Waduh! Konsumsi Mochi Ternyata Bikin Bahaya

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 03 Januari 2018 - 19:00 WIB

Kue Mochi, Makanan Khas Jepang yang dimakan Saat Malam Tahun Baru (Foto: en.rocketnews24.com)
Kue Mochi, Makanan Khas Jepang yang dimakan Saat Malam Tahun Baru (Foto: en.rocketnews24.com)

INDUSTRY.co.id, Jepang - Berbagai tradisi yang dilakukan oleh penduduk di berbagai negara, mempunyai kepercayaan masing-masing. Seperti para penduduk di Jepang yang memakan Mochi tiap menjelang akhir tahun. Kue Mochi sendiri adalah simbol umur panjang yang diyakini oleh penduduk Jepang.

Namun, Kue Mochi kini tiap tahunnya membawa bahaya bagi orang yang mengkonsumsinya. Dikutip Industry.co.id, dari rocketnews24, Rabu (3/1/2018), bahwa Kue Mochi atau yang disebut Osechi (makanan Tahun Baru). Kue Mochi memiliki terkstur yang melar sehingga sulit untuk digigit. Terutama bagi lansia yang memakan kue tersebut.

Dengan teksturnya yang lembut dan melar, menyebabkan orang mencoba menelan mochi mereka dalam jumlah yang lebih besar. Dan, tiap tahunnya dikabarkan sejumlah orang tua di Jepang tersedak saat memakan Mochi tersebut.

Diketahui, tahun ini, Departemen Pemadam Kebakaran Tokyo melaporkan bahwa pada pukul 9 malam. Pada tanggal 1 Januari 2018, ada 15 warga Tokyo dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis darurat, hal ini lantaran mereka memakan Mochi. Usia mereka berkisar antara 55 dan 90 tahun, dan dua pria, dilaporkan berusia 50 tahun dan yang berusia 80 tahun, tewas saat Kue Mochi tersangkut dan tidak bisa dikeluarkan.

Di Jepang, perayaan Tahun Baru secara tradisional berlanjut sampai tanggal 3 Januari, yang berarti masih banyak osechi, dan dengan demikian lebih banyak mochi, untuk dimakan. Untuk itu, pemadam kebakaran menghimbau para penduduk khususnya para orang tua jika ingin memakan Mochi harus dipotong kecil dahulu sebelum memakannya dan menelannya dengan hati-hati.

Departemen ini juga meminta para wisatawan untuk memperhatikan para kerabat tua dan temannya untuk menghubungi bantuan atau paramedis jika mereka mengalami kesulitan menelan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Sutopo Purwo Nugroho, Humas BNPB

Kamis, 17 Januari 2019 - 09:00 WIB

Industri Pariwisata Rentan Terganggu Bencana

Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan industri pariwisata sangat rentan terganggu oleh bencana apabila…

Pesawat Citilink / https://www.citilink.co.id

Kamis, 17 Januari 2019 - 08:55 WIB

Maskapai Digital, Maskapai Citilink Luncurkan Wifi Gratis

Maskapai Citilink Indonesia meluncurkan wifi gratis dalam penerbangan (wifi on board) rute Jakarta-Denpasar QG 684.

PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) (Foto Ist)

Kamis, 17 Januari 2019 - 08:47 WIB

IHSG Akan Tertekan Pada Perdagangan Hari Ini

Jakarta - Secara teknikal IHSG bergerak terkonsolidasi cenderung negatif dengan pola northern star dengan indikasi terkoreksi jangka pendek. Indikator Stochastic bergerak pada area overbought…

Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)

Kamis, 17 Januari 2019 - 08:28 WIB

Tema Debat Capres Perdana Tentang Korupsi, Hak Asasi dan Terorisme

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat perdana debat calon presiden dan wakil presiden yang berkompetisi dalam pemilihan umum 2019 pada Kamis malam (17/1/2019)

Ekonom Universitas Gadjah Mada A. Tony Prasetiantono (Foto Ist)

Kamis, 17 Januari 2019 - 08:15 WIB

Berita Duka, Ekonom Tony Prasetiantono Meninggal Dunia

Tony Prasetiantono, Ekonom yang juga Guru Besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM), meninggal dunia pada Rabu (16/1/2019) pukul 23.30 WIB di Jakarta.