Pembangunan Infrastruktur dan Trasportasi Prioritas 2017

Oleh : Herry Barus | Jumat, 06 Januari 2017 - 04:48 WIB

Ilustrasi kapal angkutan di Pelabuhan Muara Angke. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi kapal angkutan di Pelabuhan Muara Angke. (Dimas Ardian/Bloomberg)

INDUSTRY.co.id - Presiden Joko Widodo menyatakan pembangunan infrastruktur dan transportasi yang menjalin konektivitas antarwilayah tetap menjadi prioritas pemerintah pada 2017.

"Memasuki 2017, saya ingin menegaskan kembali prioritas pembangunan infrastruktur dan transportasi yang menjalin konektivitas antarkota, antarkabupaten, antarprovinsi, antarpulau, antarwilayah khususnya di daerah-daerah yang masih sulit dijangkau," kata Presiden Jokowi dalam rapat terbatas di Kantor Presiden Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (5/1).

Menurut Presiden, tujuan utamanya adalah pemerataan pembangunan serta mempersempit ketimpangan antara kota dengan desa, antardaerah, antarwilayah di seluruh pelosok Tanah Air.

Ia menyebutkan agenda ratas membahas mengenai program pengembangan tol laut, biaya logistik dan jembatan udara.

"Saya ingin menegaskan membangun konektivitas bukan semata-mata membangun infrastruktur transportasi tapi juga dikaitkan dengan sistem logistik dan distribusi multimoda," katanya.

Presiden menyebutkan warga di daerah terpencil, perbatasan, terluar, bukan hanya membayar berlipat untuk mendapatkan kebutuhannya tetapi sering mengalami kesulitan mendapatkannya.

"Untuk itu saya minta agar tol laut maupun jembatan udara ini betul-betul terintegrasi dengan kawasan industri dan sentra logistik," katanya.

Presiden juga mengingatkan pembangunan tol laut dan jembatan udara harus mampu menggerakkan ekonomi daerah.

"Jangan hanya barang dari luar bisa masuk tetapi juga bisa mengangkut barang yang dihasilkan daerah untuk dikirim ke daerah lain di seluruh pelosok Tanah Air," kata Presiden Jokowi.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:40 WIB

OTT di Lapas Sukamiskin Hanya Puncak Gunung Es

Pengamat hukum Margarito Kamis menilai terjadinya OTT KPK terhadap kalapas Sukamiskin menunjukkan sistem yang bekerja di Kementerian Hukum dan HAM berjalan tidak baik.

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:20 WIB

Kasus Suap di Lapas Sangat Logis Atasannya Mengetahui

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar menyatakan berulang kali kasus suap di dalam lembaga pemasyarakatan terbongkar hingga sangat logis pejabat atasannya sebenarnya sudah…

Film Aquaman (Foto: Warner Bros)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Segera Tayang, Ini Penampakan Superhero DC Aquaman

Warner Bros telah merilis poster film superhero terbaru Aquaman. film ini akan dirilis akhir tahun mendatang yang akan menyuguhkan film superhero terbaru dari DC.

Wahid Husein Kapalaps Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Wahid Husein Kalapas Sukamiskin Diduga Minta Mobil Secara Gamblang

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan permintaan, mobil, uang, dan sejenisnya oleh Kepala Lapas Sukamiskin Bandung Wahid Husein diduga secara gamblang.

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 22 Juli 2018 - 19:18 WIB

Penerapan Mata Uang Digital Masih Perlu Kajian

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan perubahan gaya hidup masyarakat dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, telah membuat menjamurnya bisnis berbasis digital yaitu…