Industri Plastik Optimis Tumbuh 5,4% di 2017

Oleh : Ridwan | Jumat, 06 Januari 2017 - 10:40 WIB

Ilustrasi Plastik
Ilustrasi Plastik

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Industri plastik diperkirakan akan terus berkembang seiring kenaikan pertumbuhan ekonomi dan jumlah penduduk Indonesia. Maklum, industri plastik dibutuhkan di berbagai lini seperti produk makanan dan minuman, farmasi, elektronik dan sebagainya.

Fajar Budiono, Sekretaris Jenderal Asosiasi Industri Aromatika, Olefin, dan Plastik (Inaplas) bilang, "Industri plastik memang akan meningkat. Jika pemerintah menetapkan proyeksi pertumbuhan ekonomi 5,2%, maka Inaplas memproyeksikan bisa tumbuh 5,4% pada tahun ini" terangnya.

Tahun ini memang banyak yang menambah kapasitas sehingga marginnya pun bertambah. Seperti perusahaan PT Lotte Chemical Titan Tbk dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, secara total penambahannya 400.000 ton. Pada 2017 ini semua full spead.

Sebelumnya anggota Inaplas bisa memproduksi plastik 2,4 juta ton. Tahun ini diperkirakan akan meningkat menjadi 2,8 juta ton. Namun, dari produksi tersebut, 50% masih mengandalkan bahan baku impor.

Ada berbagai hambatan yang dirasanya cukup berat di industri ini. Pertama, cukai plastik yang akan tetap diterapkan di tahun ini dirasa cukup berdampak untuk industri inaplas. Kedua, mengenai isu dilarangnya penggunaan styrofoam. Padahal, yang perlu dibenahi bukanlah barangnya, namun lebih kepada manajemen untuk solusi dari permasalahannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 07:00 WIB

Golkar Istighatsah dan Peringatan Hari Santri Nasional

Dewan Pimpinan Pusat Partai Golongan Karya, Kamis (18/10/2018) di Jakarta menggelar acara istighatsah dan peringatan Hari Santri Nasional sebagai rangkaian HUT ke-54 Golkar.

Ilustrasi Banjir (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 06:40 WIB

1.700 Paket Sumbangan Dari Presiden untuk Korban Banjir Mandailing

Presiden Joko Widodo memberikan bantuan kepada warga korban banjir bandang di Desa Muara Saladi, Kecamatan Ulu Pungkut, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara.

Jemaah haji (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 06:20 WIB

BPKH: Dana Haji Rp37,9 Triliun Diinvestasikan di SBSN

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) meyakinkan, bahwa pengelolaan dana haji dilakukan secara optimal, profesional, syariah, transparan, efisien, dan nirlaba.

Ilustrasi Industri Baja

Jumat, 19 Oktober 2018 - 06:05 WIB

Penuhi Kebutuhan Pasar Domestik, Kemenperin Pacu Peningkatan Kapasitas Industri Baja

Kementerian Perindustrian terus memacu pertumbuhan dan peningkatan kapasitas industri baja di dalam negeri agar mampu memenuhi kebutuhan pasar domestik.

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 06:00 WIB

Berada di Posisi Cincin Api, Masyarakat Harus Siap Hadapi Bencana

Presiden Joko Widodo mengingatkan masyarakat untuk siaga dan waspada bencana karena posisi Indonesia yang berada di garis cincin api.