Hari ini, Depresiasi Rupiah Berpotensi Tekan Pergerakan IHSG

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 10 Januari 2018 - 08:15 WIB

United Tractors
United Tractors

INDUSTRY.co.id - Jakarta Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) diperkirakan bakal mengalami penurunan akibat adanya depresiasi rupiah terhadap dolar AS setelah kemarin melemah ke posisi Rp13.428 per dolar.

Depresiasi dolar ternyata menekan IHSG sejak perdagangan kemarin. Bahkan, kenaikan bursa saham Asia tidak mampu menahan penurunan IHSG kemarin, ujar Reza Priyambada, analis PT Binaartha Sekuritas, di Jakarta, Rabu (10/01/2018).

Karena itu, demikian Reza, kendati bursa saham Asia naik, tetapi IHSG tergerus oleh aksi ambil untung para pelaku pasar karena memanfaatkan kenaikan yang terjadi di beberapa sesi perdagangan sebelumnya. Akibatnya, potensi kenaikan IHSG ke 6.400 turut terhambat.

IHSG pada perdagangan Selasa (09/01/2018) kemarin ditutup turun 0,19% ke posisi 6.373 poin. Sementara itu, IHSG pada perdagangan hari ini diperkirakan bakal bergerak di kisaran 6.349-6.386 poin. Aksi ambil untung hendaknya tetap diwaspadai, tukas Reza.

Kendati demikian, menurut Reza, para pelaku pasar dapat memanfaatkan tren penurunan perdagangan hari ini untuk mencermati saham-saham PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT United Tractors Tbk (UNTR), PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS), PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) dan saham PT Wika Beton Tbk (WTON).

Pendapat serupa dikemukakan Yuganur Wijanarko, analis PT KGI Sekuritas Indonesia. Karena IHSG cenderung melemah, maka para pelaku pasar disarankan untuk melakukan aksi beli terhadap beberapa saham pilihan.

Pada indikator harian, IHSG terlihat kembali berpotensi mengalami penurunan untuk meredakan kondisi jenuh beli (overbought) sebagai upaya melakukan konsolidasi untuk kembali menguat ke level 6.400, papar Yuganur di Jakarta, Rabu (10/01/2018).

Yuganur menuturkan, IHSG bakal dibayang-bayangi oleh aksi jual mendadak. Itu tampaknya bakal menekan IHSG, sehingga pelaku pasar disarankan untuk memanfaatkan kondisi tersebut untuk mengakumlasi saham-saham pilihan.

Yugnaur merekomendasikan BELI terhadap saham-saham PT Astra International Tbk (ASII), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dan PT Nusantara Infrastructure Tbk (META). (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

KPU: Prabowo-Gibran, Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara sah dan resmi ditetapkan sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Tahun 2024-2029. Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh…

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…