Pembangunan Infrastruktur dan Trasportasi Prioritas 2017

Oleh : Herry Barus | Jumat, 06 Januari 2017 - 04:48 WIB

Ilustrasi kapal angkutan di Pelabuhan Muara Angke. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi kapal angkutan di Pelabuhan Muara Angke. (Dimas Ardian/Bloomberg)

INDUSTRY.co.id - Presiden Joko Widodo menyatakan pembangunan infrastruktur dan transportasi yang menjalin konektivitas antarwilayah tetap menjadi prioritas pemerintah pada 2017.

"Memasuki 2017, saya ingin menegaskan kembali prioritas pembangunan infrastruktur dan transportasi yang menjalin konektivitas antarkota, antarkabupaten, antarprovinsi, antarpulau, antarwilayah khususnya di daerah-daerah yang masih sulit dijangkau," kata Presiden Jokowi dalam rapat terbatas di Kantor Presiden Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (5/1).

Menurut Presiden, tujuan utamanya adalah pemerataan pembangunan serta mempersempit ketimpangan antara kota dengan desa, antardaerah, antarwilayah di seluruh pelosok Tanah Air.

Ia menyebutkan agenda ratas membahas mengenai program pengembangan tol laut, biaya logistik dan jembatan udara.

"Saya ingin menegaskan membangun konektivitas bukan semata-mata membangun infrastruktur transportasi tapi juga dikaitkan dengan sistem logistik dan distribusi multimoda," katanya.

Presiden menyebutkan warga di daerah terpencil, perbatasan, terluar, bukan hanya membayar berlipat untuk mendapatkan kebutuhannya tetapi sering mengalami kesulitan mendapatkannya.

"Untuk itu saya minta agar tol laut maupun jembatan udara ini betul-betul terintegrasi dengan kawasan industri dan sentra logistik," katanya.

Presiden juga mengingatkan pembangunan tol laut dan jembatan udara harus mampu menggerakkan ekonomi daerah.

"Jangan hanya barang dari luar bisa masuk tetapi juga bisa mengangkut barang yang dihasilkan daerah untuk dikirim ke daerah lain di seluruh pelosok Tanah Air," kata Presiden Jokowi.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo

Kamis, 21 September 2017 - 21:00 WIB

Groundbreaking Tol Layang Makassar Dimulai 12 Oktober

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan "groundbreaking" atau peletakan batu pertama pembangunan proyek tol layang Pettarani Makassar sesuai rencana dimulai 12 Oktober…

 Calon Bupati Jaya Pura Nomor 3 Godlief Ohee

Kamis, 21 September 2017 - 20:25 WIB

Pilkada Kabupaten Jayapura, Calon Petahana Mathius Awitauw Didiskualifikasi Bawaslu

Jakarta- Bawaslu RI merekomendasikan pembatalan Mathius Awitauw Sebagai Calon Bupati Jayapura. Hal itu disampaikan Calon Bupati Nomor Urut Nomor 3 Godlief Ohee.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan dan Direktur Utama PT Inti Darman Mappangara berjabat tangan.

Kamis, 21 September 2017 - 20:16 WIB

Telkom dan PT INTI Bersinergi Garap Layanan Internet of Things Devices

Jakarta-PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI) menandatangani nota kesepahaman untuk meningkatkan sinergi kedua BUMN, serta untuk mendukung…

Direktur Wholesale & Internasional Service Telkom Abdus Somad Arief (kedua dari kanan) bersama Staf Khusus Kementerian BUMN bidang Rumah Kreatif BUMN (RKB) Asmawi Syam (tengah).

Kamis, 21 September 2017 - 20:07 WIB

TelkomGroup Latih E-Commerce dan Pemasaran Online UMKM Indonesia Go Global

Jakarta-Dalam rangka mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia menembus pasar global di era digital, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus optimalkan keberadaan…

PT Paramount Land

Kamis, 21 September 2017 - 19:30 WIB

Paramount Land Raih Penghargaan Dot Property Indonesia

Paramount Land meraih 3 penghargaan sekaligus atas komitmennya dalam menciptakan produk-produk properti terbaik dalam ajang Dot Property Indonesia Awards 2017.