PT Pelni Siapkan Empat Kapal Layani Arus Mudik

Oleh : Herry Barus | Rabu, 03 Januari 2018 - 14:21 WIB

PT Pelni (Persero)
PT Pelni (Persero)

INDUSTRY.co.id - Ambon- PT.Pelni Cabang Ambon mempersiapkan empat kapal putih untuk melayani arus balik di Kawasan Timur Indonesia (KTI) terutama arus penumpang dari Ambon menuju Papua.

"Jadi kami siapkan empat kapal yang akan melayani arus balik yang diperkirakan akan terjadi pada hari Jumat tanggal 5 Januari 2018," kata Kepala Operasi PT.Pelni Cabang Ambon Djasman, Rabu (3/1/2017)

Ke empat kapal itu masing-masing KM.Tidar, KM.Ngapulu, KM.Cerimai, KM.Kalimutu nantinya akan berlayar dari pelabuhan Ambon menuju Papua dengan menyinggahi pelabuhan Sorong sampai dengan Jayapura.

Setelah itu kembali lagi ke Ambon dan kembali lagi menuju Papua, jadi setelah tiba di Ambon tidak berlayar lagi ke barat tetapi kembali ke timur.

"Dari ke empat kapal itu dua diantaranya KM.Tidar, KM.Ngapulu setelah tiba di pelabuhan Ambon harus melayani penumpang ke arah Maluku Tenggara nanti setelah kembali baru berlayar lagi menuju Papua," ujarnya.

Ditanya perkembangan arus mudik yang nantinya akan terjadi, Djasman mengatakan, tidak akan terjadi penumpukan penumpang, sebab dengan adanya rekajasa trayek semuanya pasti akan terlayani dengan baik.

"Jadi para penumpang bisa terurai, bahkan bisa menunggu kapal kembali, dan itu terjadi sejak tanggal 24 Desember dengan adanya rekajasa trayek itu, jadi penumpang tidak memaksakan dalam satu tanggal keberangkatan itu harus ikut berlayar," ujarnya.

Apalagi dalam arus balik Natal dan Tahun baru terjadi sembilan trayek rekajasa, lanjutnya, jadi penumpang tidak akan menumpuk.

"Yang jelas sampai sekarang ini tidak ada calon penumpang kapal Pelni yang tidak kebagian tiket, sebab semuanya terlayani dengan baik," ujarnya.

Dengan demikian terhitung tanggal 5 Januari 2018 terjadi arus balik ada dua kapal yang akan berlayar dari Ambon menuju Papua yakni KM.Tidar dan KM.Cerimai, sedangkan pada tanggal 8 Januari 2018 KM.Ngapulu akan berlayar ke Maluku Tenggara.

Djasman menambahkan, selain empat kapal itu di besok hari ada juga kapal KM.Gunung Dempo yang akan menyinggahi pelabuhan setelah melakukan pelayaran dari pelabuhanh Makasar menuju Ambon dan lanjut ke Sorong, Manokwari terus ke Jayapura dan kembali lagi ke wilayah barat tidak menyinggahi pelabuhan Ambon.

"Tetapi sangat menguntungkan sebab sudah bisa membantu arus balik di kawasan timur, sebab hanya satu kali pelayaran, KM.Gunung Dempo ini tidak kembali lagi ke jalur timur, hanya satu kali ini saja," ujarnya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…