Tumbuh Sembilan Kali Lipat, Modalku Capai Total Pendanaan UMKM Sebesar Rp1 Triliun

Oleh : Hariyanto | Rabu, 10 Januari 2018 - 09:38 WIB

 Dr. Hendrikus Passagi - Direktur Pengaturan, Perizinan, dan Pengawasan Fintech OJK , Reynold Wijaya - Co-Founder dan CEO Modalku dan David Ng - Salah Satu Investor Modalku
Dr. Hendrikus Passagi - Direktur Pengaturan, Perizinan, dan Pengawasan Fintech OJK , Reynold Wijaya - Co-Founder dan CEO Modalku dan David Ng - Salah Satu Investor Modalku

INDUSTRY co.id -Jakarta - Menjelang ulang tahunya yang kedua, perusahaan startup peer-to-peer (P2P) lending Indonesia, Grup Modalku berhasil melakukan pencairan pinjaman modal usaha sebesar Rp1 triliun bagi UMKM di Indonesia, Singapura dan Malaysia.

Dengan pencapaian tersebut, perkembangan Modalku di tahun 2017 sembilan kali lebih besar dibandingkan pertumbuhan tahun 2016.Pencapaian ini juga merupakan kontribusi teknologi finansial terhadap inklusi keuangan nasional serta segmen UMKM yang seringkali kekurangan akses pinjaman modal usaha.

Co-Founder dan CEO Modalku, Reynold Wijaya mengaku bangga atas pencapaian yang telah diraih Modalku selama 2017, khususnya atas pengakuan dunia bahwa Modalku telah memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Indonesia serta mendukung inklusi keuangan nasional.

"Tentunya kami hanya bisa mencapai semua prestasi ini dengan adanya kepercayaan dari pihak publik, OJK, serta para peminjam dan pemberi pinjaman kami. Selain bersyukur, kami semakin terdorong untuk menjadi lebih baik lagi di tahun 2018 agar dapat mendukung semakin banyak UMKM berpotensi, baik di Indonesia maupun di Asia Tenggara. ungkap Reinold melalui keterangan resmi kepada INDUSTRY.co.id, Rabu (10/1/2018).

Sementara, Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan Fintech OJK, Hendrikus Passagi mengatakan, pendanaan gotong royong online atau FinTech P2P lending telah memberikan kontribusi yang baik bagi langkah awal upaya inklusi finansial di Indonesia dengan pendanaan lebih dari Rp 2,5 trilliun sepanjang tahun 2017, termasuk dari Modalku.

"OJK berharap model pendanaan gotong royong online ini akan lebih banyak memberikan dukungan pendanaan di sektor hulu Pertanian, Nelayan, dan UMKM yang selama ini belum sepenuhnya dapat dilayani industri keuangan konvensional.kata Hendrikus.

Selain itu, menutup tahun 2017 Modalku juga melakukan ekspansi serta kerja sama dengan organisasi lain. Modalku membuka kantor operasional di Bandung dan Surabaya, serta mengadakan kolaborasi dengan TaniHub, startup agriculture marketplace yang berkembang sangat pesat di Indonesia, dan Biro Kredit PEFINDO sebagai lembaga pengelola informasi kredit.

Selama tahun 2017, Modalku juga menerima berbagai penghargaan, baik dari organisasi global maupun regional dan lokal. Di akhir September 2017, Modalku menjadi pemenang Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB.

Modalku juga terpilih dalam daftar Fintech 250 CB Insights yang berisi perusahaan-perusahaan terbaik dunia yang melakukan terobosan inovasi dalam bidang teknologi finansial. Selain itu, laporan FinTech 2017 Daily Social menunjukkan bahwa Modalku adalah layanan FinTech pinjam-meminjam no.1 di Indonesia. Berbagai penghargaan tersebut membuktikan dunia mengakui dampak positif bagi masyarakat yang diciptakan solusi FinTech seperti P2P lending.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…