Sempat Mati Suri, Industri Ritel Segera Bangkit di 2018

Oleh : Ridwan | Jumat, 05 Januari 2018 - 08:30 WIB

Ilustrasi Industri Ritel (bisnisaceh.com)
Ilustrasi Industri Ritel (bisnisaceh.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Indonesia akan segera memasuki tahun politik untuk dua tahun kedepan. Pengusaha ritel optimis kegiatan politik menjadi salah satu faktor positif bagi industri ritel Tanah Air.

"Kegiatan politik di 2018 menjadi salah satu faktor positif bagi industri ritel. Pasalnya, kagiatan kampanye akan mendorong tim sukses membelanjakan anggarannya cukup besar," ujar Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy Mendey di Jakarta (4/1/2018).

Ia optimis, kondisi tersebut bakal menggairahkan usaha ritel. Sebab, kegiatan yang berkaitan dengan kampanye mampu memberi kontribusi terhadap aktivitas belanja di toko ritel.

"Ini yang kami lihat menjadi suatu peluang, kesempatan untuk tahun ini karena adanya pilkada yang cukup banyak," terangnya.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menilai, pesta demokrasi tahun ini lebih kon­dusif ketimbang 2017.

"Sepertinya industri ritel mulai bangkit, dan nanti kami perkirakan di 2018 politik itu pengaruhnya sangat kecil," ungkap Haryadi.

Hariyadi menilai, iklim politik akan kondusif. Karena pada pilkada tahun ini, tidak ada tokoh kontroversial yang berpotensi menyulut atmospir politik hingga mampu memecah-belah masyarakat.

"Kondisi politik yang tidak stabil seperti tahun lalu lebih berimbas negatif bagi kalangan kelas menengah," katanya.

Padahal, lanjut Hariyadi, kelas menengah menjadi salah satu tumpuan untuk menggerakkan bisnis di bidang ritel. "Tahun lalu mereka cenderung menahan belanja mengingat kondisi politik yang kurang bersahabat," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…