Peningkatan Permintaan Sumbagsel Bakal Dorong Penjualan SMBR Tahun ini

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 08 Januari 2018 - 12:04 WIB

Pabrik Semen Baturaja (Bm)
Pabrik Semen Baturaja (Bm)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Peningkatan pasar semen di Sumbagsel (Sumatera Bagian Selatan), yaitu Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Lampung dan Bangka Belitung, diperkirakan bakal mendorong pertumbuhan volume penjualan PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) pada tahun ini.

Benny Kurniawan, Hubungan Investor SMBR, mengungkapkan, volume penjualan SMBR pada 2018 ini diperkirakan mencapai 2,75 juta ton semen, atau lebih tinggi sekitar 53% dibandingkan dengan target 2017 sebanyak 1,80 juta ton.

Menurut target 2017 tersebut, sekitar 77% dari penjualan produsen semen asal Sumatra Selatan tersebut, atau sebanyak 1,39 juta ton semen, merupakan semen kantong (bulk) dan sisanya adalah semen curah.

“Kenaikan penjualan perseroan tahun ini disebabkan oleh peningkatan kapasitas produksi SMBR menjadi sebanyak 3,85 juta ton semen per tahun. Itu terjadi setelah Pabrik Semen Baturaja II beroperasi,” tutur Benny baru-baru ini.

Benny memaparkan, konsumsi semen di kelima provinsi Sumbagsel itu masih berpeluang naik 10%. Pertumbuhan itu ditopang tingginya permintaan yang diperkirakan berasal dari pembangunan jalan tol Bakauheni-Palembang yang akan selesai di pertengahan tahun ini.

“Pasalnya, sepanjang Januari-November 2017, rata-rata pertumbuhan konsumsi semen di kelima provinsi tersebut sekitar 15%. Persentase itu di atas pertumbuhan permintaan semen nasional,” tutur Benny.

Benny juga mengungkapkan, harga jual semen SMBR tahun ini diprediksi cenderung sama seperti 2017 karena penurunan harga diperkirakan takkan terjadi. Pasalnya, para pemain baru di bidang semen akan segera merasionalisasikan harga jual mereka.

“Karena itu, untuk menyiasati penurunan harga jual di masa depan, kami akan terus mengupayakan efisiensi melalui penggunaan teknologi terbaru yang dapat menghemat konsumsi energi,” imbuh Benny. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Rabu, 24 April 2024 - 04:29 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Rabu, 24 April 2024 - 03:52 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan The Minister For Foreign Affairs of Singapore (Menteri Luar Negeri Singapura) H.E Mr. Vivian Balakrishnan yang didampingi…

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rabu, 24 April 2024 - 03:45 WIB

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rapat Kerja Teknis Staf Operasi Korps Marinir Tahun 2024, secara resmi saya nyatakan dibuka oleh Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Nanang Saefullah, S.E.,…

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…