Presiden Jokowi Diminta Tidak Melupakan Jasa Kerajaan Nusantara

Oleh : Herry Barus | Kamis, 04 Januari 2018 - 15:34 WIB

Presiden Jokowi menerima audensi puluhan raja dan sultan (Foto Setkab)
Presiden Jokowi menerima audensi puluhan raja dan sultan (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Bogor- Presiden Joko Widodo diminta untuk tidak melupakan jasa kesultanan dan kerajaan di nusantara dalam sumbangsihnya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Tolong melihat, kesultanan-kesultanan se-Nusantara, karena jasa kesultanan terhadap republik ini terlalu besar," kata Panglima Kesultanan Tidore Kapitan Muhammad Ali Alting setelah audiensi antara para raja dan sultan se-nusantara dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (4/1/2017)

Ia mencontohkan, sebab Kerajaan Tidore pula maka Papua masuk ke pangkuan NKRI.

Menurut dia, nasib Papua ketika itu ditentukan dalam pertemuan atau konferensi Malino di Denpasar Bali yang membicarakan tiga opsi.

"Pertama diminta PBB apakah Papua mau berdiri sendiri, ditolak tidak mau, kedua apakah Tidore dengan Papua berdiri sendiri, tidak mau, berdiri dengan negara boneka, tidak mau, apakah Tidore dengan Papua mau bergabung diri dengan NKRI, moyang kami memilih itu, sehingga jasa Kesultanan Tidore harus diingat para petinggi republik ini," katanya.

Terkait isu sparatis yang kemudian berkembang di Papua khususnya, ia berpendapat sejatinya masyarakat Papua tidak menuntut kemerdekaan, melainkan perlakuan adil termasuk dalam pembagian jatah pendapatan.

Oleh karena itu, ia menambahkan jika Pemerintah melibatkan kesultanan untuk menangkal isu sparatis maka hal itu akan lebih mudah dilakukan.

"Bisa, bisa karena kita saling mengikat saling mendengar. Itu ada ratunya itu. Jadi begini, otonomisasi sebelum dijalankan di republik ini, di kesultanan kami sudah, sehingga Papua itu masuk. Perpanjangan tangan, itu Papua, Rajaampat ada raja-raja itu perpanjangan tangan dari Sultan Tidore, jadi otonomisasi belum dilaksanakan, sudah dilaksanakan kesultanan," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…

Kepulauan Morotai, Maluku Utara. (Foto: IST)

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:12 WIB

Gubernur Maluku Utara Dorong Pulau Morotai Jadi Lumbung Ikan

Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba mendorong Pulau Morotai menjadi lumbung ikan.