Komitmen Dukung UMKM, Bank DKI Tambah Sembilan Kantor Layanan di Pasar

Oleh : Herry Barus | Selasa, 02 Januari 2018 - 06:27 WIB

Gubernur Anis Baswedan, Direktur Kepatuhan Bank DKI, Budi Mulyo Utomo melihat denah lokasi usai meresmikan Kantor Kas Bank DKI dan peresmian UPB Pasar Senen Blok III & VI (Foto Rizki Meirino)
Gubernur Anis Baswedan, Direktur Kepatuhan Bank DKI, Budi Mulyo Utomo melihat denah lokasi usai meresmikan Kantor Kas Bank DKI dan peresmian UPB Pasar Senen Blok III & VI (Foto Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Direktur Kepatuhan Bank DKI, Budi Mulyo Utomo (kanan) bersama Pemimpin Bank DKI Cabang Utama Balaikota Dewi Sumampouw (kiri) menyaksikan penandatanganan perjanjian kredit usai meresmikan Kantor Kas Bank DKI di Jakarta, akhir pekan lalu.

Sejumlah pasar dan pusat perbelanjaan di Jakarta dan sekitarnya. Pembukaan kantor layanan tersebut merupakan wujud komitmen Bank DKI untuk fokus mengembangkan bisnis di segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Sembilan Kantor layanan baru yang dibuka tersebut adalah Kantor Kas Unit Pasar Besar Mayestik, Kantor Kas UPB Senen Blok III dan VI, Kantor Kas Pasar Kedoya, dan Kantor Kas Pasar Sunter Podomoro. Selain itu, Kantor Kas Pasar Jembatan Lima, Kantor Kas Pasar Pademangan Timur, Kantor Kas Pasar Kembang Rawa Belong, Kantor Kas Plaza Baru Ciledug, dan Kantor Kas Pasar Baru Bekasi.

Direktur Kepatuhan Bank DKI Budi Mulyo Utomo mengatakan, pemilihan sembilan lokasi kantor layanan Bank DKI ini didasarkan atas potensi ekonomi dari pasar termasuk Pasar Senen Blok III dan VI akan diisi oleh kurang lebih 2.500-3.000 pelaku UMKM yang terdiri dari pedagang tradisional, pedagang sembako, pedagang elektronik, serta garmen. "Jumlah dan segmentasi pedagang ini merupakan potensi bagi Bank DKI untuk dapat menyalurkan modal usaha bagi mereka," kata Budi di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dia menambahkan, dari sembilan kantor layanan tersebut, enam diantaranya merupakan pasar kelolaan PD Pasar Jaya. Hal ini merupakan perwujudan sinergi BUMD dimana Bank DKI sepanjang tahun 2017 banyak membuka kantor layanan di pasar kelolaan PD Pasar Jaya.

Sampai dengan akhir Desember 2017, kantor layanan Bank DKI yang ada di pasar dan sekitarnya sebanyak 72 pasar. Sedangkan lokasi yang ada di pasar kelolaan PD Pasar Jaya berjumlah sebanyak 40 kantor. Direncanakan Bank DKI akan menambah 28 kantor layanan lagi di pasar dan sekitarnya.

Pada Segmen UMKM, Bank DKI mempunyai produk Kredit Monas 25, 75, dan 500 dengan plafon dari Rp 25 juta hingga Rp 500 juta yang dapat dimanfaatkan sebagai akses tambahan modal bagi para pelaku UMKM. Bank DKI juga mempunyai aplikasi layanan keuangan JakOne Mobile sebagai solusi pembayaran praktis bagi pelaku UMKM.

"Bagi pedagang yang menggunakan JakOne Mobile sebagai alat transaksi, konsumen hanya perlu melakukan scanning pada QR Code yang disediakan oleh pedagang melalui aplikasi JakOne Mobile," jelas Budi, seperti dilansir Investor.co.id

Dengan diresmikannya sembilan Kantor layanan tersebut, Per 29 Desember 2017, total kantor layanan Bank DKI menjadi 252 kantor dengan rincian 31 kantor cabang, 71 kantor cabang pembantu, 136 kantor kas, lima payment point, dan sembilan kantor fungsional. Sebelumnya, pada 27 Desember 2017 Bank DKI juga melakukan pembukaan Kantor Kas Universitas Pamulang 2 (Viktor) di Tangerang Selatan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…