PSSI Pertegas Piala Presiden Hanya Untuk Liga 1

Oleh : Herry Barus | Senin, 01 Januari 2018 - 17:21 WIB

 Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi (Foto:trentekno)
Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi (Foto:trentekno)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi menegaskan bahwa turnamen pra-musim Piala Presiden 2018 hanya untuk 18 tim Go-Jek Traveloka Liga 1.

Namun, karena sifatnya tidak wajib, ketika dalam prosesnya ada klub Liga 1 yang memutuskan tidak menjadi peserta, PSSI tidak akan mencari tim tambahan dari luar Liga 1.

"Kalau nanti yang ikut empat tim ya artinya langsung empat besar," ujar Edy di Markas Kostrad, Jakarta.

Terkait turnamen tersebut, Edy mengungkapkan bahwa Piala Presiden 2018 akan digelar pada Januari 2018 dan dijadikan ajang sebagai pemanasan menuju Liga 1 yang rencananya bergulir pertengahan Februari 2018.

Untuk menjalankan kompetisi yang sebelumnya sudah dilangsungkan pada tahun 2015 dan 2017 itu, PSSI kembali menunjuk politisi PDI Perjuangan Maruarar Sirait sebagai ketua panitia pengarah (steering committee/SC).

Maruarar sudah ketua panitia pengarah Piala Presiden sejak dua edisi sebelumnya. Sebagai ketua SC, anggota DPR RI ini akan menunjuk lima sampai enam orang untuk bergabung di timnya.

Tugas terpentingnya sebagai SC adalah memutuskan siapa yang menjadi operator pelaksanaan Piala Presiden 2018. Sebagai informasi, Piala Presiden 2017 langsung berada di bawah PSSI, sementara dua tahun sebelumnya dioperatori oleh swasta.

"Kami akan berusaha agar turnamen ini meningkat kualitasnya. Selain itu, kami juga ingin ada peningkatan hadiah tetapi semuanya nanti diputuskan setelah PSSI menemui Presiden Joko Widodo," tutur Maruarar kepada awak media.

Piala Presiden pertama kali dilaksanakan pada tahun 2015, tepatnya tanggal 30 Agustus-18 Oktober 2015. Sebanyak 16 klub terlibat di dalamnya, terdiri dari 13 klub dari QNB League (liga tertinggi ketika itu) dan tiga klub dari Divisi Utama dengan operator oleh operator Mahaka Sports and Entertainment.

Pada edisi pertama ini, Persib Bandung menjadi juara setelah mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 2-0.

Tujuan awal dilaksanakannya kompetisi tersebut adalah untuk mengisi kekosongan kejuaraan sepak bola di Indonesia akibat adanya sanksi dari FIFA.

Berbeda dengan tahun 2015, pada pelaksanaan tahun 2017 tepatnya 4 Februari-12 Maret, Piala Presiden dilaksanakan sepenuhnya oleh PSSI dengan dukungan beberapa sponsor. Federasi membentuk kepanitiaan yang akan bekerja sama dengan panitia lokal di tempat pertandingan.

Juara di edisi kedua ini adalah Arema FC setelah mengalahkan Pusamania Borneo FC dengan skor 5-1 di partai final

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:00 WIB

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penuh gelaran Super League Triathlon 2019, ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang yang digelar di Pulau Dewata, Bali, pada 23 – 24 Maret…

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga…

Askrindo Peduli

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:22 WIB

Askrindo Peduli Lingkungan Bersama Kelurahan Kwitang

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT PT Askrindo (Persero) yang ke-48 dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersama di wilayah Kelurahan Kwitang.

kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:32 WIB

Kartu Prakerja, Jurus Jokowi Selamatkan Pengangguran

Ciloto- Program calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengenai kartu prakerja yang akan diluncurkan jika terpilih kembali menjadi Presiden di pemilihan Presiden 17 April 2019, patut didukung…

IKIMURA GROUP (Industry/foto: Herlambang)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:20 WIB

Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019

Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting…