Pembangunan Infrastruktur dan Trasportasi Prioritas 2017

Oleh : Herry Barus | Jumat, 06 Januari 2017 - 04:48 WIB

Ilustrasi kapal angkutan di Pelabuhan Muara Angke. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi kapal angkutan di Pelabuhan Muara Angke. (Dimas Ardian/Bloomberg)

INDUSTRY.co.id - Presiden Joko Widodo menyatakan pembangunan infrastruktur dan transportasi yang menjalin konektivitas antarwilayah tetap menjadi prioritas pemerintah pada 2017.

"Memasuki 2017, saya ingin menegaskan kembali prioritas pembangunan infrastruktur dan transportasi yang menjalin konektivitas antarkota, antarkabupaten, antarprovinsi, antarpulau, antarwilayah khususnya di daerah-daerah yang masih sulit dijangkau," kata Presiden Jokowi dalam rapat terbatas di Kantor Presiden Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (5/1).

Menurut Presiden, tujuan utamanya adalah pemerataan pembangunan serta mempersempit ketimpangan antara kota dengan desa, antardaerah, antarwilayah di seluruh pelosok Tanah Air.

Ia menyebutkan agenda ratas membahas mengenai program pengembangan tol laut, biaya logistik dan jembatan udara.

"Saya ingin menegaskan membangun konektivitas bukan semata-mata membangun infrastruktur transportasi tapi juga dikaitkan dengan sistem logistik dan distribusi multimoda," katanya.

Presiden menyebutkan warga di daerah terpencil, perbatasan, terluar, bukan hanya membayar berlipat untuk mendapatkan kebutuhannya tetapi sering mengalami kesulitan mendapatkannya.

"Untuk itu saya minta agar tol laut maupun jembatan udara ini betul-betul terintegrasi dengan kawasan industri dan sentra logistik," katanya.

Presiden juga mengingatkan pembangunan tol laut dan jembatan udara harus mampu menggerakkan ekonomi daerah.

"Jangan hanya barang dari luar bisa masuk tetapi juga bisa mengangkut barang yang dihasilkan daerah untuk dikirim ke daerah lain di seluruh pelosok Tanah Air," kata Presiden Jokowi.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Charles Honoris.Komisi I DPR (Foto Ist)

Sabtu, 18 November 2017 - 17:17 WIB

DPR Apresiasi Sinergi TNI-Polri Bebaskan Sandera di Papua

Sinergi TNI-Polri membebaskan sandera dari kelompok bersenjata di Papua patut diapresiasi, karena menunjukkan bentuk kerja sama kelas satu yang telah menyelamatkan nyawa ratusan anak bangsa,…

Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar

Sabtu, 18 November 2017 - 17:08 WIB

Kapolda Papua-Pangdam Cendrawasih Nyaris Tertembak

Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar dan Panglima Daerah Militer XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit dilaporkan nyaris tertembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata…

Ngerokok Cuma Bakar Uang (Foto Investor.co.id)

Sabtu, 18 November 2017 - 15:40 WIB

Waspada, Candu Nikotin di Bawah Heroin-Kokain

Psikiater Rumah Sakit Jiwa Soeharto Heerdjan Jakarta dr Adhi Wibowo Nurhidayat SpKJ(K) MPH mengatakan candu nikotin sangat berbahaya dan berada pada peringkat tiga setelah heroin dan kokain.

PT Astra International Tbk (ASII)

Sabtu, 18 November 2017 - 15:32 WIB

Astra International Lakukan Pengobatan Gratis di Makassar

Puncak peringatan HUT Ke-60 PT Astra International Tbk yang dirangkaikan dengan Festival Kesehatan di Makassar, Sulawesi Selatan, diwarnai kegiatan pengobatan gratis di atas kapal "Doctor share".

Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) (Foto Ist)

Sabtu, 18 November 2017 - 15:28 WIB

RSCM Luncurkan Layanan Pemeriksaan Retinopati Keliling

Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) meluncurkan pelayanan pemeriksaan retinopati untuk bayi prematur guna mencegah kebutaan yang akan bergerak secara keliling menyokong fasilitas rumah…