Hadapi Era Ekonomi Digital, Kemenperin Siap Cetak SDM Sesuai Dengan Kebutuhan Industri

Oleh : Hariyanto | Selasa, 02 Januari 2018 - 16:20 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto luncurkan program pendidikan vokasi industri se-Jawa Tengah dan DI Yogyakarta di Semarang (dok Kemenperin)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto luncurkan program pendidikan vokasi industri se-Jawa Tengah dan DI Yogyakarta di Semarang (dok Kemenperin)

INDUSTRY co.id -Jakarta - Menghadapi era ekonomi digital yang telah menjadi rujukan bagi pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia, Kementerian Perindustrian akan terus meningkatkan kompetensi guru dan dosen yang mengajar di seluruh unit binaan dan balai diklat industri.

"Untuk itu diperlukan sistem pengajaran yang terpadu, sehingga bisa menciptakan sumber daya manusia (SDM) sesuai kebutuhan dunia industri saat ini," kata Menperin dikutip dari laman pribadinya, Selasa (2/1/2018).

Salah satu upaya yang dilakukan Kemenperin adalah pengembangan kurikulum, dimana dunia pendidikan di Indonesia harus berubah dengan menggunakan metode problem based learning dan evidence based learning. 

Tujuan dari pengembangan kurikulum tersebut adalah agar siswa dapat langsung belajar menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam dunia industri.

"Untuk itu saya berharap agar seluruh unit pendidikan di lingkungan Kemenperin lebih berperan aktif dalam mendukung program pendidikan dan pelatihan vokasi yang sedang dikembangkan oleh pemerintah." ujar menperin.

Dalam jangka panjang, Kemenperin akan terus mendorong industri dalam negeri untuk berinovasi sehingga mampu bersaing di kancah global. Sejalan dengan itu, dalam jangka menengah, Kemenperin sedang menyiapkan SDM industri yang kompeten melalui program pendidikan yang link and match antara Sekolah Menengah Kejuruan dan industri.

"Dengan SDM yang terampil, produktivitas industri dalam negeri akan dapat bersaing di kancah global. Sebab, daya saing suatu negara ditentukan dengan kualitas industrinya. Kemudian, kemajuan industri akan berimbas pada ketersediaan lapangan kerja dan pendapayan masyarakat," kata Menperin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Selasa, 16 April 2024 - 10:12 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan arus…