Presiden Jokowi Diminta Bentuk Unit Kerja Keraton

Oleh : Herry Barus | Kamis, 04 Januari 2018 - 15:26 WIB

Presiden Jokowi menerima audensi puluhan raja dan sultan (Foto Setkab)
Presiden Jokowi menerima audensi puluhan raja dan sultan (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Joko Widodo diminta untuk membentuk unit kerja kepresidenan yang melibatkan unsur-unsur keraton dan kerajaan yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

Raja Kesultanan Lampung Edward Syah Pernong setelah melakukan audiensi bersama puluhan raja dan sultan se-nusantara dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (4/1/2017) mengharapkan unsur keraton ada di unit kerja kepresidenan.

"Sehingga setiap hari kita bisa memberikan kontribusi dan interaksi dengan kebijakan-kebijakan Bapak Presiden, dan hal-hal yang ada pada suara di bawah sehingga Bapak bisa memonitor langsung, bukan hanya pada tingkat-tingkat laten, tapi juga pada tingkat-tingkat manifest," kata Edward yang pernah menjabat sebagai perwira tinggi kepolisian itu.

Dalam audiensi dengan Presiden, ia secara langsung menyampaikan bahwa dalam jangka pendek, ia ingin keterlibatan keraton dapat diterapkan secara nyata implementasi dan interaksinya.

"Jadi kami bisa ikut memberikan kontribusi dalam pembangunan ini. Sehingga kami mengharapkan keraton ini ada dalam unit kerja kepresidenan," tuturnya.

Sedangkan untuk jangka menengah dimana setiap keraton memiliki karakter spesifik yang berbeda-beda maka ia berharap unsur keraton dapat masuk dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah agar dapat menentukan arah pembangunan di daerah masing-masing.

Menurut dia, hal itu sulit dicapai tanpa ada kebijakan langsung dari Presiden.

Ia juga secara khusus meminta agar ada Undang-Undang proteksi yang memberikan perlindungan kepada kerajaan-kerajaan.

"Kami ingin kerajaan nusantara ada UU Proteksi yang memberikan perlindungan kepada kerajaan-kerajaan, memberikan perlindungan kepada pemimpin informal sehingga kebijakan-kebijakan yang ada dilandasi kebijakan yang berkebudayaan," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 19:10 WIB

Menteri Airlangga: Peningkatan Investasi Dorong Tumbuhnya Populasi Industri

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyampaikan, peningkatan investasi dapat mendorong pertumbuhan populasi industri.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:53 WIB

Rupiah Senin Sore Menguat di Posisi Rp14.586

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (19/11/2018) ini menguat sebesar sembilan poin menjadi Rp14.586 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.595…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:45 WIB

BRI Cabang Purwokerto Salurkan KUR Rp442,218 Miliar

Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sampai dengan Oktober 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp442,218 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 17:40 WIB

Menperin Airlangga: Relaksasi DNI Pacu Investasi Sektor Industri

Pemerintah terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA). Investasi, khususnya di sektor industri, menjadi salah…