Kolaborasi President University-Ruangguru Salurkan Beasiswa Bagi 1.440 Pelajar

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 10 Januari 2018 - 15:15 WIB

Founder President University SD Darmono bersama Founder RuangGuru (dok INDUSTRY.co.id)
Founder President University SD Darmono bersama Founder RuangGuru (dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - President University, yang berlokasi di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat menandatangani Surat Perjanjian Kerja Sama dengan Ruangguru untuk melakukan seleksi beasiswa kuliah di kampus tersebut.

Dalam kerjasama ini, Ruangguru yang merupakan penyedia layanan jasa pendidikan yang sudah digunakan 6,5 juta pelajar di Indonesia akan menjadi penyelenggara eksklusif dalam melakukan seleksi online bagi calon penerima beasiswa kuliah di President University.

Tersedia Beasiswa senilai Rp 66 Miliar, untuk 1.440 siswa/siswi berprestasi terbaik Indonesia (tahun akademik 2018/2019). Platform ujian online, ruanguji, akan digunakan oleh para siswa kelas XII untuk memperebutkan beasiswa tersebut.

Selama ini, berbagai industri di Kawasan Industri Jababeka juga telah aktif mendukung beasiswa kuliah di President University dengan sistem penerimaan offline di beberapa kota pilihan. Untuk menjangkau lebih banyak pelajar, seleksi online pun dipilih.

Kami memilih Ruangguru, karena platform ujian ini memiliki teknologi yang baik, dan dapat diakses secara nasional, ujar Rektor President University, Jony Oktavian Haryanto dalam sambutannya di acara penandatanganan kerjasama tersebut di Jakarta, Rabu, (10/1).

Jony melanjutkan, dengan tes seleksi secara online dapat membuka kesempatan ke seluruh anak di Indonesia baik yang di kota besar maupun daerah pelosok agar bisa masuk ke perguruan tinggi yang baik dan berkualitas.

Adapun jurusan yang bisa dipilih dalam program beasiswa tersebut antara lain akutansi, administrasi bisnis, manajemen, teknologi informasi, sistem informasi, teknik industri, teknik mekanik, teknik elektro, teknik pembangunan, hubungan internasional, komunikasi, hukum, dan pendidikan anak usia sekolah dasar.

Sementara lman Usman, Direktur Produk dan Kerjasama Ruangguru menuturkan, berdasarkan masukan dari pengguna aplikasinya saat ini, masalah yang paling sering dikeluhkan ketika akan memasuki dunia perguruan tinggi adalah biaya kuliah yang cukup mahal.

Partisipasi kami dalam program beasiswa ini adalah upaya sebagai bentuk give back kami kepada pengguna setia Ruangguru agar mereka dapat meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tanpa harus memikirkan biaya yang mahal, ujarnya.

Sementara CEO Ruangguru, Adamas Belva Syah Devara mengatakan pendaftaran program beasiswa kuliah Ruangguru ini dibuka mulai dari hari ini yaitu 10 Januari 2018 hingga 9 Februari 2018. Tahap penyeleksiannya mulai dari 10 Februari hingga 5 Maret 2018 yang akan dibagi menjadi 4 tahap dan diumumkan pada tanggal 28 - 30 Maret 2018, ujarnya.

Pada tahap tahap tersebut lanjutnya, Ruangguru mengerjakan prosedur operasional mulai dari pendaftaran, tes seleksi serta ranking peserta berdasarkan hasil tes. Paska seleksi online, tim President University akan melakukan seleksi lanjutan (seleksi berkas) untuk menentukan penerima beasiswa penuh dan beasiswa parsial.

Hadir di Indonesia sejak tahun 2014, dikatakan Adamas, Ruangguru saat ini memiliki lebih dari 6,5 juta pengguna dan mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi antara lain ruangbelajar yaitu bimbel online dengan video belajar, latihan soal dan pembahasan serta rangkuman modul, ruangles yaitu marketplace les privat, ruanglesonline yaitu layanan bimbingan belajar on-demand, ruanguji yaitu tryout ujian online dan digitalbootcamp yaitu belajar di dalam grup chat dengan tutor standby.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…