Waduh! Konsumsi Mochi Ternyata Bikin Bahaya

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 03 Januari 2018 - 19:00 WIB

Kue Mochi, Makanan Khas Jepang yang dimakan Saat Malam Tahun Baru (Foto: en.rocketnews24.com)
Kue Mochi, Makanan Khas Jepang yang dimakan Saat Malam Tahun Baru (Foto: en.rocketnews24.com)

INDUSTRY.co.id, Jepang - Berbagai tradisi yang dilakukan oleh penduduk di berbagai negara, mempunyai kepercayaan masing-masing. Seperti para penduduk di Jepang yang memakan Mochi tiap menjelang akhir tahun. Kue Mochi sendiri adalah simbol umur panjang yang diyakini oleh penduduk Jepang.

Namun, Kue Mochi kini tiap tahunnya membawa bahaya bagi orang yang mengkonsumsinya. Dikutip Industry.co.id, dari rocketnews24, Rabu (3/1/2018), bahwa Kue Mochi atau yang disebut Osechi (makanan Tahun Baru). Kue Mochi memiliki terkstur yang melar sehingga sulit untuk digigit. Terutama bagi lansia yang memakan kue tersebut.

Dengan teksturnya yang lembut dan melar, menyebabkan orang mencoba menelan mochi mereka dalam jumlah yang lebih besar. Dan, tiap tahunnya dikabarkan sejumlah orang tua di Jepang tersedak saat memakan Mochi tersebut.

Diketahui, tahun ini, Departemen Pemadam Kebakaran Tokyo melaporkan bahwa pada pukul 9 malam. Pada tanggal 1 Januari 2018, ada 15 warga Tokyo dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis darurat, hal ini lantaran mereka memakan Mochi. Usia mereka berkisar antara 55 dan 90 tahun, dan dua pria, dilaporkan berusia 50 tahun dan yang berusia 80 tahun, tewas saat Kue Mochi tersangkut dan tidak bisa dikeluarkan.

Di Jepang, perayaan Tahun Baru secara tradisional berlanjut sampai tanggal 3 Januari, yang berarti masih banyak osechi, dan dengan demikian lebih banyak mochi, untuk dimakan. Untuk itu, pemadam kebakaran menghimbau para penduduk khususnya para orang tua jika ingin memakan Mochi harus dipotong kecil dahulu sebelum memakannya dan menelannya dengan hati-hati.

Departemen ini juga meminta para wisatawan untuk memperhatikan para kerabat tua dan temannya untuk menghubungi bantuan atau paramedis jika mereka mengalami kesulitan menelan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:00 WIB

GI Maskapai Global dengan Capaian OTP Terbaik di Dunia Periode Desember 2018-Februari 2019

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berhasil mencatatkan capaian tertinggi On Time Performance (OTP) terbaik untuk kategori maskapai penerbangan global dengan jumlah penerbangan di…

Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong Industri Tenun dan Batik Gunakan Benang Bemberg

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) terus mendorong penyediaan bahan baku untuk industri tenun dan batik nasional.

Titiek Soeharto (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:00 WIB

Titiek Soeharto: Capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Pasti Menang

Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Titiek Soeharto, optimistis pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 itu akan menang dalam…