Pembangunan Infrastruktur dan Trasportasi Prioritas 2017

Oleh : Herry Barus | Jumat, 06 Januari 2017 - 04:48 WIB

Ilustrasi kapal angkutan di Pelabuhan Muara Angke. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi kapal angkutan di Pelabuhan Muara Angke. (Dimas Ardian/Bloomberg)

INDUSTRY.co.id - Presiden Joko Widodo menyatakan pembangunan infrastruktur dan transportasi yang menjalin konektivitas antarwilayah tetap menjadi prioritas pemerintah pada 2017.

"Memasuki 2017, saya ingin menegaskan kembali prioritas pembangunan infrastruktur dan transportasi yang menjalin konektivitas antarkota, antarkabupaten, antarprovinsi, antarpulau, antarwilayah khususnya di daerah-daerah yang masih sulit dijangkau," kata Presiden Jokowi dalam rapat terbatas di Kantor Presiden Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (5/1).

Menurut Presiden, tujuan utamanya adalah pemerataan pembangunan serta mempersempit ketimpangan antara kota dengan desa, antardaerah, antarwilayah di seluruh pelosok Tanah Air.

Ia menyebutkan agenda ratas membahas mengenai program pengembangan tol laut, biaya logistik dan jembatan udara.

"Saya ingin menegaskan membangun konektivitas bukan semata-mata membangun infrastruktur transportasi tapi juga dikaitkan dengan sistem logistik dan distribusi multimoda," katanya.

Presiden menyebutkan warga di daerah terpencil, perbatasan, terluar, bukan hanya membayar berlipat untuk mendapatkan kebutuhannya tetapi sering mengalami kesulitan mendapatkannya.

"Untuk itu saya minta agar tol laut maupun jembatan udara ini betul-betul terintegrasi dengan kawasan industri dan sentra logistik," katanya.

Presiden juga mengingatkan pembangunan tol laut dan jembatan udara harus mampu menggerakkan ekonomi daerah.

"Jangan hanya barang dari luar bisa masuk tetapi juga bisa mengangkut barang yang dihasilkan daerah untuk dikirim ke daerah lain di seluruh pelosok Tanah Air," kata Presiden Jokowi.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Taspen. (Foto: IST)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 15:01 WIB

TASPEN Gandeng TelkomGroup Layani Pensiun

PT TASPEN (PERSERO) bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma) serta Mitra Bayar Pensiun melakukan launching Digitalisasi…

Artport di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan (Foto:Park Hyun-koo/The Korea Herald)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 15:00 WIB

Terminal Dua Bandara Incheon Korsel Dihiasi dengan "Artport"

Salah satu hal yang menarik wisatawan selain destinasi wisata yang ada di daerah tersebut adalah bandaranya yang ada di daerah tersebut. Salah satunya yakni Bandara Internasional Incheon, Korea…

Walikota Bandung Ridwan Kamil (Foto Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:59 WIB

Jelang Jabar 1, Kang Emil Tinggalkan Rumah Dinas

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, meninggalkan rumah dinasnya di Pendopo seiring dengan keikutsertaan dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:37 WIB

1.126 Calon Kepala Daerah Lapor Harta Kekayaan

Beberapa jam sebelum batas akhir pendaftaran Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) hari Minggu (20/1/2018) baru 1.126 bakal calon kepala daerah yang melapor ke KPK.

Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:00 WIB

Sriwijaya Air Tahun Ini, Fasilitasi Wisatawan ke Indonesia Kawasan Timur

Permudah akses ke Kawasan Indonesia Timur, maskapai penerbangan Sriwijaya Air Group memfasilitasi wisatawan terbang ke destinasi wisata di Timur Indonesia pada tahun 2018 ini.