Waduh! Konsumsi Mochi Ternyata Bikin Bahaya

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 03 Januari 2018 - 19:00 WIB

Kue Mochi, Makanan Khas Jepang yang dimakan Saat Malam Tahun Baru (Foto: en.rocketnews24.com)
Kue Mochi, Makanan Khas Jepang yang dimakan Saat Malam Tahun Baru (Foto: en.rocketnews24.com)

INDUSTRY.co.id, Jepang - Berbagai tradisi yang dilakukan oleh penduduk di berbagai negara, mempunyai kepercayaan masing-masing. Seperti para penduduk di Jepang yang memakan Mochi tiap menjelang akhir tahun. Kue Mochi sendiri adalah simbol umur panjang yang diyakini oleh penduduk Jepang.

Namun, Kue Mochi kini tiap tahunnya membawa bahaya bagi orang yang mengkonsumsinya. Dikutip Industry.co.id, dari rocketnews24, Rabu (3/1/2018), bahwa Kue Mochi atau yang disebut Osechi (makanan Tahun Baru). Kue Mochi memiliki terkstur yang melar sehingga sulit untuk digigit. Terutama bagi lansia yang memakan kue tersebut.

Dengan teksturnya yang lembut dan melar, menyebabkan orang mencoba menelan mochi mereka dalam jumlah yang lebih besar. Dan, tiap tahunnya dikabarkan sejumlah orang tua di Jepang tersedak saat memakan Mochi tersebut.

Diketahui, tahun ini, Departemen Pemadam Kebakaran Tokyo melaporkan bahwa pada pukul 9 malam. Pada tanggal 1 Januari 2018, ada 15 warga Tokyo dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis darurat, hal ini lantaran mereka memakan Mochi. Usia mereka berkisar antara 55 dan 90 tahun, dan dua pria, dilaporkan berusia 50 tahun dan yang berusia 80 tahun, tewas saat Kue Mochi tersangkut dan tidak bisa dikeluarkan.

Di Jepang, perayaan Tahun Baru secara tradisional berlanjut sampai tanggal 3 Januari, yang berarti masih banyak osechi, dan dengan demikian lebih banyak mochi, untuk dimakan. Untuk itu, pemadam kebakaran menghimbau para penduduk khususnya para orang tua jika ingin memakan Mochi harus dipotong kecil dahulu sebelum memakannya dan menelannya dengan hati-hati.

Departemen ini juga meminta para wisatawan untuk memperhatikan para kerabat tua dan temannya untuk menghubungi bantuan atau paramedis jika mereka mengalami kesulitan menelan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Rabu, 26 September 2018 - 09:20 WIB

IHSG Dalam Zona Negatif

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Diperkirakan IHSG masih akan bergerak pada zona negatif meskipun terbatas dengan rentan pergerakan 5781-5903. Saham-saham yang masih dapat…

Gondola Climbing

Rabu, 26 September 2018 - 08:50 WIB

Jebsen &Jessen; dan Solusinya Industri Indonesia untuk Tingkatkan National Competitiveness

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Chairman Jebsen & Jessen (SEA), Heinrich Jessen mengemukakan bahwa group perusahaan memberikan dukungan terhadap agenda pertumbuhan ekonomi…

Samsung Salurkan Donasi Senilai Rp 1,5 Miliar Untuk Korban Gempa Lombok

Rabu, 26 September 2018 - 08:20 WIB

Gandeng PMI, Samsung Salurkan Donasi Senilai Rp 1,5 Miliar Untuk Korban Gempa Lombok

Samsung Peduli Lombok Bersama PMI Bangun 500 Hunian Sementara, Pengadaan 200.000 liter Air Bersih, dan Layanan Kesehatan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Rabu, 26 September 2018 - 08:02 WIB

Menteri PUPR Dukung BUMN Karya Kembangkan Sayap Go International

Kemampuan memenuhi standar mutu internasional diperlukan untuk meningkatkan ekspor jasa konstruksi nasional. Salah satu negara yang telah menjadi tujuan ekspor jasa konstruksi Indonesia adalah…

TP-Link Hadirkan Rangkaian Produk Inovatif

Rabu, 26 September 2018 - 07:54 WIB

Maksimalkan Internet of Things, TP-Link Hadirkan Rangkaian Produk Inovatif

Kehadiran IoT yang Didukung Perangkat Internet Canggih Membuat Aktivitas Manusia Menjadi Semakin Mudah