariwisata meminta komitmen para kepala daerah untuk secara serius memajukan wisata bisnis atau yang dikenal juga sebagai wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition).

Bank Bukopin Luncurkan Kartu Debit Mastercard

Jumat, 21 September 2018 - 14:30 WIB

Gandeng Mastercard, Bank Bukopin Luncurkan Kartu Debit Mastercard

Pemegang Kartu Debit Bukopin Mastercard selanjutnya juga dapat menikmati berbagai promo menarik di berbagai toko ataumerchantyang bekerjasama, sepertiberbagai programdiskondancashbackmenarik.

Danau Toba Sumatera Utara (Foto: Istimewa)

Jumat, 21 September 2018 - 14:15 WIB

Sejumlah Strategi Diperkuat Terkait Kunjungan Wisman

Kementerian Pariwisata memperkuat strategi pemasaran ke luar negeri untuk mencapai target kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara pada 2018.

MasterCard (ist)

Jumat, 21 September 2018 - 14:15 WIB

Mastercard Bekerja Sama dengan League of Legends sebagai Mitra Global Pertama dari Esport

Perjanjian global pertama ini menandakan dukungan Mastercard terhadap komunitasesportssekaligus memperluas portofolio perusahaan dalam bidang olahraga dan hiburan kelas dunia.