REI Bali: Harga Rumah Bersubsidi Skema FLPP Naik 5 Persen Mulai Januari 2018

Oleh : Hariyanto | Minggu, 31 Desember 2017 - 13:08 WIB

Ilustrasi perumahan (ist)
Ilustrasi perumahan (ist)

INDUSTRY co.id -Denpasar - Real Estat Indonesia Provinsi Bali mengatakan harga rumah bersubsidi skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) naik 5%. Kenaikan yang berlaku per Januari 2018 ini, bergerak dari Rp141,7 juta menjadi Rp148,5 juta. 

"Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah menyetujui kenaikan lima persen setiap tahun," kata Ketua REI Bali, Pande Agus Permana Widura di Denpasar, Sabtu (30/12/2017).

REI Bali menargetkan kenaikan 5% ini berlaku pada 6 Januari 2018 bagi para pembeli baru. Kenaikan ini menyesuaikan dengan harga lahan dan harga bahan bangunan yang juga meningkat.

Pande mengatakan, saat ini REI Bali tengah menyosialisasikan kepada pengembang dan masyarakat, terkait kenaikan harga rumah subsidi skema FLPP itu. Selain itu, REI Bali juga tengah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk harga FLPP tahun 2019 yang diproyeksikan mencapai Rp195 juta.

Pande mengungkapkan harga tersebut termasuk harga ideal untuk rumah subsidi di Bali mengingat harga lahan yang tinggi dan belum semua kabupaten di Bali memiliki harga lahan yang terjangkau.

"Saya khawatir minat pengembang sediakan FLPP karena margin mereka semakin lama semakin tergerus. Kami ingin sediakan rumah murah tapi dari swasta juga butuh marjin," ucapnya.

Selama ini pembangunan FLPP di Bali baru bisa terlaksana di Kabupaten Buleleng, Jembrana dan Karangasem yang harga rumah subsidi Rp141,7 juta dengan target pembangunan mencapai 5.000 unit.

Pande menambahkan, hingga saat ini baru terealisasi kurang dari 3.500 unit dengan realisasi paling banyak di Kabupaten Buleleng. Untuk mendongkrak program rumah subsidi di Bali termasuk menggairahkan sektor properti, REI berencana mengadakan pameran dengan promo menarik tahun 2018 sebanyak tiga kali dalam setahun.

Ketua Panitia REI Bali Expo 2017 Gede Semadi Putra mengatakan rencananya tersebut digulirkan melihat animo masyarakat memiliki rumah masih tinggi.

Hal itu terbukti dengan penjualan rumah ketika pameran mencapai 80 persen dari target 125 unit rumah dengan harga rumah berkisar Rp148 juta untuk rumah subsidi hingga Rp700 juta untuk nonsubsidi. "Paling laris harga sekitar Rp500 juta di daerah Gianyar, Badung Selatan dan Denpasar," ucapnya.

Semadi menuturkan setelah pameran yang digelar 13-17 Desember 2017 di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Simpang Siur Kuta itu ditutup, banyak masyarakat yang mendatangi kantor masing-masing pengembang.

Melonjaknya antusiasme masyarakat pada pameran itu, lanjut dia, karena para pengembang menawarkan promo menarik yakni pembayaran uang muka rumah Rp5 juta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…