Mentan Andi Akui Generasi Penerus Petani Sulit Didapatkan

Oleh : Hariyanto | Kamis, 04 Januari 2018 - 12:19 WIB

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman (Ist)
Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman (Ist)

INDUSTRY.co.id - Karawang- Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyatakan para petani di tanah air banyak yang berusia tua dan sulit mendapatkan generasi penerus dari pemuda.

"Kita ketahui memang jarang sekali pemuda yang menginginkan menjadi petani. Pertama karena dianggap miskin, kotor dan sangat melelahkan. Permasalahan inilah yang harus kita carikan solusinya," katanya, disela menghadiri panen raya di Kabupaten Karawang, Jabar, Rabu.

Ia menyayangkan kondisi itu, karena peranan petani sangat penting dalam menjaga kedaulatan pangan di Indonesia.

Menurut dia, pemerintah saat ini tengah berusaha mengubah paradigma buruk pekerjaan menjadi petani. Petani-petani di Indonesia dinilai harus menjadi petani modern yang mensejahterakan diri mereka.

"Kita akan membuat petani modern. Kalau dulu bajak sawah itu menggunakan kerbau, panen menggunakan arit. Jangan ada lagi, petani kita harus lebih maju," katanya.

Amran mengatakan, di antara upaya pemerintah saat ini ialah terus memperbaiki teknologi-teknologi pertanian di Indonesia yang jauh modern.

"Bantuan alsintan (alat dan mesin pertanian) kita berikan, teknologi benih yang tahan hama dan bisa menghasilkan panen 9-10 ton per hektare kita berikan cuma-cuma. Jadi tidak ada lagi jika petani kita dianggap kotor, capek dan lelah," kata dia.

Selain paradigma petani yang kotor, pemerintah juga akan mengubah paradigma lain di bidang pertanian, yakni melakukan penghentian impor sejumlah komoditas.

"Seperti beras, sudah tiga tahun terakhir sejak 2016, 2017 hingga 2018 kita tidak impor. Kebutuhan beras kita terpenuhi," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Official store Unilever Indonesia di Bukalapak

Selasa, 17 Juli 2018 - 11:13 WIB

Bukalapak Luncurkan Official Store Unilever Indonesia

Bukalapak sebagai online marketplace terbesar di Indonesia, hari ini meluncurkan Official Store Unilever Indonesia. Para pengguna produk Fast Moving Consumer Goods atau FMCG dari brand ternama,…

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated

Selasa, 17 Juli 2018 - 10:56 WIB

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated Akan Komisioning Launcher Gantry untuk Erection Steel Box Girder

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated akan menggunakan launcher gantry sebagai alat erection steel box girder. Sebelumnya, PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku pengelola Jalan Tol…

Aplikasi MAXStream Telkomsel (Foto Ist)

Selasa, 17 Juli 2018 - 10:55 WIB

Diunduh Lebih dari 4 Juta Kali dalam Sebulan, MAXstream Hadirkan Mobile Digital Experience

Telkomsel sebagai Licensed Mobile Broadcaster Piala Dunia 2018, telah berhasil menghadirkan rangkaian acara pesta sepakbola terbesar di dunia tersebut khusus bagi pelanggannya melalui aplikasi…

Aplikasi Tik Tok adakan kompetisi online 'Tik Tok Idola'. (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)

Selasa, 17 Juli 2018 - 10:50 WIB

Aplikasi Tik Tok Berkomitmen untuk Pengembangan Jangka Panjang di Indonesia

Tik Tok baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka secara aktif sedang menjajaki kesempatan untuk bekerjasama dengan sejumlah pemangku kepentingan di Indonesia seperti institusi pemerintah, organisasi…

Proyek Bandara Kediri (dok Dephub)

Selasa, 17 Juli 2018 - 10:37 WIB

Pengerjaan Bandara Kediri, Tinggal Tanda Tangan Presiden Jokowi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan pembangunan bandara di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, saat ini hanya tinggal menunggu tanda tangan Presiden agar menjadi…