Industri TPT Hanya Akan Tumbuh 5-6 Persen di 2018

Oleh : Ridwan | Jumat, 05 Januari 2018 - 13:45 WIB

Industri Tekstil
Industri Tekstil

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Peneliti Institue for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara memproyeksi pertumbuhan industri tekstil dan produk tekstil (TPT) akan tumbuh 5-6 persen di tahun 2018.

"Perhelatan Pilkada akan turut mendorong pertumbuhan industri TPT Nasional," ujar Bhima saat dihubungi INDUSTRY.co.id di Jakarta, Jumat (5/1/2017).

Selain itu, lanjutnya, industri tekstil yang berorientasi ekspor juga mulai tumbuh positif seiring permintaan amerika dan eropa yang semakin membaik.

"Ini merupakan peluang bagi industri dalam negeri untuk terus ekspansi keluar dengan peningkatan kualitas dan perluasan pasar ekspor," terangnya.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Ade Sudrajat optimis memasuki tahun politik penjualan tekstil dan produk tekstil (TPT) akan meningkat dibandingkan tahun lalu.

"Kegiatan Pilkada serentak tahun ini akan mendongkrak penjualan hingga 10 persen," ungkapnya.

Ade berharap tingginya permintaan TPT dapat memberikan nafas segar bagi pengusaha. Sebab, penjualan domestik tahun lalu dirasakan kurang menguntungkan.

Berdasarkan catatan API penjualan tekstil domestik hanya mencapai Rp90 triliun. Angka tersebut menurun jika dibandingkan penjualan tahun sebelumnya yang mencapai Rp105 triliun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ridwan Kamil

Senin, 24 September 2018 - 21:30 WIB

Kang Emil akan Berikan Santunan kepada Korban Pengeroyokan Oknum Bobotoh

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) , akan memberikan santunan kepada keluarga korban pengeroyokan yang dilakukan oleh oknum Bobotoh, jelang pertandingan Persib Bandung vs Persija Jakarta,…

Tersangka Tindak Pidana (Foto Ist)

Senin, 24 September 2018 - 21:00 WIB

Polisi Bandung Tangkap Tujuh Pelaku Pengeroyokan Anggota Jakmania

Polisi telah menangkap tujuh tersangka pelaku dugaan pengeroyokan terhadap seorang pendukung Persija bernama Haringga Sirla (23) yang berujung tewasnya pemuda tersebut.

Teluk Bintuni

Senin, 24 September 2018 - 20:38 WIB

Butuh Dana Rp 1,7 Triliun Kembangkan Industri Teluk Bintuni

Kementerian Perindustrian mendorong percepatan pembangunan kawasan industri Teluk Bintuni, Papua Barat. Langkah yang akan dilakukan melalui skema kerja sama Permerintah dan Badan Usaha (KPBU)…

Pertamina (Foto: Ist)

Senin, 24 September 2018 - 20:00 WIB

Kejagung: Investasi di Australia Rugikan Pertamina Rp568 Miliar

Kejaksaan Agung menegaskan kerugian keuangan negara akibat dugaan korupsi investasi PT Pertamina di Blok Basker Manta Gummy (BMG) Australia pada tahun 2009 mencapai Rp568 miliar.

BRI Sediakan Pembiayaan Tagihan Faskes Mitra BPJS Kesehatan (Foto Meirino)

Senin, 24 September 2018 - 19:45 WIB

BRI Sediakan Pembiayaan Tagihan Faskes Mitra BPJS Kesehatan

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk menyediakan skema pembayaran tagihan fasilitas kesehatan mitra Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Hal ini ditandai dengan adanya penandatangan…