Maskapai CSA Segera Angkut Wisman RRT ke Manado

Oleh : Herry Barus | Jumat, 06 Januari 2017 - 05:38 WIB

Ilustrasi Bandara
Ilustrasi Bandara

INDUSTRY.co.id - Maskapai penerbangan asal Republik Rakyat Tiongkok (RRT), China Soutern Airlines (CSA) akan membuka jalur penerbangan ke Manado, Sulawesi Utara, pada 2017.

"Sesuai penyampaian Asisten Deputi Promosi Mancanegara Divisi Asia Pasifik Kementerian Pariwisata, Vincent Djemadu, kepada Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw, pihak CSA sudah bermohon izin kepada Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, untuk hal tersebut," kata Staf Khusus Waknur Sulut Bidang Pariwisata, Dino Gobel, di Manado, Kamis (5/1).

Gobel mengatakan, CSA tidak hanya mau membuka penerbangan langsung Tiongkok-Manado, tetapi juga hendak berinvestasi dalam bidang pariwisata di Indonesia, terutama di Sulawesi Utara dan Manado.

Menurut Gobel, sebagai bentuk keseriusan CSA untuk membuka jalur penerbangan ke Manado, pihaknya akan bertemu dengan pemerintah Sulut pada 18 Januari nanti.

Dia mengatakan, jika CSA sudah resmi beroperasi, maka tingkat kunjungan wisatawan akan makin tinggi di Sulawesi Utara, sehingga target yang ditetapkan pemerintah juga akan tercapai.

"Sebagai bukti, terhitung sejak 1 Juli 2016, wisatawan mancanegara yang mengunjungi Sulawesi Utara sebanyak 37 ribu orang, dimana 21 ribu diantaranya berasal dari RRT," katanya.

Di sisi lain di berharap kiranya masyarakat Sulawesi Utara termasuk Manado akan semakin berbenar, sehingga bisa menyambut wisatawan dengan baik, dan membuat yang sudah berkunjung merasa terkesan dan mau kembali lagi.

Kepala Dinas Pariwisata Manado, Hendrik Warokka, menyambut baik hal tersebut, sebab menurutnya dengan bertambahnya maskapai penerbangan tentu akan mendatangkan keuntungan bagi daerah.

Selain itu, menurut Warokka, Manado sebagai pintu masuk pariwisata ke Sulawesi Utara tentu akan menikmati keuntungan besar dari bertambahnya maskapai penerbangan yang beroperasi di sini, karena banyaknya turis yang datang akan membuat perekonomian masyarakat juga berkembang.

"Kita berharap semoga rencana dari CSA bisa segera berjalan dan terlaksana di Sulut dan Manado khususnya sehingga juga bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Manado," katanya.(Ant/Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…