Kagami Mochi, Kue Keberuntungan di Jepang yang dikonsumsi Awal Tahun

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 05 Januari 2018 - 13:15 WIB

Kagami Mochi Kue Kebertungan di Jepang (Foto:matcha-jp.com)
Kagami Mochi Kue Kebertungan di Jepang (Foto:matcha-jp.com)

INDUSTRY.co.id, Jepang - Menyambut tahun baru 2018, berbagai negara di belahan dunia memiliki tradisi dan tata cara untuk memeriahkan pergantian tahun berikutnya.  Seperti di Jepang, penduduk Jepang biasanya mengkonsumsi kue sejak dahulu. Kagami Mochi, merupakan kue hasil dekorasi dari Mochi (kue beras ketan) yang biasanya disajikan saat Tahun Baru di Jepang.

Dikutip dari facebook Japan National Tourism Organization, Jumat (5/1/2018), biasanya kue ini akan ada pada akhir bulan November hingga awal Januari dengan berbagai tampilan dan dengan berbagai ukuran. Kue ini biasanya didapatkan di beberapa supermarket, toko serba ada, serta kedai makanan.

Kagami Mochi umumnya terdiri dari dua lapis kue mochi yang ditumpuk, dengan buah daidai (nama sejenis varietas jeruk di Asia), di bagian atasnya. Singkat cerita, Kagami Mochi ini merupakan salah satu tradisi sejak periode Muromachi Jepang (1336-1573), dan digunakan untuk menyambut Tahun Baru.

Orang Jepang biasanya menempatkan Kagami Mochi di tempat yang sangat terlihat di sekitar rumah mereka sebagai dekorasi Tahun Baru. Selain sebagai dekorasi, mochi juga bisa disajikan sebagai shiruko (sup kacang merah manis dengan mochi) yang biasanya disajikan saat musim dingin di Jepang.

Kagami Mochi ini juga salah satu kue yang dapat menarik keberuntungan dan kebahagiaan di tahun baru.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Maskapai Garuda Indonesia

Selasa, 25 September 2018 - 12:00 WIB

Garuda Indonesia Siapkan 10 Penerbangan Tambahan Selama Pertemuan IMF-WB

Maskapai Garuda Indonesia menyiapkan 10 penerbangan tambahan selama penyelenggaraan Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia (IMF-WB) di Bali pada 12-14 Oktober 2018.

Smartphone Realme

Selasa, 25 September 2018 - 11:53 WIB

Catat Tanggalnya, Smartphone Dengan Layar Notch Pertama Realme 2 Akan Segera Diluncurkan

Setelah secara resmi mengumumkan kehadirannya di pasar Indonesia, Realme akan segera menggelar konferensi pers di Indonesia dan Asia Tenggara untuk pertama kalinya pada tanggal 9 Oktober…

Dirjen IKTA Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono bersama Direktur Pelumas PT Shell Indonesia Dian Andyasuri saat mengunjungi Pabrik Pabrik Pelumas Shell Indonesia di Marunda, Bekasi (Foto: Dok. Industry.co.id)

Selasa, 25 September 2018 - 11:49 WIB

Importir Keberatan Aturan Wajib SNI Pelumas

Baru-baru ini Kementerian merilis aturan standar nasional Indonesia (SNI) wajib untuk pelumas, melalui peraturan Menteri Perindustrian Nomor 25 tentang pemberlakuan SNI Pelumas secara wajib.…

Pertambangan di Indonesia

Selasa, 25 September 2018 - 11:36 WIB

Dua Perusahaan Ini Bergabung Jadi Penambang Emas Terbesar Dunia

Barrick Gold, salah satu perusahaan penambangan emas terbesar di dunia, membeli perusahaan saingannya Randgold. Penggabungan dua penambang emas ini menciptakan penguasa baru di industri emas…

Lion Air (Foto Ist)

Selasa, 25 September 2018 - 11:30 WIB

Tingkatkan Sektor Logistik, Lion Bidik Terbang ke Myanmar

Lion Air Group membidik Myanmar untuk pengembangan rute internasional di kawasana Asia Tenggara.