Kedatangan Kapal Pesiar Turun 55 Persen, Kunjungan Wisatawan ke Lombok Menurun

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 04 Januari 2018 - 17:55 WIB

Pariwisata Lombok
Pariwisata Lombok

INDUSTRY.co.id, Lombok Barat - Tercatat sebanyak delapan kali pada tahun 2017 jumlah kapal pesiar ke Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, melalui Pelabuhan Lembar.  PT Pelabuhan Indonesia (Persero) III Cabang Lembar mencatat jumlah ini menurun 55 persen dibandingkan pada tahun 2016 lalu.

"Jumlah kapal pesiar yang singgah di Pelabuhan Lembar pada 2016 sebanyak 18 kapal, tapi pada 2017 hanya delapan kapal," kata General Manager Pelindo III Cabang Lembar Baharuddin di Lombok Barat, Rabu, (3/1/2017).

Ia mengatakan berkurangnya jumlah kapal pesiar yang singgah juga berdampak terhadap penurunan jumlah penumpang atau wisatawan dari 52.944 orang pada 2016 menjadi 8.745 orang pada 2017.

Penurunan tersebut disebabkan karena faktor cuaca yang kurang bagus di perairan Indonesia, khususnya pada Desember 2017. Berbeda dengan periode yang sama tahun sebelumnya jumlah kapal pesiar yang singgah sebanyak 3 kapal.

"Tapi pada Desember 2017 tidak ada sama sekali kapal pesiar yang datang membawa ribuan wisatawan," ujarnya.

Penyebab lain, menurut Baharuddin, yakni adanya kapal pesiar yang langsung menuju Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara, tanpa melalui Pelabuhan Lembar yang merupakan terminal resmi bagi kapal pesiar dari berbagai negara.

Dari informasi yang diperoleh, jumlah kapal pesiar yang langsung ke Gili Trawangan pada 2017 sebanyak 3 kapal. Rata-rata setiap kapal membawa 1.000 orang wisatawan.

Pria kelahiran Kabupaten Bima ini mengaku tidak memiliki kewenangan untuk melakukan pelarangan terhadap kapal pesiar yang langsung menuju pulau destinasi wisata terkenal di dunia itu.

"Kami hanya bisa berharap kepada pihak terkait untuk memberikan perhatian serius terhadap adanya kapal-kapal pesiar berukuran besar yang langsung jangkar di Gili Trawangan," ucapnya pula.

Perlunya memberi perhatian, menurut dia, karena Gili Trawangan merupakan kawasan konservasi sekaligus destinasi wisata yang sudah menjadi ikon pariwisata NTB.

Jika kawasan konservasi tersebut terus didatangi kapal pesiar berukuran relatif besar dikhawatirkan akan mempengaruhi kelestarian ekosistem perairan laut Gili Matra (Gili Air, Meno dan Trawangan).

"Jangan sampai di area tidak resmi kapal pesiar berpenumpang ribuan wisatawan boleh berlabuh. Kita harus pikirkan masa depan pariwisata Lombok yang sedang berkembang," kata Baharuddin. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin